Laman

Rabu, 27 Juli 2016

ANDY WHITE




Lahir dengan nama Andrew White di Glasgow, Skotlandia pada 27 Juli 1930, putra dari seorang pembuat roti. Pada usia 12 tahun, dia mulai bermain drum dalam sebuah pipe band, dan menjadi musisi sesi profesional pada usia 17 tahun. Pada 1950an dan awal 1960an, White bermain drum dengan sejumlah grup dan musisi swing dan jazz tradisional. Pada 1958 dia membentuk sebuah band jazz dan membawanya ke American Northeast dimana dia mendukung para rocker seperti Chuck Berry, the Platters dan Bill Hailey & His Comets. Pada 1960 di Lindon White rekaman dengan Billy Fury di album pertama milik Fury, The Sound of Fury, yang pada umumnya dianggap sebagai album rock and roll pertama Inggris.

Pada awal 1960an White tinggal di Thames Ditton dan menikah dnegan artis Decca Inggris Lyn Cornel, yang kemudian menjadi anggota dari the Vernons Girls, the Pearls, dan juga the Carefrees, yang memiliki single terlarir yang merupakan penghormatan Beatles dengan “We Love You Beatles,” mencapau di No. 39 di AS dan bertahan di Billboard selama lima minggu.

Pada September 1962,White menerima sebuah panggilan dari Ron Richards memintanya untuk menghadiri sebuah sesi rekaman Beatles di EMI Studios Abbey Road di London. Richard adalah asisten dari produser rekaman George Martin pada saat itu dan sudah mempekerjakan White di masa lalu. The Beatles sudah merekam “Love Me Do” dua kali: pada sebuah audisi EMI pada 6 Juni 1962 dengan Pete Best pada drum saat dia masih anggota grup; dan lagi pada 4 September 1962 dengan Ringo Starr pada drum, Starr menggantikan Best di bulan sebelumnya. Martin tidak puas dengan permainan drum Best dan kini tidak bahagia dengan permaianan drume pendatang baru Starr. Pada 11 September 1962 Richards, yang berwenang pada rekaman hari itu, ingin lagu itu direkam lagi, dan the Beatles memainkan “Love Me Do” ketiga kalinya, kalin ini denga White menggantikan Starr pada drum dan Starr beralih memainkan tamborin. “P.S. I Love You” juga direkam selama sesi ini dengan White memainkan “lightweight cha-cha-cha beat” dan Starr memainkan maracas. White berkata dia dibayar 5 pound setiap sesi dan 10/-(50p) untuk membawa perangkat drumnya, dan tidak mendapat royalti dari penjualan rekaman itu.


Versi dari “Love Me Do” dengan Starr memainkan drum digunakan di cetakan Inggris pertama ari single pada 1962. Versi dengan White memainkan drum digunakan di cetakan Amerika dari single pada 1964, semuanya kemudian dirilis dari single, di album debut Inggris The Beatles, Please Please Me, pada 1963, dan sebagian besar album berikut yang menampilkan lagu itu. Versi dengan Starr pada drum juga diedarkan ulang pada beberepa kesempatan; muncul di kompilasi Rarities (1980), yang dirilis di Amerika Utara. Sebuah single 1992 menampilkan baik versi Starr dan White. Sebuah cara mudah untuk membedakan antara kedua versi itu adalah bahwa versi White menampilkan Starr pada tamborin; versi Starr tidak menyertakan tamborin. Versi Pete Best dari lagu ini, awalnya dipikir hilang, dirilis untuk pertama kali di Anthlogy 1 (1995). “P.S. I Love You”, dengan White pada drum, dirilis di sisi B dari single “Love Me Do”, dan di album Please Please Me.

Ini adalah satu-satunya masa White bermain dengan the Beatles, tapi itu cukup untuk membuatnya masuk “dalam buku sejarah”, dan anggapan sebagai salah satu yang disebut “fifth Beatles”. White berkata pada hari itu di studio anggota The Beatles yang bekerja dengannya adalah Paul McCartney dan John Lennon, karena mereka adalah penulis lagu. “Mereka tidak menggunakan musik yang sudah tertulis, dan apa yang harus saya lakukan adalah memainkan rutinitas dengan mereka untuk mendapatkan ide yang mereka inginkan sebelum kami dapat memulai rekaman.”

Kemudian, White bermain pada rekaman hit oleh Herman’s Hermits, pada lagu hit milik Tom Jones “It’s Not Unusual” dan pada “Shout” oleh Lulu. Dia juga berkerja dengan banyak musisi dan grup lainnya, termasuk Rod Stewart, Anthony Newly, Bert Weedon dan BBC Scotish Radio Orchestra di Glasgow. Pada pertengahan 1960an White melakukan tur AS dengan Marlene Dietrich dan tampil di pertunjukan kabaretnya, dibawah arahan musik Burt Bacharach yang saat itu belum terkenal, dan, dari 1965 hingga dia pensiun pada 1975, pianis dan composer Inggris William Blezard.

White bermain drum pada “P.S. I Love You” lagi pada 2008, kali ini pada sebuah versi oleh band rock asal New Jersey, the Smithereens. Pada 2007 band sudah merekam Meet the Smithereens!, sebuah penghormatan untuk the Beatles, membawakan album Meet the Beatles! mereka secara penuh. Setelah pakar The Beatles Tom Frangione memperkenalkan White pada band, mereka meminta White untuk rekaman dengan mereka pada album penghormatan the Beatles selanjutnya di studio rekaman House of Vibes mereka di Highland Park. Permainan drum White pada “P.S. I Love You” dirilis pada akhir 2008 di B-Side the Beatkes, sebuah album cover B-side Beatles dari 1962 hingga 1965. White juga bermain drum the Smithereens pada Mei 2008 di penggalan dana We Get By with a Little Help From Our Friends di Paper Mill Playhouse di Millburn.

Pada akhir 1980an White pindah ke AS dan tinggal di Caldwell, New Jersey, dimana dia mengajar permainan drum pipa Skotlandia. Dia juga seorang hakim untuk Eastern United States Pipe Band Association (EUSPBA), dan instruktur drum untuk New York City Department of Corrections Emerald Pipe Band. Dia menikah dengan Thea Ruth, seorang pustakawan yang mengisi suara dari Mriel di acara Cartoon Network Courage the Cowardly Dog. White memliki sebuah sticker di bumper mobilnya yang terbaca “5THBEATLE”. Dia berkata bahwa “salah satu murid saya memberinya pada saya.”

White meninggal karena penyakit stroke di Caldwell, New Jersey, AS pada 9 November 2015 pada usia 85 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...