Laman

Selasa, 26 Juli 2016

THURSTON MOORE




Lahir pada 25 Juli 1958 di Coral Gables, Florida, AS dengan nama lengkap Thurston Joseph Moore, adalah musisi Amerika yang dikenal sebagai seorang penyanyi, penulis lagu dan gitaris dari Sonic Youth. Dia juga berpartisipasi di banyak kolaborasi solo dan grup diluar Sonic Youth, juga menjalankan label rekaman the Ecstatic Peace!. Moore berada di peringkat 34 pada majalah Rolling Stones edisi 2004 dalam daftar "100 greatest Guitarists of All Time". Pada Mei 2012, Majalah Spin mempublikasikan top 100 musisi yang menempatkan Moore dan rekan satu bandnya di Sonic Youth, Lee Ronaldo pada nomor 1.

Dia lahir di Doctors Hospital di Coral Gables, Florida, dari pasangan Geoerge E. Moore dan Eleanor Nann Moore, dan pindah dengan keluarganya (termasuk kakak laki-laki Frederick Eugene Moore-lahir 1953-dan kakak perempuan Susan Dorothy Moore-lahir 1956) pada 1967 ke Bethel, Connecticut. Dia belajar di St. Joseph's School di Danbury Ct diikuti oleh St. Mary's School di Bethel CT dan belajar dari 1973-1976 di Bethel High School. Dia mendaftar di Western Connecticut State University pada musim gugur 1976 tapi pergi setelah 16 bulan dan pindah ke East 13th Street antara Aves A dan B di New York City untuk bergabung dengan meningkatnya skena musik post-punk dan new wave. Disanalah dia bisa menyaksikan pertunjukan oleh nama=nama seperti Patti Smith dan penampilan pidato oleh William S. Burroughs. Pada 1980 dia pindah dengan Kim ke apartemen di 84 Eldridge St. dibawah artis Dan Graham, akhirnya berteman dengannya, terkadang menggunakan rekaman dari koleksi Graham untuk pencampuran lagu.

Saat di kota itu, Moore adalah anggota singkat dari band punk hardcore Even Worse, menampilkan editor masa depan The Big Takeover (dan drumer masa depan Springhouse) Jack rabid. Setelah keluar dari band itu, Moore dan Lee Ranaldo belajar teknik gitar eksperimental di "guitar orchestra" Glenn Branca. Moore mengatakan tentang pengaruh musikalnya, antara lain, band-band Inggris seperti: Wire, the Pop Group, the Raincoats, the Slits, dan Public Image Ltd. ("Saya selalu memiliki fantasi pada 1970an tentang meninggalkan New York dan datang ke London untuk bergaul dengan Public Image").


Moore bertemu dengan Kim Gordon pada 1980 di gig terakhir dari The Coachmen, band dimana Moore menjadi anggota dengan J.D. King, Daniel Walworth (digantikan oleh Dave Keay), dan Bob Pullin. Moore, dengan Gordon, Anne Demarinis dan Dave Keay membentuk sebuah band, muncul dibawah nama-nama seperti Male Bonding dan Red Milk dan the Arcadians, mantap dengan pilihan dari Moore dengan Sonic Youth sebelum Juni 1981. Band bermain di Noise Fest pada Juni 1981 di galeri White Columns New York, dimana Lee Ronaldo bermain sebagai seorang anggota dari ensemble gitar listrik milik Glenn Branca juga dalam sebuah duo dengan David Linton sebagai Avoidance Behavior. Moore mengundang Ranaldo, yang dia kenal saat The Coachmen berbagi panggung di CBGB dengan band 1970an milik Ranaldo The Flux, untuk bergabung dengan band. Ketiganya memainkan tiga lagu di festival dalam minggu itu tanpa seorang drumer. Tiap anggota band bergantian memainkan drum, hingga mereka menemukan drumer Richard Edson. Band teken kontrak dengan Neutral Records, kemudian ke Homestead Records, dan kemudian ke SST Records.

Moore dan Ranaldo menggunakan secara ekstensif dari tuning gitar yang tidak biasa, sering memodifikasi alat musik mereka untuk menghasilkan timbre dan drone. Mereka dikenal dengan membawa 50 gitar ke setiap pertunjukan, menggunakan beberapa gitar hanya untuk satu lagu. Pada 2004, majalah Rolling Stones memberi peringkat Moore dan Ranaldo di No. 33 dan 34 Greatest Guitarists of All Time.

Pada 2011, Moore dan istrinya, bassis Sonic Youth Kim Gordon, mengumumkan mereka sudah berpisah; tidak lama kemudian, Ranaldo mengumumkan hiatus tanpa batas dari Sonic Youth. Walauoun pernikahannya berakhir Moore tidak pernah mengklaim bahwa Sonic Youth berakhir.

Selain berkarya dengan Sonic Youth, Moore juga merilis sebagai artis solo. Dia dan Gordon merilis beberapa lagu sebagai Mirror/Dash. Moore mendirikan Protest Records sebagai gerakan online dari aktivisme tapi proyek itu sudah ditutup. Moore memiliki kolaborasi dengan sejumlah musisi, termasuk Maryanne Amacher, Lydia Lunch, DJ Spooky, William Hooker, Daniel Carter, Christian Marclay, Mike Watt, Loren Mazzacane Connors, William Winant, The Thing, nels Cline, Cock E.S.P., John Moloney, Glenn Branca, Yamantaka Eye, My Cat is an Aline, John Russell, Steve Noble, John Edwards, Haino Keiji, John Zorn, Yoko Ono, Takehisa Kosugi, dan lain-lain.

Pada awal 1990an, Moore membentuk band sampingan Dim Stars, dengan Richard Hell, Don Fleming, Steve Shelley dengan pemunculan tamu oleh Robert Quine. Moore menampilkan solo di panggung pada tur Lollapalooza 1993. Selain itu, Moore juga berkontribusi gitar dan vokal latar pada "Crush with Eyeliner", yang muncul di Monster milik R.E.M.. Dia memainkan Fred Cracklin di episode Space Ghost to Coast yang didedikasikan untuk Sonny Sharrock. Sejak 2004, dia merekam dan tampil dengan To Live and Shave in L.A., lineup menampilkan juga Andrew W.K. Dia merekam dengan band di bekas studio Sonic Youth di Manhattan, dan kemudian tampil dengan mereka di konser "anti-inagural" George W. Bush Noise Againts Fascism di Washington, D.C., dimana Moore menciptakan, memberi nama dengan referensi lagu 1992 Sonic Youth "Youth Against Fascism". Moore membuat akhir pekan "Nightmare Before Christmas" di festival musik All Tomorrow's Parties pada Desember 2006.

Pada 21 Juni 2007, Moore mengungkapkan pada Spin Magazine bahwa dia akan merilis sebuah album solo berjudul Trees Outside The Academy. Album ini direkam di studio milik J Mascis di Amherst, Massachusetts. Album ini menampilkan drumer Sonic Youth Steve Shelley dan violinis Samara Lubelski. Album ini juga menampilkan kolaborasi antara Mascis dan Christina Carter dari Charalambides, yang menampilkan duet dengan Moore pada lagu, "Honest James." Album ini dirilis pada 18 September 2007, di label milik Moore Ecstatic Peace.

Pada 24 September 2008, Pitchfork Media melaporkan bahwa Thurston mengerjakan sebuah lagu dengan mantan vokalis Be Your Own Pet Jemina Pearl, sebuah lagu cover Ramones "Sheena is a Punk Rocker." Lagu ini direkam untuk drama remaja Gossip Girl dan tampil di epiosde "There Might Be Blood".

Sejak 2008 Moore dan Kim Gordon mengisi narasi untuk berbagai dokumenter di National Geographic Channel. Karyanya termasuk Inside: Straight Edge dan seri Hard Time tentang kehidupan dalam penjara.

Pada 2012 Moore dan Kim Gordon mengumumkan bahwa mereka mengerjakan sebuah album kolaborasi dengan Yoko Ono berjudul Yokokimthurston. Album ini dirilis pada 25 September melalui Chimera Records.


Moore mengumumkan pada 2012 bahwa dia memulai sebuah band baru bernama Chelsea Light Moving. Lagu pertama mereka, "Burroughs", dirilis sebagai unduhan gratis. Album debut mereka dirilis pada 5 Maret 2013. Perilisan bertetapan dengan the 2013 SXSW Festival dimana mereka muncul beberapa kali termasuk sebuah pertunjukan gratis di toko sepeda Mellow Johnny.

Pada Juli 2012 vokalis/gitaris Nachtmystium Blake Judd mengumumkan bahwa Moore bergabung dengan supergrup black metal Twilight.

Pada 24 November 2013, dia memainkan gitar untuk "This Town Ain't Big Enough for Both of Us" bersama dengan Ron dan Russell Mael dalam sebuah kosner Sparks di Union Chapel, Islington, London.

Pada September 2014, Moore merilis The Best Day, sebuah album solo menampilkan Steve Shelley dan Debbie Googe dari My Bloody Valentine sebagai seksi ritem, dan James Sedwards pada gitar.

Pada 1994, Moore bersatu dengan Greg Dulli dari The Afghan Whigs, Don Fleming dari Gumball, Mike Mills dari R.E.M., dan Dave Grohl dari Nirvana/Foo Fighters, untuk membentuk Backbeat Band, yang merekam album soundtrack untuk film Backbeat. Pada 1998 Moore bermain di soundtrack film Velvet Goldmine sebagai anggota dari Wyde Ratttz. Moore membuat musik asli untuk film-film seperti Heavy (1995), Bully (2001), dan Manic (2001). Pada 2007, Moore juga muncul dengan grup noise/improv "Original Silence" menampilkan drumer Norwegia Paal Nilssen-Love (The Thing, Atomic, Scorch Trio), gitaris Terrie Ex (The Ex), Jim O'Rourke (Sonic Youth, Wilco, Illusion of Safety), saksofonis Mats Gustafsson dan bassis Massimo Pupillo (Zu). Grup ini merilis album live "The First Original Silence" pada 2007, di label Oslo (Norwegia) SmallTown Superjazz, dan sebuah album kedua "The Secod Original Silence" pada 2008.

Moore dan anggota Sonic Youth lainnya menerbitkan irreverent music zine Sonic Death. Moore menjalankan label rekaman Estatic Peace!. Dimulai pada 1993, label ini secara bersama merilis rekaman-rekaman dengan label Byron Coley, Father Yod, sebagai Ecstatic Yod Records.

Moore mengulas musik baru di Arthur Magazine dalam sebuah kolom berjudul "Bull Tongue" ditulis bersam,a dengan Byron Coley. Sejak penutupan Arthur, Bull Tongue muncul sebagai fanzine yang duiedit oleh Coley menampilkan sebuah penulis musik bawah tanah. Moore menciptakan, dengan Chris Habib, situs Protest Records, sebagai protes terhadap invasi AS di Timur Tengah. Moore adalah editor/pemeriksa buku 2005 Mix Tape: The Art of Cassette Culture. Dia menerbitkan daftar rekaman jazz yang sangat berpengaruh di majalah Grand Royal.

Pada 1984, Moore menikahi bassis/vokalis Sonic Youth Kim Gordon. Pasangan ini memiliki seorang putri, Covo Hayley Gordon Moore (lahir 1 Juli 1994). Pada 14 Oktober 2011, pasangan ini mengumunkan bahwa mereka berpisah, dan kemudian terungkap bahwa alasan di belakang perpisahan mereka karena Moore berselingkuh. Mereka bercerai pada 2014.

Moore saat ini tinggal di London.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...