Laman

Selasa, 19 Juli 2016

FREDRIK AKESSON




Lahir dengan nama lengkap Karl Fredrik Henry Akesson pada 18 Juli 1972 di Stockholm, Swedia, adalah gitaris heavy metal Swedia. Dia saat ini menjadi anggota dari Opeth. Dia juga aktif di band Krux, Monsters of Metal dan Talisman.

Fredrik telah bermain gitar sejak berusia 12 tahun. Pengaruh musikal awalnya adalah Michael Schenker, Uli Roth, Yngwie Malmsteen dan George Lynch. Marcel Jacob, pendiri Talisman, melakukan audisi pada 1992 untuk menemukan pemain gitar baru setelah Jason Bieler meninggalkan mereka untuk bermain dengan Saigon Kick, Fredrik yang berusia 19 tahun terpilih untuk posisi itu. Dia bersama Talisman hampir 4 tahun dan setelah menghasilkan 5 rekaman memutuskan untuk meninggalkan mereka untuk band yang lebih berat. Akesson, Mats Leven, John Leven, dan Rickard Evensand membentuk band bernama Eyeball yang kemudian mengganti namanya dengan Southpaw. Pada 1998 Fredrik muncul pada 2 album: album debut Southpaw dan album Naive oleh Clockwise. Dia juga memrekam lagu klasik Journey "Send Her My Love" dengan Clocwise untuk album tribute yang tidak pernah dirilis.



Fredrik kembali melakukan rekaman dan tur dengan Talisman. Mereka mengerjakan 2 buah album studio: Cats and Dogs (2003) dan 7 (2006) plus album live berjudul Five Men Live (2005) yang dirilis juga dalam bentuk DVD dengan judul World's Best Kept Secret. Pada 2004, Fredrik menggantikan posisi gitaris Tiamat, Thomas Petersson untuk tur dan muncul di DVD The Church Of Tiamat yang dirilis pada 2006. Dia juga muncul di album Sabbtail, Night Church, bersama Mats Leven lagi.



Fredrik ikut menulis 2 lagu di album Optimus milik John Norum dan muncul di rekaman. Dia juga bermain dengan band melodic death metal Arch Enemy dari 2005 hingga 2007, direkrut saat gitaris orisinil Arch Enemy, Christopher Amott mengambil cuti selama 18 bulan dari September 2005 hingga dia kembali pada Maret 2007. Fredrik juga bermain di album Krux, II, yang dirilis pada 2006. Pada 2007, dia muncul dengan Krux di Sweden Rock Festival.



Pada 17 Mei 2007 band progressive death metal Opeth mengumumkan bahwa Fredrik akan menggantikan gitaris Peter LIndgren yang keluar. Dia melakukan tur pertama dengan band adalah the Progressive Nation Tour dengan Dream Theater dan Between the Buried and Me. Album pertamanya dengan Opeth adalah Watershed (2008) dimana dia ikut menulis lagu "Porcelain Heart" dengan Mikael Akerfeldt. Album Heritage dirilis pada Sepember 2011, juga dengan 1 lagu (trek bonus "Pyre") ikut ditulis bersama Fredrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...