Laman

Sabtu, 30 Juli 2016

BUDDY GUY




Lahir dengan nama asli George Guy pada 30 Juli 1936, di Lettsworth, Louisiana, AS, adalah gitaris blues dan penyanyi Amerika. Dia seorang eksponen dari blues Chicago dan telah mempengaruhi banyak gitaris antara lain Jimi Hendrix, Eric Clapton, Jimmy Page, Jeff Beck, John Mayer dan Stevie Ray Vaughan. Pada 1960-an, Guy bermain dengan Muddy Waters sebagai gitaris utama di Chess Records dan memulai sebuah rekanan musikal dengan pemain harmonica Junior Wells.

Guy berada di rangking 30 dalam daftar 100 Greatest Guitarists of All Time milik majalah Rolling Stone. Lagunya yang berjudul "Stone Crazy" berada di rangking 78 dalam daftar 100 Greatest Guitar Songs of All Time oleh Rolling Stones. Clapton sering menggambarkannya sebagai "the best guitar player alive".

Otobiografi milik Guy berjudul, When I Left Home: My Story, dipublikasikan pada 2012.

Guy mulai belajar gitar dengan two-string diddley bow buatannya. Kemudian dia diberi sebuah Harmony acoustic guitar, dimana selama beberapa dekade kemudian dalam karir panjang Guy, disumbangkan ke Rock and Roll Hall of Fame.


Guy dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 14 Maret 2005, oleh Eric Clapton dan B.B. King. Clapton mengingat dia melihat Guy tampil di Marquee Club, London pada 1965, membuatnya terpesona dengan teknik, tampilan dan aksi panggungnya yang berkharisma. Dia ingat melihat Guy memetik gitar dengan giginya dan memainkannya di belakang kepalanya-two trick yang kemudian mempengarihi Jimi Hendrix.

Pada awal 1950-an Guy tampil dengan band-band di Baton Rouge. Saat tinggal di Baton Rouge, Guy bekerja sebagai tenaga pemeliharaan di Louisiana State University.

Tak lama setelah pindah ke Chicago pada 25 September 1957, Guy terpengaruh oleh gaya permainan Muddy Waters. Pada 1958, sebuah kompetisi dengan gitaris-gitaris West Side, Magic Sam dan Otis Rush, memberikan Guy sebuah kontrak rekaman. Tak lama dia melakukan rekaman dengan Cobra Records. Dia melakukan sesi rekaman dengan Junior Wells untuk Delmark Records dibawah nama samaran Friendly Chap pada 1965 dan 1966.

Buddy lahir dari pasangan Sam dan Isabel Guy. Dia adalah pertama dari lima anak yang lahir dari pasangan itu.

Adiknya, Phil Guy, juga seorang musisi blues. Anak perempuan Buddy, Reshawnna dengan nama panggung Shawnna, adalah seorang rapper yang mempunyai nama panggung Shawna. Putra Buddy, Greg, juga seorang gitaris blues. 

Dia menikah dengan Joan Gua pada 1959. Mereka memiliki enam anak bersama; Charlotte (1961), Carlise (1963), Cauline (1965), George, Gregory, dan Jeffrey.

Pada 1991 hingga 2002, Buddy menikah dengan Jennifer Guy. Mereka memiliki dua anak bersama; Reshawna dan Michael. Pernikahan itu berakhir dengan perceraian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...