Laman

Kamis, 28 Juli 2016

REX BROWN




Lahir pada 27 Juli 1964, dengan nama Rex Robert Brown di Graham, Texas. Ayahnya berusia 40 tahun saat Rex lahir, dan meninggal pada 1971. Dia dibesarkan oleh ibu dan kakak perempuannya. Rex pertama kali dikenalkan musik oleh neneknya, yang mengajarinya cara bermain piano saat dia masih kecil, dan mengarahkannya pada ragtime music dan Scott Joplin. Rex adalah anggota dari the Boy Scouts of America dan menerima tingkat Eagle Scout. Rex menjadi penggemar ZZ Top dan Def Leppard saat muda, dan mulai bermain bass saat berusia 12 tahun. Dia tetap menjadi penggemar Black Sabbath, Led Zeppelin dan hardcore punk.

Rex bergabung dengan Pantera pada 1982 dengan teman sekelasnya dari band jazz SMA drummer Vinnie Paul, gitaris Dimebag Darrell (kemudian dikenal sebagai Diamond Darrell), dan vokalis Terry Glaze. Selama hari awal dari Pantera, Brown menggunakan nama panggung Rex Rocker. Untuk album 1990 Cowboys from Hell dia dikreditkan dengan singkat sebagai Rex. Hal itu tidak sampai hingga album 1994 Far Beyond Driven dimana dia menggunakan nama utuh Rex Brown.


Pantera merekrut vokalis Phil Anselmo untuk menggunakan Glaze pada 1987. Pada 1990 band teken kontrak dengan Atco Records dan merilis Cowboys from Hell yang terbukti sebagai titik balik dalam karir band. Lebih dari empat album studio berikutnya, album live dan sebuah kompilasi greatest hits, Pantera dinominasikan untuk empat Grammy best metal performance, untuk “I’m Broken,” “Suicide Note Pt. I,” “Cemetery Gates,” dan “Revolution Is My Name.” Selama waktu luang Brown, Dimebag, dan Vinnie bergabung dengan artis country David Allan Coe dalam sebuah proyek bernama Rebel Meets Rebel pada 1999. Grup ini merilis sebuah album pada 2 Mei 2006 di label Big Vin Records milik Vinnie Paul. 


Pada 1998, selama dia tinggal di Lousiana, dia diundang oleh Phil Anselmo untuk sesi latihan yang menampilkanm semua anggota Down kecuali pemain bass mereka Todd Strange, yang meninggalkan band. Malam itu mereka akhirnya menulis beberapa demo untuk apa yang kemudian menjadi album kedua mereka yang direkam pada musim gugur 2001 di peternakan milik Anselmo yang sudah dirubah menjadi sebuah studio profesional. Album ini dirilis pada 26 Maret 2002, dan menjadi rilisan Down pertama yang menampilkan Rex Brown pada bass. Namun, band menjalani hiatus lagi pada akhir 2002.


Pada 2006, band melakukan reuni dan mulai menulis materi untuk album studio ketiga mereka. Down III: Over the Under dirilis pada 2007. Band melakukan tur sebagai band pembuka untuk Metallica. Selama waktu itu, dia menjadi berteman baik dengan James Hetfield, yang serupa dengan Brown, menyelesaikan rehabilitasi alkohol pada 2002.

Mencari bab baru dalam karir musiknya, dia meninggalkan Down pada 2011. Namun, dia tetap berhubungan baik dengan mantan rekan-rekan bandnya.

Brown sebelumnya sudah bekerja dengan Jerry Cantrell di lima lagu yang dimasukkan dalam album berjudul Boggy Depot juga sebelas lagu dengan Crowbar pada album Lifesblood for the Downtrodden. Dia juga mengisi bass untuk Crowbar pada 2004 dan 2005 dan untuk Cavalera Conspiracy pada 2008. Rex mengungkapkan proyek barunya Arms of the Sun, sebua proyek yang juga menampilkan John Luke Hebert (dari King Diamond) pada drum, Lance Harvill pada vokal dan gitar, dan Ben Bunker (dari Gryn) pada gitar. Grup sudah menyelesaikan tigabelas lagu di Pedernales Recording Studio milik Willie Nelson di Austin, diproduseri dan dicampur oleh Terry Date. Pada Februari 2011 diumumkan bahwa Rex meninggalkan Arms of the Sun. Seorang bassis pengganti belum diumumkan.


Pada Maret 2011 diumumkan bahwa Rex membentuk sebuah band baru, Kill Devil Hill dengan Vinny Appice (Heaven & Hell, Black Sabbath, Dio) pada drum, Mark Zavon (Ratt, W.A.S.P., 40 Cycle Hum) pada gitar dan Dewey Bragg (Pissing Razors) pada vokal. Grup sudah membuat demo sekitar 10 lagu, yang menurut Appice, memiliki suara “seperti persilangan antara Black Sabbath, Alice in Chains dan sedikit Led Zeppelin. Musiknya berat, tapi dengan banyak ketukan kerena dan musik yang keren, juga.”


Pada 2013, Rex merilis sebuah otobiografi, berjudul Official Truth: 101 Proof, yang merupakan rangkuman kehidupan pribadi dan perjalanan Rex dalam Pantera, termasuk peristiwa yang mengakibatkan pembubaran band.

Pada 2015, Rex menulis kata pengantar untuk buku Survival of the Fittest: Heavy Metal in the 1990’s, oleh penulis Greg Prato. Rex juga diwawancarai untuk buku itu (juga mantan rekan bandnya di Pantera, antara lain Anselmo).

Menurut otobiografinya, Brown bertemu dengan mantan istri masa depannya Belinda melalui seorang teman bersama. Pasangan ini bertunangan pada 1994 dan menikah pada Mei 1995. Mereka memiliki anak kembar yang lahir pada 2000. Brown menolak untuk memberikan informasi lebih jauh tentang anak-anaknya agar menjaga privasi mereka. Pada 2004, pasangan ini bercerai. Namun, mereka bersatu kembali pada 2007 dan tetap bersama hingga 2011. Brown tidak “subscribe to any particular organized religion”, walaupun dia berkata dia percaya pada Tuhan dan Ten Commandments.

Brown adalah seorang bassis jazz dan diberi tawaran beasiswa oleh University of North Texas tapi menolak. Dia sering bermain dengan sebuah pick.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...