Laman

Sabtu, 16 Juli 2016

STEWART COPELAND




Lahir pada 16 Juli 1952 di Alexandria, Virginia, AS. Copeland - putra seorang agen CIA - menghabiskan masa-masa hidupnya di Timur Tengah tapi menempuh kuliah di California sebelum menetap di Inggris pada 1975 dan bermain dram dengan band progressive rock Curved Air.


Setelah grup tersebut bubar, dia membentuk The Police dengan penyanyi/bassis Sting dan gitaris Henri Padovani (kemudian digantikan oleh Andy Summers). Dimulai dengan hit pertama mereka "Roxanne" pada 1979, trio ini menjelma menjadi salah satu band populer dan inovatif di era post-punk, mencampur musik reggae, funk dan world music untuk menciptakan jenis musik pop yang unik yang menghasilkan serangkaian single yang meledak antara lain "Every Little She Does Is Magic", "Every Breath You Take," dan "King Of Pain." Saat bersama dengan The Police, Copeland - yang pada 1980 merilis rekaman solo, Music Madness dari the Kinetic Kid, dibawah alias Klark Kent - tidak hanya memperoleh tanggapan yang baik untuk teknik dramnya yang rapi dan bertekstur, tapi dia juga berkontribusi pada banyak lagu-lagu milik band.


Pada puncak sukses komersil mereka, the Police dibubarkan setelah melakukan tur untuk mendukung album tersukses Synchronicity yang dirilis pada 1983, pada saat itu Copeland telah mantap sebagai seorang komposer filem, memperoleh nominasi Golden Globe untuk perjalanan musiknya ke Afrika, diikuti oleh sejumlah musik filem yang makin banyak termasuk 2 buah musik yang tampil di filem Oliver Stone, Wall Street dan Talk Radio, juga proyek-proyek hebat milik Ken Loach: Raining Stones, Four Days in September dan West Beirut dan banyak lagi produksi-produksi mainstream milik Hollywood.


Karya Copeland lainnya adalah kerjasama dengan trio pop-fusion Animal Logic juga karya penulis Fransisco Ballet King Lear, the Cleveland Opera; Holy Blood dan Crescent Moon, dan Ballet Oklahoma's Prey.


Stewart muncul di the Modern Drummer Festival pada 2006.

Pada 2007 the Police melakukan reuni untuk beberapa konser. Grup ini menampilkan 151 jadwal menempuh lima benua, tidak termasuk pertunjukan terakhir pada Agustus 2008 di Madison Square Garden, New York.


Copeland terlibat secara romantis dengan vokalis Curved Air Sonja Kristina yang dimulai pada 1974, dan mereka menikah dari 1982 hingga 1991. Copeland mengadopsi putra Kristina Sven dari hubungan sebelumnya, dan mereka memiliki dua putra bersama, Jordan dan Scott. Pada 1981, Copeland menjadi ayah dari seorang putra, Patrick, dengan Marina Guinness, putri dari penulis Irlandia Desmond Guinnes. Copeland saat ini tinggal di Los Angeles dengan istri keduanya, Fiona Dent, dengan siapa dia memilik tiga putri (Eve, Graca dan Celeste).

Kakak tertua Copeland, Miles Copeland III, pendiri dari I.R.S. Records, adalah manajer The Police dan mendukung ketertarikan Stewart di proyek musik lainnya. Kaka Stewart lainnya, almarhum Ian Copeland, adalah agen pemesanan yang mewakili The Police dan lainnya. Ayahnya, Miles Copeland, Jr., adalah anggota pendiri dari Office of Strategic Services (OSS) dan Central Intelligence Agency (CIA), menurut otobiografinya pada 1989 dan berkas yang dirilis oleh CIA pada 2008. Meskipun referensi umumnya pada “Uncle Aaron”, Copeland tidak memiliki hubunngan kerabat dengan composer Aaron Copeland.

Pada 2007, Pemerintah Perancis menganugerahi Copeland (bersama dengan rekan band the Police Andy Summers dan Sting) Chevalier if the Ordre des Arts et des Lettres.

Hobi Copeland antara lain rollerskating, bersepeda sepanjang pantai di Santa Monica, membuat film dan bermain polo.

Dia juga aktif di saluran YouTube miliknya, dimana dia mengunggah video miliknya dan musisi lain selama sesi bermain di studionya, the Sacred Grove.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...