Laman

Kamis, 21 Juli 2016

DAVE EVANS




Lahir dengan nama David Evans pada 20 Juli 1953, adalah seorang penyanyi Australia kelahiran Wales yang awalnya adalah vokalis band hard rock asal Australia AC/DC pada 1974.

Dave lahir di kota Carmarthen, Wales, dan pindah ke Australia pada usia 5 tahun dengan orang tuanya. Mereka tinggal di kota Queensland dari Towmsville, dan kemudian pindah ke Charters Towers, dimana dia membentuk band pertamanya pada usia 17 tahun. Dia kemudian pindah ke Sydney.


Dave adalah salah seorang dari beberapa anggota AC/DC sebelum band itu mantap dan mulai memainkan musik orisinil mereka, bersama dengan Colin Burgess dan Larry Van Kriedt. Dia menjadi anggota band kurang dari 10 bulan sebelum secara resmi digantikan oleh Bon Scott pada Oktober 1974. Selama bersama AC/DC, Dave merekam sebuah singel, sebuah komposisi milik Young bersaudara ("Can I Sit Next To You, Girl"/"Rocking in the Parlour") yang dirilis di Australia dan Selandia Baru. Sebuah video promosi beranggaran rendah juga dibuat. Lagu itu mencapai di nomor 50 secara nasional di tangga lagu Aria (Kent) dan kemudian menghilang. Lagu itu kemudian direkam ulang secara profesional oleh Bon Scott. Dave menyatakan rasa cemburu sebagai alasan dia diganti, dan juga berkata tidak akan ada AC/DC tanpa dirinya.

Setelah AC/DC, dia bergabung dengan band asal Newcastle, Rabbit, menggantikan penyanyi orisinil Greg Douglas. Rabbit merilis 6 singel dan 2 album antara 1975 dan 1977. Band lainnya adalah Dave Evans & The Hot Cockerels dan Thunder Down Under. 


Dave juga merilis 3 album solo. Yang pertama adalah rekaman live, A Hell of a Night, yang merupakan gig memorial untuk Bon Scott. Album ini direkam pada ulang tahun ke 20 dari kematian Scott, dengan band penghormatan AC/DC asal Melbourne Thunderstruck. Yang kedua, Sinner dirilis pada Februari 2006. Pada April 2010 dia merilis albumnya Judgement Day di UK melalui label independen Rocksector Records.

Pada Juni 2012, Evans tampil sebagai vokalis tamu untuk band Norwegia Barbed Wire pada sebuah tur mini penghormatan AC/DC. Tur itu dimulai dengan sebuah konser di Trondheim Rock. Barbed Wire bermain sebagai band pembuka untuk Twisted Sister. Evans kemudian terbang kembali ke UK untuk tur penampilan utama 12 jadwal, menampilkan lagu-lagu dari Judgement dan versi cover dari lagu-lagu klasik AC/DC yang ditulis oleh band setelah kepergiannya.

Pada Juni/Juli 2013, Evans kembali ke UK untuk 14 jadwal tur penampilan utama, merayakan 40 tahun dari AC/DC. Dia merilis sebuah single “Little Headbanger” dari Judgement Day sebagai video musik promo untuk tur, tapi musiknya sekali lagi gagal masuk ke chart manapun. Dia juga memainkan empat jadwal dengan Long Way to the Top – the AC/DC Spectacular.

Evans kembali ke Eropa pada Mei 2014. Dia tampil di Kiev dalam sebuah pertunjukan berjudul “Ukraine still ROCKS!” dan didukung oleh band penghormatan AC/DC lokal D/C Train. Pertunjukan di Kiev diadakan di Bike-Rock-N-Roll Club Routr 66 pada 24 Mei. Evans menyebutnya sebuah peristiwa bersejarah buatnya dan musik rock secara keseluruhan. Di tahun yang sama Evans bermain di Brasil dengan South American Badasses miliknya di Sao Paulo, Parama dan Santa Catarina.

Pada 22 Januari 2015, Evans tampil di AS untuk pertama kali dalam sebuah konser yang bertepatan dengan acara NAMM tahunan The Rockin’ Rag Magazine, dengan band penghormatan AC/DC San Diego BACK 2 BLACK. Mereka memainkan konser kedua tiga hari kemudian di Yost Theatre di Santa Ana, California. Dari sana, dia meninggalkan AS untuk tur Eropa sebelum kembali ke Australia. Pada Oktober 2015, Evans menampilkan empat pertunjukan di Ohio dan Pennsylvania dengan band penghormatan AC/DC asal Canton, Ohio Thunderstruck.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...