Laman

Jumat, 15 Juli 2016

PETER BANKS "The Architect Of Progressive Music"




Lahir dengan nama Peter William Brockbanks, pada 15 Juli 1947 di Barnet, North London, UK, adalah gitaris Inggris yang merupakan gitaris orisinil dari band-band The Syn, Yes, Flash dan Empire. Danny Baker dan Big George dari BBC menyebutnya "The architect of progressive music".


Ayah Peter adalah mekanik optikal dan ibunya seorang pembersih dan dia tumbuh di Barnet, North London dimana dia bersekolah di Barnet Secondary School dan Barnet College of Further Education. Saat dia masih anak-anak, ayahnya membelikannya sebuah gitar akustik. Saat remaja, dia juga belajar memainkan banjo.

Banks memulai dengan The Nighthawks pada 1963, dan memainkan konser pertamanya di the New Barnet Pop Festival sebelum meninggalkan band itu untuk bergabung dengan The Devil’s Disciples pada 1964. Band itu terdiri dari Banks pada gitar, John Tite pada vokal, Ray Alford pada bass dan Malcolm “Pinnie” Raye pada drum. Mereka merekam dua lagu, “You Better Move On” milik Arthur Alexander dan “For Your Love” milik Graham Gouldman, yang akan menjadi rekaman hit untuk The Yardbirds satu tahun kemudian. Dua lagu ini dapat ditemukan di album arsip Banks, Can I Play You Something. Menurut buku milik Chris Welch “Close to the Edge – The Story of Yes”, The Devil’s Disciples biasanya memainkan album pertama The Rolling Stones secara keseluruhan, karena lagu tersebut. Sekitar satu tahun kemudian, Banks bergabung denga The Syndicats, menggantikan gitaris mereka Ray Fenwick, dimana dia sendiri menggantikan Steve Howe, yang nantinya menggantikan Banks di Yes.


Banks kemudian membentuk sebuah band baru dengan mantan bassis The Selfs, Chris Squire, band ini bernama The Syn. Mereka dilengkapi oleh kibordis Andrew Pryce Jackman, Steve Nardelli pada vokal juga Gunnar Jokull Hakonarson pada drum. Mereka merekam dua single, “Created By Clive”/”Grounded” dan “Flowerman”/”14 Hour Technicolor Dream” keduanya pada 1967 sebelum bubar satu tahun kemudian. Andrew Jackman menjadi aranjer dan bermain piano di album solo pertama milik Squire Fish Out of Water pada 1975 dan single miliknya “Run with the Fox” pada 1980, dan bermain di Begginings milik Steve Howe pada 1975 dan The Steve Howe Album pada 1979, dia juga diberi kredit untuk karyanya di album Tormato milik Yes pada 1978.


Sementara itu Squire bergabung dengan teman-temannya Clive Bayley (gitar ritem) dan Bob Hagger (drum) di Mabel Greer’s Toyshop, dan Banks juga bergabung dengan band ini. Dia secara singkat meninggalkan band, yang akhirnya dilengkapi oleh penyanyi Jon Anderson dan kemudian drummer Bill Bruford yang menggabungkan Hagger. Selama periode singkat itu, Banks bermain dengan band Neat Change, merekam satu single, “I Lied to Aunty May” dengan Chris Squire pada tamborin dank or. Banks kemudian kembali ke Mabel Greer’s Toyshop, dan dengan kepergian dari Clive Bailey dan penambahan dari organis/pianis Tony Kaye, mereka mulai menulis musik baru bersama, menambahkan sebuah lagu pada dua lagu yang sudah ditulis, “Beyond and Before” oleh Jon Anderson dan Clive Bailey dan kemudian “Sweetness” oleh Anderson, Bailey dan Chris Squire.


Para anggota mencari nama yang sesuai, Jon menyarankan Life dan Chris menyarankan World tapi semua setuju dengan usul Banks ; Yes. Semuanya setuju bahwa nama itu tidak permanen, tapi hanya sementara. Dan kini, lebih dari 45 tahun kemudian, nama itu masih ada.

Atlantic Records mengontrak band dan pada 1969, mereka masuk studio rekaman untuk merekam album pertama mereka, Yes. Tahun berikutnya album berikutnya dikerjakan yang berjudul, Time and a Word, tapi Anderson dan Squire menginginkan latar orkestrasi yang mendukung mereka. Ide tersebut tidak diterima dengan baik oleh Peter, dan kondisi makin memburuk saat aransemen orkestrasi meninggalkan sang gitaris, juga Tony Kaye, yang mengerjakan sedikit bagian (strings mengganti bagian mereka hampir semua not). Saat album dirilis, sebuah tur dilakukan; Peter diminta untuk meninggalkan grup, memainkan konser terakhirnya dengan Yes pada 18 April 1970 di The Luton College of Technology. Dia digantikan oleh Steve Howe.

Selama tur Union 1991 milik Yes, Tony Kaye mengundang Banks untuk bermain selama encore pada pertunjuan 15 Mei di the Great Western Forum di Inglewood, California, AS. Banks menerima undangan itu dan pergi ke pertunjukan itu. Menurut Classic Artist: Yes, Banks mengatakan pada Kaye sebelum pertunjukan bahwa Steve Howe tidak ingin Banks bermain di pertunjukan itu. Howe sudah menyangkal hal ini dalam wawancara di Notes From The Edge.

Pada Agustus 1994, Banks adalah seorang tamu di festival penggemar Yes bernama “Yestival”. Pada 1995, dia menampilkan “Astral Traveler” di album penghormatan Yes Tales From Yesterday. Pada 1997, dia mengatur perilisan sebuah kompilasi Yes Something’s Coming: The BBC Recordings 1969-1970. Catatannya menggambarkan hari-hari awalnya dengan band. Banks juga tampil di “Yestival” pada Juli 1998. Pada 2006, dia diwawancarai untuk documenter Yes Classic Artists: Yes. Beberapa musik video yang menampilkan dia dengan Yes selama hari-hari awal mereka dapat dilihat di DVD The Lost Broadcast yang dirilis pada 2009.

Setelah meninggalkan Yes, dan saat sedang mencari beberapa proyek musik lainnya, Banks mendukung Blodwyn Pig untuk periode singkat pada akhir 1970, menggantikan gitaris asli mereka Mick Abrahams. Dia menjadi tamu sebagai musisi sesi pada sebuah album oleh Chris Harwood, dengan para musisi lain seperti Dave Lambert dari The Strawbs pada gitar, Tommy Eyre pada kibord kemudian dengan Rainbow, mantan King Crimson Ian McDonald pada sax juga mantan Spencer Davis Group Peter York pada perkusi.


Pada 1971 Peter membentuk Flash dan sesi dimulai untuk album pertama, dengan Tony Kaye menjadi tamu pada kibord. Rekaman ini muncul pada 1972 (berjudul singkat Flash) dan mendapatkan sambutan hangat. Setelah keterlibatan Kaye, Banks mengambil perang ganda sebagai gitaris dan kibordis. Flash merekam dan merilis album keduanya (In the Can) pada Nopember tahun yang sama; dan ketiga (Out of Our Hands) pada 1973.

Sejalan dengan itu, Banks dan gitaris Jan Akkerman menjadi teman dan mulai bermain dan rekaman bersama. Banks juga bermain pada sebuah album oleh Roger Ruskin Spear pada saat itu. Pada 1973, tidak lama setelah rilisan ketiga dan terakhir Flash, Banks merilis Two Sides of Peter Banks. Musisi tamu termasuk Akkerman, bassis John Wetton, drummer Phil Collins, gitaris Steve Hackett dan sesama anggota Flash Ray Bennett dan Mike Hough.

Sekitar musim panas 1973, Banks bermain dengan band jazz-rock bernama Zox & the Radar Boys, menampilkan Phil Collins (drum) dan temannya dari masa the Flaming Youth Ronnie Caryl pada gitar, Mike Piggot (violin) dan John Howitt (bass).

Pada 1973, saat mencoba membentuk inkarnasi kedua dari Flash, Banks merekrut para musisi dan jatuh cinta dengan penyanyi Sydney Foxx (nama asli Sidonie Jordan). Dia kemudian menjadi istri Banks. Diberi nama Empire, Banks dan Foxx, dan berbagao anggota band lainnya merekam tiga album hingga 1979. Phil Collins memainkan drum dan John Giblin dari Brand X memainkan bass di album pertama mereka, Mark I. Banks dan Foxx bercerai, walaupu Empire tetap bersama sebagai band untuk beberapa saat.


Karya rilisan satu-satunya dari Banks di paruh kedua 1970an adalah sejumlah pemunculan sesi, pada album terpisah oleh Lonnie Donegan dan Jakob Magnusson. Pada 1981, rekaman lain dari Empire muncul. Pada 1983, dia memainkan solo gitar di balada terkenal milik Lionel Ritchie, Hello, tapi dia tidak diberi kredit. Peter muncul pada Romeo Unchained, album 1986 milik Tonio K. dia juga bekerja dengan Ian Wallace di The Teabags, menampilkan Jackie Lomax pada vokal dan Kim Gardner pada bass, keduanya bermain sebelum dengan Tony Kaye’s Badger, David Mansfield pada gitar dan Mel Collins pada sax dan flute. Tidak ada rekaman yang keluar dari sesi itu.

Pada 1993, Banks merilis Instinct, sebuah album solo dari trek instrumental dengan dia memainkan semua bagian. Hanya pemain kibord, Gerald Goff, bergabung dengannya untuk album selanjutnya, Self Contained (1995). Pada 1997, Banks sangat bertanggung jawab untuk rilisan album live ganda Yes, Something’s Coming: The BBC Recordings 1969-1970 (diberi judul Beyond and Before di AS), sebuah koleksi dari pemunculan di BBC selama 1969 dan 1970, menampilkan lineup asli di semua lagu dan dengan buklet yang berisi cerita dari Banks di hari-hari awal mereka.

Rilisan arsip lainnya yang muncul adalah Psychosync, sebuah rekaman Flash live yang dibuat pada 1973 untuk King Biscuit Flower Hour dan akhirnya dirilis pada 1998. Juga, antara 1995 dan 1997 ketiga album Empire dirilis (satu per tahun). Banks juga berkolaborasi di Tales From Yesterday pada 1995 (sebuah album penghormatan Yes) menampilkan versi dari lagu “Astral Ttaveller” dengan Robert Berry; muncul di album Big Beats pada 1997; dan bermain di Encores, Legends and Paradox pada 1999, sebuah album penghormatan Emerson, Lake & Palmer. dia berkontribusi pada Come Together People of Funk pada 1999 oleh Funky Monkey (menampilkan kibordis Gerard Johnson yang membantu sejumlah proyek milik Banks pada 1990an dan juga bekerja dengan teman lama Banks, Chris Squire.

Kolaborasi itu mengisi jarak dalam karir rekaman miliknya, hingga 1999, saat album Reduction diedarkan. Pada 2000, Banks membuat koleksi dari rekaman lamanya (banyak yang sebelumnya belum dirilisO berjudul Can I Play You Something?. Sampul depan dari rekaman terakhir ini memperlihatkan Banks yang berusia 8 tahun berpose dengan gitar pertamanya. Daftar lagu menampilkan beberapa rekaman awal oleh The Syn, Mabel Greer’s Toyshop, dan Yes, termasuk rendisi awal dari lagu “Beyond and Before”.

Sebuah lagu pendek di koleksi terakhir berjudul “Lima Loop”. Hal ini karena Lima, Peru, menjadi tempat khusus bagi Banks di tahun-tahun belakangan. Cecilia Quino, seorang gadis Peru yang merupakan penggemar Yes, bertemu dan kemudian menikah dengan Banks. Mereka menikah di Lima, dimana orangtua mempellai wanita tinggal. Mereka kemudian bercerai.

Mengikuti pemunculan oleh Banks dan Geoff Downes bersama di edisi 1998 dari Yestival, keduanya memainkan beberapa sesi dan kemungkinan Banks bergabung dengan Asia. Namun, sesi ini tidak membawa hasil.

Banks muncul di konser kecil oleh band lokal muda baru, termasuk band penghormatan Yes, Fragile. Rekaman berikut dimana Banks muncul termasuk Jabberwocky (2000) dan Hound of the Baskervilles (2002), sepasang album yang direkam oleh Oliver Wakeman (putra Rick Wakeman) dan Clive Nolan. Rick Wakeman juga membacakan narasi album Jabberwocky. Banks juga kembali menjadi tamu di proyek Funky Monkey.

Banks pada awalnya terlibat dalam reuni dari The Syn pada 2004, tapi meninggalkan band. Setelah pembicaraan awal pada 2004, dia juga tidak terlibat di reuni Flash selanjutnya, yang membuat debut mereka kembali di the Prog Day Festival 2010 dengan bassis Flash Ray Bennett mengambil alih pada gitar utama.

Pada akhir 2004, Banks membentuk sebuah band improvisasi, Harmony in Diversity, dengan Andrew Booker dan Nick Cottam (yang pernah bekerja sama sebagai duo Pulse Engine). Merela melakukan tur UK singkat pada Maret 2006, dan merilis sebuah album berjudul Trying. Booker meninggalkan band tidak lama kemudian. Dia digantikan oleh David Speight dan band terus bermain untuk jadwal di UK dan Hungaria pada 2007. Banks juga merencanakan sebuah proyek yang berhubungan dengan kibordis Gonzalo Carrera.

Pada e-magazine ‘Lifestyle’ milik Gibson Guitar pada 3 Februari 2009, Peter masuk sebagai salah satu dalam the "10 Great Prog Rock Guitarists.” Menurut artikel ini, “Sebelum ada Steve Howe, ada Peter Banks. Perbedaan artistik antara Banks dan penyanyi Jon Anderson memaksa kepergian Banks dari Yes pada 1970, tapi di band 70an miliknya yang kurang dikenal, Flash, Banks menggunakan ES-335 untuk menciptakan beberapa yang seharusnya menjadi klasik prog rock. “Lifetime”, dari album In the Can milik Flash, adalah pembuktiannya.”

Peter Banks meninggal karena gagal jantung pada 7 Maret 2013 di rumahnya di Barnet, London. Dia ditemukan setelah gagal muncul untuk memenuhi jadwal sesi rekaman. Saat itu dia berusia 65 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...