Laman

Senin, 11 Juli 2016

RICHIE SAMBORA


Dilahirkan pada 11 Juli 1959 di Perth Amboy, New Jersey, AS, dengan nama lengkap Richard Stephen Sambora, putra dari pasangan Joan (Sienila), seorang sekretaris, dan Adam C. Sambora, seorang karyawan pabrik. Dia keturunan Polandia. Dia tumbuh di Woodbridge Township, New Jersey dan bersekolah di Woodbridge High School, lulus pada 1977.

Alat musik yang dia mainkan adalah akordion pada usia 6 tahun. Dia mulai memainkan gitar pada usia 12 tahun setelah kematian legenda gitar Jimi Hendrix pada 1970. Dari awal permainannya dia sangat terpengaruh oleh blues dan rock and roll 60-an. Dia sangat terpengaruh oleh The Beatles, Eric Clapton, Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughan, Johnny Winter, Jimmy Page, Joe Perry, Joe Kmiecik, George Harrison, dan B.B. King. Dia juga terpengaruh oleh musik klasik Spanyol dan mulai menyukai gitar Spanyol. Lebih jauh, dia juga mengatakan bahwa penyanyi psychedelic soul Janis Joplin Janis Joplin mempunyai pengaruh besar pada gaya musikalnya selama karir Janis pada akhir 60-an dan awal 70-an. Musik klasik secara langsung mempengaruhi beberapa lagunya, seperti The Answer yang aslinya ditulis dengan piano. Dia juga memainkan alat musik lain, seperti drum, bass, saksofon, piano, dll. Dia tampil pertama kali di CYO dance (Catholic Youth Organization) saat remaja.

Richie adalah gitaris band Message, dan dengan band itu dia membuat rekaman independen, yang dirilis ulang pada 1995 dibawah nama Message, dan 2000 dengan judul Lessons. Dia kemudian dengan band, "Mercy", yang teken kontrak dengan label rekaman milik Led Zeppelin Swan Song Records, dan kemudian "Duke Williams & the Extremes," yang teken kontrak dengan Capricorn Records. Dia juga di sebuah band klub improvisasi bernama "Richie Sambora & Friends." Dia merupakan pemilik bersama dari sebuah klub di New Jersey, dan pada usia 19 tahun telah memiliki label independen "Dream Disc Records." Tur profesional pertamanya adalah sebagai aksi pembuka untuk Joe Cocker pada awal 80-an. Tak lama sebelum bergabung dengan Bon Jovi pada 1983, dia ikut audisi untuk Kiss, sebagai pengganti Ace Frehley.


Bon Jovi memasukkan Richie untuk menggantikan gitaris utama orisinil Dave Sabo. Richie pernah melihat penampilan Bon Jovi, dan setelah terkesan, Jon Bon Jovi mendekatinya dan mengatakan bahwa mereka harus bekerja sama. Mereka kemudian menjadi sahabat, dan Richie diundang untuk latihan. Saat Jon tiba, sound band menjadi lebih bagus dari pada sebelumnya dan akhirnya Richie menjadi gitaris Bon Jovi.

Album solo Richie pertama adalah Stranger In This Town pada 1991, sebual album yang terpengaruh blues yang menerima kritik bagus walaupun gagal secara komersil, karena banyak yang mengatakan bahwa corak rekaman tersebut tidak mengena kepada fans Bon Jovi. Eric Clapton memainkan gitar utama pada trek Mr. Bluesman, yang disokong oleh Richie pada gitar akustik.


Undiscovered Soul adalah album solo kedua milik Richie, yang dirilis pada 1998. 14 tahun setelah album solo sebelumnya, Richie mengumumkan via Twitter bahwa rekaman album Aftermath of the Lowdown telah lengkap dan berharap dapat dirilis pada Juli 2012. Foto-foto telah dipublikasikan saat Richie bekerja di studio. Album baru itu diproduseri oleh Luke Ebin, yang juga memproduseri album Bon Jovi, Crush dan Bounce. Album Aftermath of the Lowdown dirilis pada September 2012.

Pada 7 Juni 2007, diumumkan bahwa Richie masuk "fasilitas rehabilitasi rahasia di Los Angeles" untuk ketergantungan alkohol.

Pada 26 Maret 2008, Richie ditangkap karena menyetir sambil mabuk di Laguna Beach, California. Pada saat itu, putrinya yang berusia 10 tahun dan temannya tengah bersamanya di mobil Hummernya.

Pada 28 April 2011, diumumkan bahwa Richie telah memutuskan untuk masuk rehab kembali. Richie absen dari band untuk 13 kali show selama tur Bon Jovi, dan tugas gitar serta vokal Richie dijabat oleh musisi sesi terkenal Phillip "Phil X" Xenidis selama show-show tersebut. Richie kembali bergabung dengan band pada Juni 2011 di Zagreb, Kroasia untuk memulai tur ke Eropa.

Richie saat ini sudah tidak bersama Bon Jovi lagi yang sedang melakukan tur, dan telah keluar pada 2013 karena masalah pribadi, walaupun dia saat ini tengah melakukan tur sebagai artis solo.

"Aku butuh istirahat dan jujur saja, tur terakhir yang kami lakukan adalah tampil selama 18,5 bulan di 52 Negara, bukan kota. Putriku menatapku dan berkata 'aku butuh Ayah'. Sudah waktunya bagi putriku pergi ke sekolah. Rasa bahagia dan kasih sayang melampaui semua jumlah uang yang ada," ungkap Richie Sambora pada ET Online.

Di sisi lain, Richie Sambora sama sekali tidak memiliki perasaan benci pada Bon Jovi. Bahkan, ia justru mengungkapkan kemungkinannya untuk kembali menjadi gitaris Bon Jovi di masa mendatang.

"Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Kalau kami memiliki sesuatu yang bisa diberikan lewat karya, lalu kami bersama dan semuanya setuju untuk melakukan itu, aku ikut. Tentu saja!," pungkasnya.


Sambora menikah dengan aktris Heather Locklear di Paris pada 17 Desember 1994. Putri mereka Ava Elizabeth Sambora lahir pada 4 Oktober 1997. Locklear menggugat cerai pada Februari 2006 karena perbedaan yang tidak bisa disatukan. Perceraian terjadi pada 11 April 2007. Sembilan hari kemudian, pada 20 April, ayah Richie, Adam, meninggal karena kanker paru-paru.


Richie mengumumkan pada awal 2015 bahwa dia sedang mengerjakan sebuah album baru yang berkolaborasi dengan sang pacar, gitaris Orianthi. Pada 2016, mereka tampil sebagai RSO bersama di sebuah tur Australia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...