Laman

Jumat, 15 Juli 2016

RAY TORO




Lahir dengan nama Raymond Toro pada 15 Juli 1977 di Kearny, New Jersey, AS, merupakan musisi Amerika yang dikenal sebagai gitaris utama dari band My Chemical Romance hingga bubar pada tahun 2013.


Dia merupakan keturunan Puerto Rico/Portugis. Dia tumbuh di sebuah rumah kecil di perbatasan antara Kearny dan Harrison, New Jersey, dimana dia berbagi dengan ortunya dan dua adik laki-laki.

Pada saat dia masuk Kearny High School, dia menjadi tertarik dalam musik. Kakak Toro memperkenalkannya pada beberapa band yang para gitarisnya mempengaruhinya. Dia mendaftar dalam pelajaran gitar, juga belajar mengetik untuk meningkatkan ketepatan manualnya.


Toro terlibat dengan beberapa band lokal, yang paling sukses adalah The Rodneys, yang dibentuk pada 1994 dan merilis album pertama mereka dan satu-satunya “Soccertown USA” pada 1998. Drummer masa depan My Chemical Romance Matt Pelissier bermain untuk band. Namun, setelah lulus dari SMA pada 1995, Toro memutuskan masuk pada bidang film daripada musik. Dia mendaftar dalam kursus editing di William Paterson University di Wayne, New Jersey, dan tujuan musik satu-satunya adalah bermain drum di band yang berumur singkat Dead Go West.

Dalam sebuah wawancara dengan Rock Sound, Toro mengatakan bahwa “ada dalam sebuah band bukan impian saya. Saya selalu ingin menulis musik. Saya lebih menikmati rekaman dan proses penulisan, saya tidak pernah berpikir dalam sebuah band tur adalah sebuah kemungkinan. Saya menikmati pemandangan dan melakukannya bersama maka itu masuk akal. Saya membuat sebuah film pendek tentang seorang pria yang terobsesi dengan makan telur setiap hari. Dia akhirnya membuka kotak telurnya dan ada sebutir telur yang tersisa, tapi dia tidak bisa memecah untuk membukanya, maka dia menjadi gila”.

Frontman Rodney Shawn Dillon dikredirkan dengan mengenalkan Toro pada Gerard Way pada akhir 1990an. Toro setuju untuk bekerja dengannya dan Pelissier dalam sesi latihan, yang awalnya dilakukan di loteng Pelissier. Setelah adik Gerard, Mikey bergabung dengan trio itu sebagai bassis, My Chemical Romance terbentuk.

Pada 2007, Toro muncul sebagai dirinya di film slasher/horror/komedi Punk Rock Holocaust 2, dengan rekan seband Frank Iero.

Terutama sejak album ketiga My Chemical Romance The Black Parade, Toro dibandingkan dengan gitaris Queen Brian May. Dia sudah lama menyebut May sebagai pengaruh utama pada gaya permainan gitarnya. Seperti yang dikatakan Toro pada sebuah wawancara: “Saya menghargainya (perbandingan). Dia adalah salah satu gitaris favorit saya. Saya sangat menyukai karyanya. Orang itu mampu dalam segalanya. Dia dapat bermain pelan saat dia memerlukannya, kemudian menulis beberapa gitar solo yang bagus. Dia datang dengan harmoni yang hebat, dia seorang penyanyi yang hebat. Bagi saya itu sebuah penghargaan untuk siapapun yang mengatakan bahwa saya bermain seperti dia atau bagian-bagian yang mengingatkan mereka pada Queen”. My Chemical Romance menampilkan sebuah porsi dari konser penampilan utama mereka di Reading dan Leeds Festival dengan May.

Toro adalah kekuatan uatam dibelakang proyek #SINGItForJapan milik My Chemical Romance, yang didedikasikan untuk mendukung yang terkena dampak oleh the 2011 Tohoku earthquake and tsunami di Jepang. Dia mengaransemen banyak alat musik dari lagu asli band “Sing” untuk menciptakan suara yang cocok dengan musik tradisional Jepang. “SINGItForJapan” dirilis pada 13 April 2011 dengan semua keuntungan masuk ke Red Cross.

My Chemical Romance telah merilis 4 album studio, 2 album live, 6 album mini, 19 singel, 4 album video, 15 video musik, 1 demo dan muncul di 11 album lainnya. Band ini sedang mengerjakan album kelima sebelum bubar.

Pada 24 Mei 2013, Ray mengeluarkan sebuah lagu solo, “Isn’t That Something”, kea kun SoundCloud miliknya. Dia juga menyatakan bahwa lagu itu sepenuhnya adalah karya solo: “Saya memainkan semuanya. Menyanyikan semuanya. Merekam semuanya. Mencamour semuanya. Sendiri” via Twitter-nya.

Kemudian pada 2013 Toro bergabung dengan band James Dewees, Reggie and the Full Effect pada tur akhir 2013 dan berkontribusi pada album No Country for Old Musicians.

Pada 2014, Toro bermain gitar untuk album ke 10 milik Voltaire, penyanyi dark cabaret Kuba-Amerika yang berjudul Raised by Bats. 

Pada 1 Januari 2015 dia mengeluarkan sebuah lagu baru, berjudul “For the Lost and Brave”, di situsnya, menyebut Leelah Alcorn, seorang remaja transgender yang melakukan bunuh diri, di bagian blog. Dalam sebuah wawancara dengan Toro, Kerrang! magazine menggambarkan gaya lagu Toro sebagai “aching synth-rock brimming with (My Chemical Romance)’s us-against-the world spirit” dan mengungkapkan bahwa Toro brniat untuk merilis album solo debutnya kemudian pada 2015; Toro juga berkomentar bahwa ini adalah pertama kali dia pernah “menulis lirik atau lagu sendiri”.

Toro menyebut gitaris heavy metal Randy Rhoads dan Brian May sebagai pengaruh terbesarnya. Saat remaja dia adalah penggemar berat dari Randy Rhoads karena “dia adalah salah satu pemain pertama yang bisa saya ingat yang mencampur musik klasik dengan gaya metal dan hard rock, dan dia melakukannya dengan penuh rasa. Hal itu sangat menginspirasi.” Kemudian dia menyimak gitaris klasik Andres Segovia dan Christopher Parkening. Dia mengaku terobsesi dengan cara mereka meletakkan bagian klasik dan mengaransemennya untuk gitar tunggal yang menghasilkan melodi dan alur bass yang berpindah yang bekerja bersama.

Meskipun mendeklarasikan sebagai seorang “music snob” saat menjadi artis baru, dia memuji karya Muse. Dia mengatakan bahwa dia sering mendengarkan musik yang sama saat dia muda dan menikmati proses pencarian harmoni atau nuansa yang dia tidak bisa untuk memilih selama masa mudanya, mendapatkan apresiasi yang berbeda untuk musik.

Ray juga menyebut bahwa kakaknya sebagai pengaruh besar baginya, orang yang membelikannya gitar dan menunjukkan cara memainkannya. Menjadi pintu gerbang Toro mengenal permainan gitar dan mengenalkannya dengan band-band seperti Led Zeppelin, The Beatles, Jimi Hendrix, The Doors, dan juga Motley Crue serta Metallica. 

CD pertama yang dia beli adalah Cowboys From Hell milik Pantera.

Toro menikah dengan Christa pada November 2008, selama libur My Chemical Romance antara The Black Parade dan Danger Days: The True Lives of the Fabulous Killjoys. Mereka memiliki seorang putra, lahir pada September 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...