Laman

Jumat, 29 Juli 2016

SIMON KIRKE




Lahir di Lambeth, London, Inggris, dengan nama lengkap Simon Frederick St. George Kirke pada 28 Juli 1949, adalah seorang dramer rock Inggris yang dikenal sebagai anggota dari Free dan Bad Company. Dia adalah putra dari pasangan Olive May dan Vivian Percy Kirke. Dia menghabiskan awal tahunnya di pinggiran kota Wales. Meninggalkan sekolah pada usia 17 tahun, dia kembali ke London dan mulai mencari pekerjaan sebagai dramer yang sedang berkembang di skena blues. Setelah bekerja serabutan selama 22 bulan dia kembali ke kampung asalnya saat dia berjumpa Paul Kossoff yang bermain di sebuah band bernama Black Cat Bones. Kirke diberi tawaran posisi dram di band dimana dia bermain selama 6 bulan.


Kirke dan Paul Kossoff meninggalkan band dan bersama Paul Rodgers dan Andy Fraser membentuk Free. Dalam 4 tahun Free menjadi pengaruh pada banyak band. Hit terbesar mereka, "All Right Now", menjadi nomor1 di lebih dari 20 teritori dan diakui oleh ASCAP pada tahun 1990 yang menerima siaran di radio lebih dari 1juta kali di AS pada akhir 1989. Pada tahun 2000 sebuah penghargaan diberikan pada Paul Rodgers oleh the British Music Industry saat "All Right Now" menerima penyiaran radio melebihi 2 ribu kali di UK.


Pada April 1972 Free dibentuk kembali oleh Andy Fraser dan Paul Rodgers setelah berdamai, dan Kosoff muncul untuk ikut serta walaupun singkat. Simon memakai obat bius selama tur AS untuk mendukung album terakhir oleh kuartet orisinil Free. Pada malam tur di Jepang Fraser bertengkar dengan Rodgers dan sekali lagi meninggalkan band, yang digantikan oleh Tetsu Yamauschi. Rodgers dan Kirke dipilih sebagai anggota untuk membawa masuk musisi yang membawa John "Rabbit" Bundrick sebagai anggota Free untuk tur dan album Free yang terakhir Heartbreaker. Setelah bubarnya Free pada 1973, Kirke dan Rodgers kembali bergabung untuk membentuk Bad Company. Mereka dilengkapi oleh gitaris Mick Ralphs (Mott the Hoople) dan bassis Boz Burrell (King Crimson).


Setelah Bad Company bubar pada 1982, Kirke secara singkat bergabung dengan band lainnya, Wildlife. Wildlife melakukan tur untuk mendukung the Michael Schenker Band di UK; album mereka diproduseri oleh mantan rekan satu band Bad Company, Ralphs, dan menampilkan Kirke bermain saksofon pada satu trek "Charity". Walaupun telah teken kontrak dengan label milik Led Zeppelin, Swan Song, dan nama besar Kirke, album itu gagal dalam pemasaran. Anggota utama Wildlife, dua bersaudara Chris dan Steve Overland mencapai sukses dengan band FM. Kirke kembali ke Bad Company saat band terbentuk kembali pada 1986. Disamping melakukan tur dengan Ringo Starr's All Star Band pada 3 kesempatan, dia juga seorang penulis lagu handal, merilis Seven Rays of Hope pada 2005. Dia melakukan tur dengan Bad Company pada 2009. Dia pernah bermain dengan band rock asal New York, Zeta Vang, sebagai proyek sampingan.


Seorang gubernur di dewan NARAS (komite Grammy Award), Kirke ada di dewan Road Recovery, yang menolong para remaja memulihkan dari adiksi obat bius. Dia kini berdomisili di Manhattan, punya 4 anak: Domino, Jemima, Lola, Simon Jr. dan (putra tiri) Greg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...