Laman

Rabu, 20 Juli 2016

ROBB FLYNN




Lahir pada 19 Juli 1967 di Oakland, California, AS, mempunyai nama lengkap Robert Conrad Flynn (nama lahir Lawrence Matthew Cardine) merupakan vokalis utama dan gitaris untuk band Machine Head. Rob membentuk Machine Head bersama dengan Adam Duce, Logan Mader dan Tony Constanza setelah meninggalkan band asal Bay Area Vio-Lence.

Dia diadopsi setelah ditelantarkan oleh orang tua kandungnya. Dia mengatakan bahwa dia tidak berharap untuk bertemu dengan orang tua kandungnya, tertuang dalam lagu Machine Head "Left Unfinished" yang menggambarkan perasaannya terhadap mereka. Rob menyebut Black Sabbath sebagai pengaruh terbesarnya dan alasan dia bermain gitar. Pengaruh lainnya adalah band-band thrash metal Bay Area seperti Exodus, Metallica, Slayer dan grup hardcore punk/crossover thrash seperti Dead Kennedys, DRI dan Suicidal Tendencies.


Dia bergabung dengan band thrash metal Forbidden (awalnya bernama Forbidden Evil), saat dia baru lulus dari American High School. Dia bermain dengan band ini dari tahun 1985 hingga 1987. Dia menulis 4 lagu yang muncul di album debut mereka, "Chalice of Blood", "Forbidden Evil", "As Good As Dead" dan sebagian "March into Fire", tapi keluar sebelum album itu dirilis untuk bergabung dengan band rival thrash metal Vio-Lence, bersama dengan gitaris Machine Head saat ini, Phil Demmel, Rob kemudian membentuk bandnya sendiri, Machine Head, dimana album debutnya Burn My Eyes membuat Rob menjadi bintang metal yang bersinar.

Pada Januari 2005 Flynn terpilih sebagai salah satu dari empat kapten dari Roadrunner United, sebuah band yang merayakan ulang tahun ke 25 dari Roadrunner Records. Flynn menulis, memproduseri dan merekam gitar pada empat lagu, yakni The Rich Man, Independent (Voice of the Voiceless), Army of the Sun dan The Dagger dan The Dagger dia nyanyikan dan menulis lirik bersama Howard Jones dari Killswitch Engage.


Album Machine Head The Blackening (2007) naik ke #54 di Billboard setelah muncul di chart hanya dua minggu sebelumnya; juga dinominasikan untuk sebuah Grammy Award, membuatnya sejauh ini sebagai album paling sukses milik band. Pada 11 Juni 2007, Flynn menerima Metal Hammer 2007 Golden God Award. Untuk menghormati Debbie Abono dan Ronnie James Dio, Flynn merekam dan merilis untuk online gratis sebuah cover dari “Die Young” milik Black Sabbath. Abono memanajeri Flynn dan Phil Demmel saat mereka menjadi anggota Vio-Lence. Flynn mengalami pencurian di rumahnya dengan beberapa barang, termasuk gitar yang dicuri. Satu gitar, Washburn 333 atau “Dimebolt”, diberikan padanya oleh Dimebag Darrell. Pada 2016 gitar “Dimebolt” sudah kembali pada Flynn. Machine Head melakukan debut di #22 di Billboard 200, dengan Unto the Locust, penampilkan tertinggi band. Mereka juga melakukan debut di #5 di tangga album Jerman. Album ini terjual lebih dari 100.000 buah di AS.

Pada 29 Januari 2016, saluran YouTube milik Machine Head menerbitkan sebuah video berjudul, “Racism In Metal,” yang berisi Rob Flynn membicarakan masalah itu dan menegur Phil Anselmo untuk penampilan kontroversialnya di Dimebash 2016. Video itu, hingga 5 Juli 2016, sudah dilihat oleh lebih dari 2 juta orang.

Pada Desember 2013, Flynn dan sesama gitaris Machien Head Phil Demmel berkolaborasi dengan situs pendidikan online JamPlay.com untuk memberikan bersama serangkaian pelajaran gitar untuk mendorong para gitaris dan para anggota JamPlay.

Menurut buklet dari Bloodstone & Diamonds, Flynn menikah dengan Genevra dan memiliki dua putra bernama Zander dan Wyatt.

Flynn adalah penggemar lama dari Oakland Riders dan Oakland Athletics.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...