Laman

Jumat, 22 Juli 2016

HENRY McCULLOUGH




Lahir dengan nama Henry Campbell Liken McCullough pada 21 Juli 1943 di Portstewart, Irlandia Utara adalah seorang gitaris, vokalis dan penulis lagu Irlandia Utara. Dia dikenal akan karyanya sebagai anggota dari Spooky Tooth, Paul McCartney & Wings, The Grease Band dan Sweeney’s Men. Dia juga tampil dan melakukan rekaman sebagai artis solo dan musisi sesi.

McCullough pertama muncul pada awal 1960an sebagai gitaris utama yang masih remaja dengan band The Skyrockets dari Enniskillen. Pada 1964, dengan tiga anggota lainnya dari The Skyrockets, dia pergi dan membentuk sebuah band baru dengan vokalis kelahiran Afrika Selatan Gene Chetty, yang mereka nama Gene and The Gents.

Pada 1967 McCullough pindah ke Belfast dimana dia bergabung dengan Chris Stewart (bass), Ernie Graham (vokal) dan Dave Lutton (drum) untuk membentuk band psychedelic The People. Kemudian tahun itu band pindah ke London dan dikontrak oleh tim manajamen milik Chas Chandler, yang merubah nama grup menjadi Eire Apparent. Dibawah arahan Chandler setelah perilisan sebuah single mereka melakukan tur dengan grup-grup seperti Pink Floyd, Soft Machine, The Move dan The Jimi Hendrix Experience, juga Eric Burdon and the Animals. Segalanya berjalan lancer hingga di Vancouver, Canada di pertengahan Februari 1968, saat band melakukan tur dengan The Animals, McCullough kembali ke UK, secara resmi karena ‘masalah visa’ dan Mick Cox terbang untuk mengambil tempatnya di band. Kembali ke Irlandia McCullough bergabung dengan apa yang pada dasarnya sebuah grup folk bernama Sweeney’s Men, pada Mei 1968. Dibawah pengaruhnya, mereka mulai mencampurkan folk dan rock, dan dianggap sebagai salah satu pelopor dari Folk rock.


Setelah satu tahun di Irlandia, McCullough kembali ke London untuk bekerja dengan joe Cocker sebagai anggota dari band pendukungnya, the Grease Band. Dengan Cocker dia melakukan tur AS dan tampil di Woodstock Festival. Dia bermain do album The Grease Band setelah meninggalkan Cocker dan selama waktunya dengan band dia juga muncul sebaga gitaris utama di opera rock milik Andrew Lloyd Webber dan Tim Rice Jesus Christ Superstar (1970) dan di album progresif Spooky Tooth The Last Puff (1970).


Pada 1971 Paul McCartney meminta McCullough untuk bergabung dengan band barunya, Wings, bersama Denny Laine dan Denny Seiwell. Solo gitarnya di “My Love” dianggap sebagai salah satu solo terhebat dalam musik rock. Namun, perbedaan musik dengan McCartney, membuat McCullough pergi pada malam dari sesi Band on the Run. Dia bertahan dua tahun dalam band, memainkan gitar utama pada “Hi, Hi, Hi”, “Live and Let Die” juga “My Love”.


Perkataan McCullough “I Don’t Know; I Was really drunk at the time” dapat didengar di album Pink Floyd The Dark Side of the Moon (1973), pada akhir lagu “Money”. Dia mengingat sebuah pertengkaran pada malam sebelumnya dengan istrinya.

Pada 1975 McCullough bergabung dengan The Frankie Miller Band dengan bassis Chris Stewart, pemain kibord Mick Weaver dan drummer Stu Perry. Mereka merekam sebuah album, The Rock dengan Miller. Lagu “Ain’t Got No Money” diambil dari album ini, menginspirasi Bob Seger untuk menulis dan merekam “The Fire Down Below”. Kemudian di tahun yang sama McCullough merilis Mind Your Business di label Dark Horse milik George Harrison.

McCullough memainkan konser sebagai musisi sesi dengan Roy Harper, Frankie Miller, Eric Burdon, Marianne Faithfull, Ronnie Lane dan Donovan. Pada 1977 dia untuk sementara bergabung dengan Dr. Feelgood, menyusul kepergian dari Wilko Johnson.

Pulih dari cedera tangannya saat mengunjungi keluarganya pada 1980, McCullough memutuskan untuk tinggal di Irlandia. Dia mulai berkumpaul dengan teman-teman lamanya The Fleadh Cowboys, di pemukiman minggu siang mereka di The Lower Deck di Dublin. Menyusul hal ini dia kembali ke Portstewart dan membentuk sebuah band. Dia dilengkapi oleh Percy Robinson pada pedal steel guitar, Roe Butcher pada bass dan Liam Bradley pada drum.

Pada 1998, McCullough pergi ke Polandia, dimana dia berlatih dengan sebuah band dari musisi-musisi Polandia untuk sebuah tur. Setelah tur itu, mereka merekam sebuah album ‘live’ yang dirilis dengan judul Blue Sunset. Ini disusul oleh tur Polandia selanjutnya. Saat pulang ke rumah, McCullough merekam dan merilis “Failed Christian”, sebuah lagu yang pernah di-cover oleh Nick Lowe di albumnya Dig My Mood.

McCullough terus melakukan rekaman dan tampil dan merilis materi solo, termasuk Belfast To Boston (2001) dan Unfinished Business (2003). Album terakhir berisi single 1998 miliknya, “Failed Christian”. McCullough tampil di konser di Irlandia Utara dan Skotlandia, bermain dengan band pendukung (menampilkan Stephen Quinn pada drum dan Sean McCarron pada saksofon).

McCullough berkontribusi gitar dan mengatur rilisan 2003 band untuk musisi Alaska,The Rev Neil Down, When A Wrong Turns Right. The Henry McCullough Band – FBI Live dirilis pada 2007 di Mundell music dari sebuah rekaman di The Famous Bein Inn pada 2006.

Pada 2007, Over the Rhine meng-cover “Failed Christian” di album mereka, Live from Nowhere, Vol. II. Di tahun yang sama, McCullough mulai bekerja dengan Dave Sharp dari the Alarm dan bersma mereka mendaftarkan pemain kibord Zoot Money, bassis Gary Fletcher dan drummer Colin Allen, sebuah lineup yang dikenal sebagai The Hard Travelers. Pada Januari 2008 The Hard Travelers menampilkan gig debut mereka di The Cellars di Portsmouth.

Pada 2008 McCullough merekam Poor Man’s Moon di Ambersville Studios, yang hanya dirilis di Irlandia pada 5 September 2008 dan menampilkan komposisi McCullough yang baru. Album ini juga menampilkan sejumlah lagu yang ikut ditulis dengan penulis puisi Eamon Carr dari Horslips dan menampilkan single “Too Late to Worry”. Diantara para musisi yang tampil di album ini adalah pemain kibord James Delaney, bassis Roe Butcher dan Nicky Scott (juga double bass), pemain kibord Enda Walsh, drummer Adie McIlduff dan Percy Robinson pada dobro dan pedal steel guitar. Album ini menampilkan drum sequences oleh Peter McKinney.

Pada akhir 2007 dia megerjaka album “Dark Nite of the Soul” dengan Jeff Greene juga kolaborasi musisi lain yang direkam di Wind-Mill Lane Studios, Dublin Metropolis Studios London dan The Sound Kitchen Nashville. McCullough menghadiri konser McCartney di O2 di Dublin pada 20 Desember 2009 dan McCartney mempublikasikan kontribusi penting McCullough untuk Wings. Pada 13 Maret 2010, McCullough dan bandnya adalah penampil utama du the Fifestock Festival di the Inn di Lathones, Skotlandia.

McCullough tetap aktif di skena musik Eropa dan memainkan pertunjukan rutin dengan para artis termasuk Ed Deane, James Delaney, Noel Bridgeman, juga John Quearney. Pada 2011 Henry berkolaborasi dengan penulis lagu Paul Doherty dan The Vals pada lagu ‘Look to the One’. Lagu ini mendapatkan penyiaran dunia, dengan McCullough berkontribusi vokal latar dan gitar.

McCullough menderita serangan jantung pada November 1972, membuatnya dalam kondisi kritis. Kematiannya secara salah diberitakan di acara RTE Radio milik Ronan Collins pada 7 November dan BBC juga meminta maaf setelah secara prematur melaporkan kematiannya. Dalam sebuah wawancara dengan situs Something Else, Denny Seiwell, yang pernah bermain dengan McCullough di Wings, menyatakan bahwa itu adalah sebuah keraguan McCullough akan pulih secara utuh.

Pada 17 Maret 2015 sebuah konser amal untuk Henry McCullough diadakan di aula musik The Half Moon, Putney, menampilkan Paul Carrack, Debbie McGee, Nick Lowe, The Krankies, Andy Fairweather Low, Suggs dan Bobby Tench yang juga muncul dengan band pendukung, Henry’s Heroes. Lineup dari band ini menampilkan Tim Hinkley, Steve Simpson, Mel Collins, Neil Hubbard, John Halsey dan pemain bass Kuma Harada.

Pada 14 Juni 2016, istrinya Josie mengkonfirmasi bahwa Henry meninggal di rumah mereka di pagi itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...