Laman

Rabu, 20 Juli 2016

RUSSELL ALLEN




Lahir pada 19 Juli 1971 di Long Beach, California, AS, adalah seorang penyanyi yang dikenal sebagai vokalis dari band progressive metal Amerika, Symphony X.

Dia juga anggota dari supergrup Star One, Allen-Lande, Level 10, frontman dari band Adrenalin Mob dan satu dari empatbelas vokalis di band progressive symphonic metal Trans-Siberian Orchestra.


Sebelum bekerja dengan sebuah band rock, dia adalah seorang jouster di Medieval Times Dinner Theater. Dia diperkenalkan pada band Sympony X oleh mantan penyanyi Rod Tyler. Allen menjadi penyanyi dari Symphony X sejak 1995, merilis delapam album studio dan satu album live dengan band.

Album solo pertamanya, Atomic Soul, dirilis pada 25 April 2005. Selain menyanyi dia juga memainkan bass saat membawakan lagu-lagu dari Atomic Soul secara live.

Dia disebut dalam berbagai rilisan sebagai “Sir Russell Allen”, dan dia memiliki kredit pada album Star One milik Arjen Lucassen, karena sebuah candaan bahwa Arjen mengetahui “pekerjaan” Allen terdahulu sebagai seorang jouster.


Pada musim panas 2005 dia melakuakn tur dengan Symphony X di Gigantour milik Dave Mustaine bersama band-band seperti Dream Theaer, Megadeth, dan Nevermore. Tahun itu juga, dia juga membuat duo proyek melodic rock dengan penyanyi Jorn Lande (mantan Masterplan) bernama Allen/Lande, yang sudah memiliki empat album, semua dirilis oleh Frontiers Records.


Selain sebagi vokalis Symphony X, dia saat ini juga bekerja di band lain dengan gitaris Mike Orlando bernama Adreanalin Mob. EP, Adrenalin Mob, dirilis pada Agustus 2011. Album penuh pertama Omerta dirilis pada Maret 2012 dan sebuah album kedua berjudul Men of Honor dirilis pada 2014.


Pada November 2013, dia bergabung dengan Trans-Siberian Orchestra untuk tur 2013 Fall/Winter mereka dan tampil dengan grup di Wacken Open Air 2015. Dia tampil di album studio 2015 mereka Letters From the Labyrinth.


Pada 2014, sebuah proyek baru diumumkan, menampilkan Russell Allen dengan bassis Mat Sinner dan anggota lain dari band Jerman Primal Fear, bernama Level 10, dengan sebuah album yang dirilis pada Januari 2015. Jadwal rilis dan judul album diungkapkan pada 
November 2013: berjudul “Chapter One”, dirilis pada 23 Januari 2015 di Eropa dan 27 Januari 2014 di Amerika Utara via Frontiers Music srl.

Pada 2015, Russell Allen merekam vokal untuk sebuah proyek baru dari gitaris Whitesnake dan mantan gitaris Night Ranger Joel Hoekstra bernama Joel Hoekstra’s 13, dengan sebuah album berjudul Dying to Live, dirilis pada 16 Oktober. Russell menyanyikan vokal utama pada separuh lagu dalam album dengan vokal latar dan separuh vokal utama lainnya direkam oleh Jeff Scott Soto.


Multi-instrumentalis, penyanyi dan composer Arjen Lucassen berkata sebagai berikut berkenaan dengan Russell Allen:

Russell memiliki suara yang sangat bertenaga dan unik, dan diatas semua itu dia adalah seorang musisi dan penampil yang hebat. Russell adalah salah satu dari beberapa penyanyi dengan siapa saya tidak perlu hadir selama rekaman, tapi saat di telepon dia membiarkan saya mendengarkan bagian yang dia nyanyikan, mata saya penuh dengan air mata. Russell berpikir saya bercanda, tapi saya benar-benar tergetar! Pada saat ini Russell adalah salah satu penyanyi terbaik di dunia. Dan dia membuktikannya selama tur Star One.

Allen bekerja dengan Lucassen pada beberapa kesempatan: awalnya dia menyanyikan lagu “Dawn of a Million Souls” di album 2000 Ayreon Universal Migrator Part 2: Flight of the Migrator (yang juga menampilkan solo gitar oleh Michael Romeo), dan pada 2002 dia menjadi vokalis utama untuk proyek milik Lucassen Star One.


Allen menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa "Ronnie James Dio adalah vokalis yang paling mempengaruhi dalam teknik olah vokal saya".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...