Laman

Jumat, 15 Juli 2016

JOHN DOLMAYAN




Lahir pada 15 Juli 1973 di Beirut, Lebanon, adalah seorang penulis lagu dan dramer Armenia-Amerika kelahiran Lebanon. Dia dikenal sebagai dramer dari System of a Down. John juga dramer untuk band Indicator dan mantan dramer untuk Scars on Broadway. Penampilan panggungnya yang penuh energy dengan System of a Down selama bertahun-tahun, dia mendapatkan pengakuan kritikus. Loudwire mencantumkannya sebagai salah satu dari Top 50 Hard Rock + Metal Drummers of All Time, dengan Dolmayan ada di peringkat #22.


Selama perang sipil Lebanon, tempat tidur yang kosong milik John muda terkena peluru nyasar. Setelah insiden tersebut keluarganya memutuskan untuk berimigrasi, dan setelah tinggal sementara di Toronto, mereka pindah ke Amerika.

John pertama kali tertarik dengan dram pada usia 2 tahun. Ayahnya adalah pemain saksofon dan ibunya sering mengajaknya menonton sang ayah saat bermain, dia menirukan dramer sang ayah. Dia belajar bermain dram dengan cara mendengarkan rekaman dan berlatih, “4-6 jam per hari, tergantung pada harinya. Saya melakukan hal itu selama bertahun-tahun. Saya membangun gaya saya sendiri dari mengambil banyak gaya yang berbeda. Saya biasanya bermain dengan apapun yang saya pegang di tangan saya, dimana termasuk album jazz  dan album rock koleksi ayahnya yang dimilik teman dan saya.”

John adalah penggemar The Who dan menganggap dramer Keith Moon sebagai pengaruh besarnya. Dramer lain yang dia anggap sebagai pengaruh lainnya adalah John Bonham (Led Zeppelin), Stewart Copeland (The Police, dan Neil Peart (Rush). Dia juga terpengaruh oleh musik jazz. Dia dipanggil dengan "The Armenian James Bond" oleh anggota dari band heavy metal Amerika Glasgow Visage.


John bergabung dengan System of a Down pada 1997 setelah dramer orisinil mereka, Ontronik "Andy" Khachaturian, meninggalkan band setelah mengalami cedera tangan. 

Dia telah merekam 5 album dengan System of a Down: System of a Down (1998), Toxicity (2001), Steal This Album! (2002), Mesmerize (2005) dan Hypnotize (2005).

Dia memenangkan gelar Drummer of the year pada 2006 dari DRUM! Magazine dan tampil pada edisi September majalah tersebut.

Setelah System of a Down menjalani hiatus pada 2006 Dolmayan bergabung dengan Daron Malakian (gitaris/vokalis System of a Down) untuk membentuk sebuah band baru bernama Scars on Broadway, yang merekam album debut mereka pada 2007 dan 2008. Album itu dirilis pada musim panas 2008 dan Dolmayan, Malakian, gitaris Franky Perez, bassis Dominic Cifarelli, dan kibordis Danny Shamoun menampilkan konser dan mulai melakukan tur untuk mendukung album itu sebelum Malakina tiba-tiba membatalkan tur pada Oktober 2008.


Pada Agustus 2009, Dolmayan, Franky Perez, Danny Shamoun, dan Dominic Cifarelli sebagi Scars on Broadway pergi ke Irak untuk tur USO menuju basis militer AS. Daftar lagu mereka berisi cover juga sedikit lagu Scars on Broadway.

Scars on Broadway melakukan reuni dengan Malakian pada 2 Mei 2010 dan berencana melakukan pertunjukan lain di Los Angeles pada Agustus 2010.

Malakian merekam drum untuk album self-title 2003 milik Killing Joke, (walaupun grup itu akhirnya memakai trek Dave Grohl) juga album debut milik Scum of the Earth, Blah…Blah…Blah…Love Songs for the New Millennium. Dia juga memainkan drum di tur konser Axis of Justice dengan beragam artis dan album debut solo Serj Tankian, Elect the Dead, dan bergabung dengan Tool di panggung untuk beberapa pertunjukan.

Pada Juni 2009, Dolmayan mulai membentuk sebuah band rock baru bernama Indicator dengan tiga teman dari California Selatan yang sebelumnya si sebuah band punk rock, Tom Capossela, Ryan Huber, dan Ryan Murphy. Band memainkan pertunjukan pertama mereka di The Bitter End pada 22 Juli 2009, dengan sesama rekan Dolmayan di Scar on Broadway Franky Perez bergabung dengan band untuk beberapa lagu. Bana berencana untuk merilis sebuah album berjudul Have We Gone Too Far?.

Dolmayan tampil dengan rekan seband System of a Down Daron Malakian dan bassis Shavo Odadjian dan gitaris Scars on Broadway Franky Perez untuk pertunjukan Halloween milik Odadjian. Dolmayan, Malakian, dan Odadjian tampil bersama lagi pada November selama acara amal untuk bassis Deftones Chi Cheng.

Dolmayan juga mencurahkan sebagian besar waktunya selama beberapa tahun belakangan di industri edaran buku komik, termasuk meluncurkan Torpedo Comics keluar Nevada.

Pada 2009, John diaudisi untuk The Smashing Pumpkins, karena ketidakhadiran dari Jimmy Chamberlain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...