Laman

Selasa, 29 November 2016

MATT CAMERON




Dilahirkan dengan nama lengkap Matthew David Cameron pada 28 November 1962 di San Diego, California adalah seorang musisi berkebangsaan Amerika yang bertindak sebafai drummer untuk band rock asal Amerika Pearl Jam dan Soundgarde.

Matt Cameron telah menjadi bagian ‘Seattle Sound’ hingga dia beristirahat untuk sementara di pertengahan 1990an. Permainannya yang berkarakter dan berkembang menjadi perhatin banyak orang, antara lain band-band yang membantu menulis sejarah Cameron yang menarik. Setelah bermain di konser amal mengenang Buddy Rich, Cameron tidak hanya drummer rock yang bertenaga, serta berbakat, tapi juga seorang pemain yang berkompeten di permainan drum jazz. Permainannya sangat diterima oleh Buddy Rich big band, juga sebagian pengunjung di konser itu. Cameron melanjutkan bermain dan memuaskan para penggemarnya, di saat bersamaan juga makin menambah penggemar.

Karir musik Cameron dimulai dengan bagian vokal dari lagu “Puberty Love,” yang menjadi salah satu soundtrack untuk Atack of the Killer Tomatoes. Kemudian dia pindah ke Seattle di awal 1980an. Dia bermain sementara di sebuah band bernama Feedback, kemudian di tahun 1985, dia bergabung dengan Skin Yard. Daniel House (calon pemilik C/Z Records) dan Jack Endino, adalah anggota aslinya, kemudian masuklah Cameron. Kemudian di tahun itu, penyanyi Ben McMillan bergabung  dan lineup asli terbentuk. Band manggung pertama kali di bulan Juni 1985, dimana mereka menjadi aksi pembuka di sebuah pertunjuukan U-Men. Band berlanjut dengan merekam album pertama mereka di sisa tahun 1985 dan 1986. Albumnya dirilis di bulan Januari 1987, tapi Cameron meninggalkan band sebelum perilisan rekaman itu.


Juga di sekitar waktu itu, Soundgarden (diberi nama dari sebuah patung di sebuah taman Seattle) sedang memerlukan seorang drummer baru saat drummer asli mereka, Scott Sundquist, pergi untuk menjalani kehidupan kelaurga yang normal. Menyusul pencarian oleh anggota yang tersisa (Chris Cornell, Hiro Yamamoto, Kim Thayil), mereka memasukkan Cameron ke dalam band di bulan Juni 1986.


Setelah bergabung dengan Soundgarden, band mulai melakukan rekaman rekaman pertama mereka, Screaming Life, yang dirilis sebagai EP di Subpop Records di tahun 1987. Album kedua mereka, Fopp, dirilis di tahun 1988, juga di Subpop records. Langkah band berikutnya adalah merekam sebuah album utuh. Di tahun 1988, band merilis Ultramega OK di SST, yang dinominasikan untuk Grammy Award.


Di awal tahun 1997, band melakukan tur di Selandia Baru dan Australia sebelum mengumumkan pembubaran pada 7 April 1997. Para anggota memutuskan untuk berjalan sendiri-sendiri dan fokus pada proyek lain mereka.

Untuk Cameron, karir musiknya belum berakhir. Dia segera mendapatkan panggilan dari band-band seperti The Indigo Girls hingga The Smashing Pumpkins. Tapi, Cameron memutuskan untuk tenang sesaat dan berdiam diri. Kemudian, di musim panas 1998, Eddie Vedder (penyanyi Pearl Jam) memintanya jika dia tertarik untuk melakukan tur dengan band. Drumer asli Jack Irons, harus keluar karena masalah kesehatan yang serius. Cameron belum memiliki rencana, maka dia bergabung dengan Pearl jam di tur AS mereka dan muncul pertama kali dengan band di The Late Show with David Letterman, dan memainkan “Wishlist.”


Band melakukan tur secara ekstensif  dan merilis sebuah album live, Live On Two Legs, di akhir tahun 1998. Tak lama setelah perilisan album itu, Cameron bekerja dengan John McBain, bersama dengan bantuan musisi tamu lainnya untuk mengerjakan album Wellwater Conspiracy yang baru, Broterhood of Electric: Operation Directive(s), yang dirilis di Time Bomb Records di awal tahun 1999. Album ini menampilkan Cameron bermain drum, gitar, bass, kibord dan menyanyi. Single libur tahunan Pearl Jam diedarkan ulang ke publik untuk mendukung pengungsi Kosovo di pertengahan musim semi 1999 dan album itu menampilkan permain drum Cameron pada dua lagu.

Di tahun 2010, Soundgarden melakukan reuni untuk tur baru dan merilis album baru, King Animal pada 13 November 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...