Laman

Senin, 07 November 2016

GLENN FREY




Dilahirkan dengan nama Glenn Lewis Frey pada 6 November 1948 di Detroit, Michigan. Tumbuh di Royal Oak, Michigan, dia mempelajari kibord dengan pianis konser John Harrison dan menjadi bagian skena rock Detroit di pertengahan 1960an. Salah satu band pertamanya bernama the Subterraneans, namanya diambil dari novel milik Jack Kerouac, dan berisi teman-teman sekolah Dondero High Scholl Class of 66, Doug Edwards (kemudian digantikan oleh Lenny Mintz) pada drum, Doug Gunsch dan Bill Barnes pada gitar dan Jeff Hodge pada bass.


Setelah lulus dari SMA di tahun 1966, Frey bermain sebentar dengan band lokal The Four ofUs, mencontoh The Byrds. Di tahun 1967 dia membentuk the Mushrooms dengan Jeff Burrows, Bill Barnes, Doug Gunch dan Larry Mintz. Grup ini mampu mengajak Bob Seger untuk menulis single pertama mereka dan muncul di tv untuk mempromosikannya. Di akhir tahun 1967, Frey tampil dengan band lain bernama Heavy Metal Kids dengan Jeff Burrows, Jeff Alborell, Paul Kelcourse dan Lance Dickerson.


Pengalaman rekaman professional pertamanya terjadi di usia 19 tahun, saat memainkan gitar akustik dan vokal latar di single milik Bob Seger, “Ramblin’ Gamblin’ Man” di tahun 1968. Frey dan Seger tetap berteman baik dan sesekali menulis lagu bersama di tahun-tahun berikutnya.


Frey kemudian pindah ke Los Angeles untuk mengikuti pacarnya, Joan Sliwin, yang merupakan seorang penyanyi. Dia dikenalkan pada J.D. Souther oleh kakak Sliwin, Alexandra Sliwin dari Honey Ltd., temannya saat di Detroit dan pacar Souther saat itu. Frey melakukan debut sebagai penulis lagu rekaman saat menjadi vokalis Longbranch Pennywhistle, sebuah duo dengan Souther, di tahun 1969. Frey juga bertemu dengan Jackson Browne pada saat periode ini. Ketiga musisi ini tinggal di bangunan apartemen yang sama.


Frey bertemu drummer Don Henley di tahun 1970. Saat Linda Ronstadt memerlukan band pengiring untuk serbuah gig, dia mempekerjakan Glenn Frey, Don Henley, Randy Meisner dan Bernie Leadon atas nasehat pacarnya J.D. Souther. Setelah tur selesai, Frey, Henley, Meisner dan Leadon membentuk the Eagles, dengan Frey bermain gitar dan kibord dan Hneley bermain drum. Band ini menjadi salah satu band terlaris dunia sepanjang masa. Frey menulis atau ikut menulis bersama (sering dengan Henley) sebagian besar lagu band, dan menyanyikan vokal utama pada sejumlah hits milik Eagles antara lain: Take It Easy, Peaceful Easy Listening, Already Gone, Tequila Sunrise, Lyin’ Eyes, New Kid in Town, Heartache Tonight, dan How Long.


The Eagles bubar di tahun 1980 dan reuni di tahun 1994, saat mereka merilis sebuah album berjudul Hell Freezes Over. Album ini berisi lagu-lagu live dan 4 buah lagu baru. Tur Hell Freezes Over mengikutinya.

Album Eagles, Long Road out of Eden dirilis di tahun 2007, dan Glenn Frey berpartisipasi di The Long Road out of Eden Tour milik Eagles di tahun 2008 – 2011.

Saat Eagles bubar, Frey juga mendapatkan kesuksesan sebagai artis solo di 1980an, terutama dengan lagu-lagu hits “The Heat Is On” (soundtrack film Beverly Hills Cop) dan “You Belong to the City” (dari seri tv Miami Vice, yang bertahan selama 15 minggu di chart AS). Soundtrack lainnya adalah Smuggler’s Blues,Ghostbusters II, dan Thelma & Louise.

Di akhir 1990an, Frey mendirikan perusahaan rekaman bernama Mission Records dengan jaksa Peter Lopez. Frey tidak pernah merilis karyanya di label ini dan perusahaan ini telah dibubarkan.

Pada 8 Mei 2012, dia merilis album solo pertamanya dalam 20 tahun, After Hours, berisi lagu cover pop standar dari tahun 1940an-1960an.

Glenn Frey meninggal dunia Senin waktu setempat, 18 Januari 2016, dalam usia 67 tahun. Frey meninggal dunia di New York City akibat komplikasi radang sendi, radang usus besar yang akut dan radang paru-paru, tulis band itu dalam lamannya seperti dikutip Reuters.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...