Laman

Sabtu, 30 Juli 2016

APRIL LAWTON




Lahir pada 30 Juli 1948, adalah seorang gitaris dan komposer yang terkenal di awal hingga pertengahan 1970an sebagai seorang anggota dari band Ramatam, yang juga menampilkan mantan gitaris Iron Butterfly Mike Pinera dan mantan drummer Jimi Hendrix Mitch Mitchell, juga Russ Smith (bass, vokal), dan Tommy Sullivan (kibord, reeds, vokal). Gaya permainannya adalah campuran dari Jeff Beck, Hendrix, dan Allan Holdsworth. Lawton tidak memberikan wawancara, menolak untuk mendiskusikan masa lalunya, dan dia dikabarkan menjadi transsexual-kabar itu dikonfirmasi oleh temannya, gitaris Funny June Millington, dalam sebuah wawancara 2010 untuk GuitarGearHeads. Penyanyi Dee Snider mengklaim Lawton masih seorang pria saat masih dalam band, Johnny Maestro and the Brooklyn Bridge.

Mike Pinera, mantan rekan band, mengeluarkan pernyataan berikut dalam majalah Guitar Player sehubungan dengan jenis kelamin Lawton: “Saya bisa meyakinkan dia adalah seorang wanita,” ungkap Pinera. “Saat saya bertanya padanya tentang berita itu, dia meraih tanga saya dan memberi saya sebuah keyakinan ‘first base’. Saya tahu mereka memiliki teknologi untuk itu saat ini, tapi, sebelum itu, tidak mungkin!” Operasi pergantain jenis kelamin sudah dipraktekkan sejak 1930an, dan tersedia di AS sejak 1965.


Lawton bertahan dengan Ramatam untuk dua album studio, debut self-title mereka (1972, Atlantic) dan In April Came the Dawning of the Red Suns. Grup ini tidak sukses secara komersil, dan Lawton pergi setelah album kedua, membentuk sebuah proyek solo singkat the April Lawton Band, yang dibubarkan di akhir 1970an. Lawton kemudian meninggalkan skena musik untuk berkonsentrasi pada lukisan dan desain grafis. Kehidupan pribadinya menjadi sangat pribadi hingga kematiannya karena gagal jantung di rumahnya pada 23 Nopember 2006 di usia 58 tahun.

Selama 1990an dia merekam demo untuk album mendatang, dan materi itu tetap tidak dirilis. Beberapa cuplikan singkat tersedia di situs penghormatan April Lawton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...