Laman

Senin, 25 Juli 2016

MANNY CHARLTON




Lahir pada 25 Juli 1941 dengan nama lengkap Manuel Charlton di La Linea, Andalusia, Spanyol, adalah salah seorang anggota pendiri dari band hard rock asal Skotlandia, Nazareth dan merupakan gitaris utama mereka dari 1968 hingga 1990.


Keluarga Manny beremigrasi dari Sanyol ke Dunfermline, Skotlandia pada 1960-an. Sebelum bergabung dengan Nazareth, dia telah bermain di beberapa band, antara lain Mark 5 dan Red Hawks, hingga bergabung dengan band semi-pro asal Dunfermline, The Shadettes. Pada 1968, band itu merubah namanya menjadi Nazareth, terinspirasi oleh lirik pembuka dari "The Weight", sebuah lagu oleh The Band.


Dia memainkan peran yang besar di kesuksesan ke seluruh dunia Nazareth. Gaya permainannya yang nge-blues, dikombinasikan dengan vokal Dan McCafferty, menjadi perhatian pertama kali oleh penikmat musik rock secara luas saat Nazareth melakukan tur pada 1971 sebagai aksi pembuka untuk Deep Purple. Tapi pada 1973, mereka menjadi penampil utama untuk pertunjukan mereka sendiri. Manny juga menjadi produser bagai band selama bertahun-tahun, meneruskan kerja Roger Glover (Deep Purple), setelah band memutuskan mereka akan menempuh arah baru untuk album Hair of the Dog. Hair of the Dog mendapatkan platinum di AS dan terjual sebanyak 2 juta kopi. Ini adalah album band yang sangat terkenal, dan berisi hit terbesar mereka "Love Hurts" yang mencapai No. 8 di AS, dan bertahan beberapa minggu di tangga lagu Norwegia. Manny juga menjadi produser album debut milik Dan McCafferty.

Axl Rose dari Guns N' Roses awalnya menginginkan produser dari Lagu Hair of the Dog dari Nazareth untuk memproduseri apa yang akan menjadi album terobosan band. Manny Carlton akhirnya mendapatkan permintaan dari Geffen Records dan memproduseri beberapa penampilan yang tidak dirilis yang direkam di Sound City (LA) pada 4 Juni 1986. Lagu-lagunya termasuk "Paradise City", dua versi dari "Move to the City", "November Rain", "Shadow of Your Love" (take one dan two), dan "Reckless Life". Namun, setelah pekerjaan awal, tugas Nazareth menekan Charlton untuk kembali ke Eropa, dan Guns N' Roses akhirnya mempekerjakan Mike Clink untuk memproduseri album itu. 

Setelah meinggalkan Nazareth pada 1990. Manny memainkan pertunjukan solo di klub Skotlandia, dan merilis album solo pertamanya Drool pada 1997, via label rekaman the Red Steel dengan Neil Miller pada vokal. Tahun berikutnya, dia pindah ke Texas, dimana dia membentuk Manny Carlton Band (MCB). Band merilis 2 album - Stonkin dan Klone This - sebelum bubar pada 2003.


Pada 1995 Charlton mengirim ke id Software, pencipta dari Doom, sebuah kaset yang berisi sebuah lagu yang belum memiliki judul bahwa John Romero kemudian memberi judul "Blood on the Walls". Romero kemudian menemukan tape ini dan merekamnya ke mp3, membuatnya gratis di situsnya. Lagu ini memiliki judul "Doom" dari album Drool milik Charlton.

Pada 2004 Manny Charlton merilis album solo Say The Word vial label Skotlandia River Records. Ini adalah awal periode produktif sebagai seorang artis solo.

2005 merilis album Sharp, yang merupakan sebuah album cover, termasuk "Hang On to A Dream" milik Tim Hardin, "Shelter from the Storm" milik Bob Dylan. Kemudian tahun itu, Charlton melengkapi tindak lanjut dari Sharp, berjudul Sharp Re-Loaded. 

Pada awal 2006, Manny bergabung dengan band rock asal Swedia, From Behind yang juga berisi mantan frontman Samson, Nicky Moore pada vokal. From Behind merilis album debut mereka berjudul Game Over, dan melakukan tur ke seputaran Eropa sebelum bubar pada akhir 2007.

Charlton kemudian merilis sebuah album solo Americana Deluxe yang berisi lagu-lagu klasik seperti "Tusk" milik Fleetwood Mac.

Pada 2008 terdapat 2 band melakukan tur dengan nama Nazareth saat Manny membentuk versi lain band dengan nama "Nazareth with Manny Carlton", yang melakukan tur dan memainkan lagu-lagu yang membuatnya terkenal dengan Nazareth orisinil. Hal ini membuat kebingungan diantara para penggemar karena ada 2 Nazareth melakukan show di kota berbeda di malam yang sama. 

Pada Maret 2013, Manny merilis Hellacious, yang juga diproduseri oleh Gary Bryant. Rekaman ini dibuat di Kalifornia dan menampilkan sejumlah musisi bintang seperti Tim Bogert (Vanilla Fudge), dramer Walfredo Reyes, Jr. (Santana, Steve Winwood, Lindsay Buckingham, Chicago), Steven Adler (Guns N' Roses, dan Vivian Campbell (Def Leppard) dan Robyn DeLarenzo pada vokal.

Pada 2014, solo album milik Manny "Sharp" dan "Sharp Re-Loaded" dirilis sebagai CD ganda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...