Laman

Jumat, 22 Juli 2016

LEE AARON




Lahir dengan nama Karen Lynn Greening pada 21 Juli 1962 di Belleville, Ontario, Kanada. Dia mulai menyanyi di musikal sekolah pada usia 5 tahun. Dia diketemukan menynayi di sebuah produksi musik saat dia berusia 15 tahun, dan diminta untuk untuk bergabung dengan grup lokal bernama “Lee Aaron” saat masuh di SMA di Brampton, Ontario. Aaron menyanyi, memainkan alto saxophone dan kibord di inkarnasi pertama band ini.

Pada usia 17 tahun, wajah Aaron rusak parah dan hidungnya patah dalam sebuah kecelakaan mobil. Tidak ada operasi yang dilakukan, tapi bertahun-tahun kemudian, dalam sebuah profil dari Aaron, Canadian Musical Magazine secara salah menjelaskan insiden itu dimana Aaron memwelukan rekonstruksi wajah menyeluruh. Majalah itu mencetak sebuah penyanggahan di edisi bulan berikutnya.

Album debut milik Aaron 1982 The Lee Aaron Projecr di Freedom Records (kemudian diedarkan ulang di Attic) menampilkan orang terkenaldi skena musik Toronto, dengan para anggota dari Moxy, Riff Raff, Santers dan Rik Emmet dari Triumph. Album ini tersedia di Inggris sebagai barang impor, menciptakan sebuah dorongan minta yang mengakibatkan pemunculan Aaron tahun itu di Reading Festival.

Pada akhir 1982, Aaron terbang ke New York dan berpose topless untuk majalah pria OUI. Edisi Maret 1983 dari majalah itu menerbitkan Aaron di sampul dan dalam sebuah wawancara. Aaron kemudian menyebut bahwa berpose unhtuk majalah itu merusak kredibilitas musiknya; dia menyesali keputusan itu dan menyalahkan hal itu karena tekanan dari manajernya.


Rekaman 1984 dari album Metal Queen menghasilkan kesepakatan multi-album dengan Attic Records. Selama rekaman dari Metal Queen, gitaris John Albani bergabung dengan band dan dia dan Aaron membentuk sebuah rekanan penulisan lagu yang kuat yang berlangsung 11 tahun.

Antara 1984 dan 1992, Aaron melakukan tur hampir non-stop, termasuk melakukan lebih dari 20 tur Eropa dan pemunculan di Jepang dan AS. Dia merilis enam album di Attic Records di Kanada, juga rilisan internasional di UK, Jerman, Austria, Swiss, Benelux, Italia, Scandinavia, Australia dan Jepang. Dia sudah memenangkan tiga Toronto Music Awards untuk Best Female Vocalist, sepuluh nominasi Juno, dan banyak angket musik peringkay atas di Eropa. Album 1985 milinya Call of the Wild menampilkan lagunya yang terkenal. Balada rock Barely Holdin’ On, dimana menjadi juara pada saat itu oleh DJ Inggris Tommy Vance di Radio 1 Friday Rock Show.


Pada 1992, Aaron meninggalkan Attic Records untuk memulai label miliknya, Hip Chip Music, dan merilis dua album lagi. Pada Emotional Rain 1994 (didistribusikan oleh A & M Canada) Aaron bekerja dengan Don Short dan Don Binns (Sons of Freedpm), Reeves Gabrels (Tin Machine milik David Bowie) dan Knox Chandler (the Psychedelic Furs).

2preciious pada 1995 adalah sebuah rekaman proyek yang ditulis dengan para anggota dari Sons of Freedom. Album itu mendapatkan pengakuan kritis tapi secara komersil tidak sukses, saat dia mencoba mencoret nama “Lee Aaron” secara keseluruhan dan menggunakan nama asalinya, Karen.

Pada 1997, dia mulai mengeksplorasi jazz dan blues.

Pada 2000, dia merilis Slick Chick, kembali di label miliknya miliknya, Barking Dog Music, dengan distribusi oleh Fusion 3. Aaron bermain secara ekstensif untuk rilisan ini, mengadakan pertunjukan di Top of the Senator di Toronto dan berbagai festival jaaa di Canada dan Eropa.

Pada 2002, Aaron didekati untuk ikut audisi dengan the Modern Baroque Opera Company. Dia berperan dan muncul tahun itu di sebuah produksi pemenang penghargaan ALCAN Performing Arts berjudul 101 Songs for the Marquis De Sade.


Album kesebelasnya, Beautiful Things, sebuah gabungan dari pop-jazz, dirilis pada 2004.

Lee Aaron terus memainkan baik pertunjukan rock dan jazz terpilih. Pada 11 Juni 2011, setelah 30 tahun dalam bisnis ini, dia membuat pemunculan pertamanya di Swedia saat dia bermain di Sweden Rock Festival.

Pada 25 Maret 2016, Lee Aaron merilis album rock utuh pertamanya dalam 20 tahun. Didanai sendiri dan dirilis di Big Sister Records miliknya, album itu berjudul Fire And Gasoline.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...