Laman

Minggu, 10 Juli 2016

SANDY WEST




Lahir pada 10 Juli 1959 di Long Beach, California, dengan nama Sandra Sue Pesavento. Saat berusia 9 tahun, kakeknya membelikan Sandy seperangkat dram, dan menjadi penggemar setia aksi rock and roll pada 1960-an dan 1970-an, dia mulai mempraktekkan musik rock secara reguler. Dia membuktikan mempunyai bakat alami dan segera menjadi dramer yang terampil. Pada usia 13 tahun, dia menjadi satu-satunya cewek di band lokal yang bermain di pesta remaja. Pada usia 15 tahun, dia bersua dengan Joan Jett dan produser Kim Fowley dan membentuk the Runaways. Dengan tambahan dari gitaris Lita Ford dan vokalis Cherie Currie, akhirnya the Runaways melakukan rekaman dengan produser Kim Fowley dan memperoleh sukses komersil.

Setelah empat tahun melakukan rekaman dan tur dunia, the Runaways bubar pada tahun 1975. Sandy tetap meneruskan karirnya sebagai musisi profesional, bermain dengan band lain di California Selatan, merilis sebuah EP solo, The Beat Is Back, dan membentuk the Sandy West Band. Tidak ada satupun dari band ini yang menghasilkan pemasukan yang sigbifikan, maka West terpaksa menghabiskan sebagian besar waktunya setelah The Runaways bekerja diluar musik. West kemudian mengklaim bahwa mantan manajer/produser Runaways Kim Fowley tidak membayar para anggota band secara layak. "Saya berhutang padanya karena mempekenalkan saya pada bisnis musik tapi juga alasan saya bangkrut sekarang," West berkata.


West muncul di Edgeplay: A Film About the Runaways, sebuah dokumenter tentang the Runaways yang diproduseri dan disutradarai oleh mantan bassis band Victory Tischler-Blue, memberikan segmen wawancara yang lebih, menggambarkan hal-hal yang dia perlukan untuk dilakukan setelah Runaways untuk menghasilkan uang. Dia kebanyakan bekerja dalam konstruksi, dan menghabiskan sedikit waktu sebagai bartender dan asisten dokter hewan. Pada bagian lain dalam wawancara Edgeplay, dia mengungkapkan fakta bahwa dia terlibat dalam aktifitas kriminal untuk mendapatkan penghasilan (misal, dia menggambarkan bagaimana dia mematahkan lengan seseorang untuk uang yang mereka pinjam). Mungkin karena aktifitas ini, West menghabiskan waktunya di penjara pada beberapa kesempatan setelah karirnya di the Runaways.

Pada tahun 2005, Sandy West, yang seorang perokok berat, didiagnosa dengan kanker paru-paru yang kemudian menyebar ke otaknya, dan dia meninggal pada 21 Oktober 2006 pada usia 47 tahun.

Sandy West diperankan oleh aktris Stella Maeve di film The Runaways pada 2010. Film ini juga menampilkan Kristen Srewart, Dakota Fanning dan Scout Taylor-Compton, yang masing-masing memerankan Joan Jett, Cherie Currie dan Lita Ford. Selama komentar audio selama ekstra DVD, Joan Jett mendedikasikan film ini untuk West.

Time Magazine menganggap Sandy West sebagai seorang "pioneering rock drummer".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...