Laman

Rabu, 23 November 2016

TINA WEYMOUTH




Dilahirkan di Coronado, California, AS dengan nama Martina Michele Weymouth. Dia dikenal sebagai salah satu pendiri dan bassis dari grup new wave Talking Heads dan proyek sampingannya Tom Tom Club, yang dia dirikan bersama dengan suaminya dan drumer Talking Heads, Chris Frantz.

Weymouth memiliki keturunan Perancis dari pihak ibunya (dia adalah cicit dari Anatole Le Braz, seorang penulis Breton). Dia adalah seorang pemandu sorak saat di SMA. Sebagai seorang pemain bass, dia mengkombinasikan alur bass art-punk minimaslis seperti Wire dan Pere Ubu dengan riff yang menari dan funk untuk membuat suara ciri khas Talking Heads. Suara bassnya sering membuat sinkopasi dalam rasa (seperti reggae/funk), mengkombinasikan notasi fundamental dengan nada yang lebih tinggi dalam ritme staccato. Dia bergabung dengan Talking Heads sebagai pemain bass atas permintaan pacarnya pada saat itu, Chris Frantz.


Anggota penuh dari Compass Point All Stars, Weymouth dan Frantz membentuk Tom Tom Club pada 1980, yang membuat mereka tetap sibuk selama istirahat lama dari aktifitas Talking Heads. Saat hal menjadi jelas bahwa ujung tombak Talking Heads David Byrne tidak tertarik dengan pembuatan album Talking Heads lainnya, Weymouth, Frantz, dan Jerry Harrison melakukan reuni tanpa Byrne untuk sebuah album berjudul No Talking, Just Head dibawah nama “The Heads” pada 1996, menampilkan beragam vokalis. Weymouth mengkritik Byrne, menggambarkannya sebagai “seorang pria yang tidak mampu mengembalikan pertemanan.”

Dia juga ikut memproduseri album 1992 milik Happy Mondays, Yes Please! Dan berkontribusi vokal latar dan perkusi untuk band alternative rock virtual Gorillaz; vokal latar untuk karakter Noodle.


Weymouth adalah hakim untuk acara tahunan Independent Music Awards kedua untuk mendukung karir artis independen. Dia berkolaborasi dengan Chicks on Speed pada cover mereka dari “Wordy Rappinghood” milik Tom Tom Club untuk album mereka 99 Cents pada 2003 bersama dengan musisi wanita lainnya seperti Miss Kittin, Kevin Blechdom, Le Tigre, dan Nicola Kuperus dari Adult. “Wordy Rappinghood” menjadi hit dance tinggi di Eropa, mencapai nomor lima di Belgian Dance Chart, dan di nomor 66 di UK Singles Chart.

Weymouth adalah putri dari US Navy Vice Admiral yang sudah pensiun Ralph Weymouth dan istrinya Laura Bouchage. Dia memiliki tujuh saudara, termasuk Lani dan Laura Weymouth, yang merupakan kolaborator di Tom Tom Club.

Tina Weymouth dan Chris Frantz sudah menikah sejak 1977. Mereka tinggal di Fairfield, Connecticut, dan memiliki dua orang putra, Robin dan Egan. Kakak lelakinya, Yann Weymouth, menikah dengan Lally Weymouth, putri dari Katharine Graham, yang selama berdekade adalah penerbit dari The Washington Post. Keponakannya, Katharine Weymouth, juga bertindak sebagai penerbit dari The Washington Post.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...