Laman

Sabtu, 09 Juli 2016

BON SCOTT




Lahir pada 9 Juli 1946 dengan nama lengkap Ronald Belford Scott di Forfar, Angus, Scotlandia dari pasangan Charles Belford "Chick" Scott (meninggal 1999) dan Isabelle Cunningham "Isa" Mitchell (1917-2011), dan tumbuh di Kirriemuir. Bon adalah anak kedua. Anak pertama adalah putra, Sandy, yang meninggal tidak lama setelah kelahirannya. Anak ketiga, Derek, lahir pada 1949.

Keluarga Scott pindah dari Skotlandia ke Australia pada 1952. Keluarga itu awalnya tinggal di pinggiran Melbourne, Sunshine; Bon bersekolah di Sunshine Primary School. Adik kedua, Graeme, lahir pada 1953. Selain itu, Scott memiliki seorang adik perempuan, Valerie.

Pada 1956, keluarga itu pindah ke Fremantle, Australia Barat, dan Scott bergabung dengan Fremantle Scots Pipe Band, mempelajari drum. Scott belajar di North Fremantle Primary School dan kemudian John Curtin College of the Arts hingga dia keluar pada usia 15 tahun dan menghabiskan sedikit waktu di Fremantle Prison dan sembilan bulan di Riverbank Juvenille Institution sehubungan dengan dakwaan karena memberikan nama dan alamat palsu kepada polisi, karena melarikan diri dari hukum, karena berprilaku melanggar hukum dan mencuri 12 galon minyak. Dia berniat untuk masuk Australian Army tapi ditolak karena dianggap "socially maladjusted".


Scott membentuk band pertamanya, The Spektors, pada 1964 dan bermain drum. Pada 1966, the Spektors bergabung dengan band the Winstons dan membentuk The Valentines. Dalam band ini, Scott adalah co-lead vocalist dengan Vince Lovegrove. Ketika the Valentines bubar pada 1970, Scott bergabung dengan Fraternity. Mereka merekam 2 album dan bubar pada 1973. Tahun itu juga, Scott bergabung dengan Mount Lofty Rangers, namun hengkang setelah mengalami kecelakaan sepeda motor.

Pada 1974, Scott menggantikan Dave Evans sebagai penyanyi AC/DC. Pada 19 Februari 1980, Scott meninggal karena keracunan alkohol. Lima bulan setelah kematiannya, AC/DC merilis album Back in Black untuk menghormatinya bersama penyanyi Brian Johnson.

Pada Juli 2004 rilisan Classic Rock, Scott berada di peringkat 1 dalam daftar "100 Greatest Frontmen Of All Time" mengungguli Freddie Mercury dan Robert Plant. Hit Parader menempatkan Scott di peringkat 6 dalam daftar the 100 Greatest Heavy Metal Vocalists of all time.

Sebuah patung Bon Scott didirikan di Bellies Brae Car Park di Kirriemuir pada 30 April 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...