Laman

Jumat, 29 Juli 2016

RICHARD WRIGHT




Lahir di Hatch End, Middlesex, Inggris, pada 28 Juli 1943 dengan nama lengkap Richard William Wright, adalah musisi, komposer, penyanyi dan penulis lagu asal Inggris, yang dikenal saat berkarir dengan Pink Floyd. Dia bersekolah di the Haberdasher's Aske's School.


Wright belajar sendiri bermain gitar, trumpet dan piano pada usia 12 tahun, dan mengambil pelajaran prifat di teori musik dan komposisi di the Eric Gilder School of Music. Tidak jelas akan masa depannya, dia belajar pada 1962 di the Regent Street Polytechtic yang kemudian bergabung dengan University of Westminster. Disana dia berjumpa dengan anggota band Roger Waters dan Nick Mason, adalah anggota pendiri sound Pink Floyd (saat band telah diberi nama) pada 1965, dan juga berpartisipasi pada formasi awalnya, Sigma 6 dan The (Screaming) Abdabs. Walaupun Mason dan Waters adalah murid-murid yang kompeten, Wright sedikit tertarik dengan arsitek dan setelah belajar sebentar dia pindah ke London College of Music.

Sebagai seorang multi-instrumentalis, suara kibor Wright yang kaya dengan tekstur merupakan pondasi penting dan sebuah karakteristik berbeda bagi sound Pink Floyd. Wright menyanyikan harmony vocal dan terkadang menjadi vokalis utama di panggung dan di studio dengan Pink Floyd (terutama pada lagu "Time", "Echoes", "Us and Them", "Wearing the Inside Out", "Astronomy Domain", "Summer 68", "Remember a Day" dan "Matilda Mother").


Walaupun tidak seproduktif menulis lagu seperti rekan satu bandnya Roger Waters, Syd Barret dan David Gilmour, dia menulis bagian musik yang signifikan untuk album-album klasik seperti Meddle, The Dark Side of the Moon dan Wish You Were Here, juga The Division Bell dan album studio terakhir band, The Endless River.

Wright jarang bermain diluar Pink Floyd dibandingkan dengan anggota lainnya. Bersama dengan Gilmour, Wright bermain di album solo kedua milik Sid Barrett, Barrett pada 1970 dan membantu dengan produksi. Dia kemudian mengenang bahwa mengerjakan album itu adalah sebuah cara menolong Barrett dengan cara yang dia bisa. Pada 1974, dia menjadi tamu di sebuah konser oleh Sutherland & Quiver di Newcastle Polytechnic.

Wright merekam album solo pertamanya, Wet Dream, pada awal 1978 di Super Bear Studios, Perancis, yang menampilkan gitaris tur Snowy White dan saksofonis Mel Collins. Album ini dirilis pada September degan kesuksesan komersil yang minim.

Selama 1984, Wright membentuk sebuah duo musikal baru dengan Dave Harris (dari band Fashion) bernama Zee. Keduanya sudah diperkenalkan oleh seorang teman bersama, saksofonis Raphael Ravenscroft. Mereka teken kontrak dengan EMI Records dan hanya merilis satu album, Identity, yang merupakan kegagalan komersil dan kritis. Wright kemudian menyebut Zee sebagai “sebuah eksperimen yang bagus untuk dilupakan”.


Pada 1996, terinspirasi oleh masukannya yang sukses pada The Division Bell, Wright merilis album solo keduanya, Broken Chine, yang iktu ditulis oleh penulis lirik Anthony Moore, yang membantu dengan produksi dan rekaman. Album ini mencakup tema depresi dan membantu Wright untuk melihat teman yang terpengaruh oleh album itu. Kontribusi musik datang dari Pino Palladino pada bass, Manu Katche pada drum, Dominic Miller (dikenal dari permainan gitarnya dengan Sting) dan Tim Renwick, rekan Pink Floyd lainnya, pada gitar listrik. Gilmour berkontribusi bagian gitar untuk “Breakthrough” tapi penampilan tidak dimasukkan dalam campuran terakhir album. Wright berkeinginan membaw album ini untuk tur, tapi dana tidak mencukupi. Sinead O’Connor menyanyikan vokal utama pada dua lagu, “Reaching for the Rail” dan “Breakthrough”, dengan Wright menyelesaikan sisanya.

Pada 1999, kibordis tur Floyd Jon Carin bergabung dengan istri Wright untuk membawa Wright dan Waters kembali bersama setelah 18 tahun terpisah; keduanya bertemu di belakang panggung setelah jadwal tur oleh Waters. 

Wright bermain di beberapa pertunjukan solo Gilmour pada 2002, berkontribusi kibord dan vokal, termasuk komposisi miliknya “Breakthrough”. Pada 2006, dia menjadi seorang anggota rutin dari band tur solo Gilmour bersama dengan mantan pengiring Floyd Jon Carin, Dick Parry dan Guy Pratt. Dia berkontribusi kibord dan vokal latar untuk album solo milik Gilmour, On an Island, dan tampil live di Eropa dan Amerika Utara tahun itu. Di panggung dengan Gilmour dia memainkan kibord, termasuk memainkan Farfisa untuk menampilkan “Echoes”. Wright menyanyikan vokal pada “Arnold Lyne”, yang dirilis sebagai single live. Dia menolak sebuah tawaran untuk bergabung dengan Waters dan Mason di tur The Dark Side of the Moon untuk mencurahkan waktu lebih untuk mengerjakan sebuah album solo.

Pada 2006, Wright bergabung dengan Gilmour dan Mason untuk penayangan resmi dari P.U.L.S.E DVD. Kemudian, Live 8 muncul sebuah subyek dalam sebuah wawancara. Saat ditanya tentang untuk tampil lagi, Wright menjawab dia akan bahagia dipanggung manapun. Dia menjelaskan bahwa rencananya adalah untuk “meander” dan bermain live dimanapun Gilmour memerlukan jasanya. Tahun yang sama, dia ikut menulis B-side Helen Boulding, “Hazel Eyes”, dengan Chris Difford.

Penampilan vokal terakhir Wright berlangsung di “The Madcap’s Last Laugh” sebuah konser penghormatan di The Barbican di London pada 10 Mei 2007. Konser itu diadakan oleh Joe Boiyd untuk mengenang Barrett yang meninggal sebelumnya pada Juli, dan menampilkan solo Waters sebelum Wright tampil sebagai bagian dari Pink Floyd, termasuk sebuah penampilan dari “Arnold Layne”. Penampilan live terakhirnya adalah sebagai bagian dari band David Gilmour di pemutaran awal dari DVD konser milik Gilmour Remember That Night pada 6 September 2007 di the Oden Leicester Square, London. Setelah sebuah versi edit dari film diperlihatkan, band naik panggung untuk bermain.

Gaya permainan Wright menggabungkan pengaruh jazz, neoklasik dan musik eksperimental, yang digabung dengan struktur harmonik sederhana dari lagu-lagu blues dan folk dari Roger Water dan David Gilmour. Sebagai seorang kibordis, dia lebih tertarik menggabungkan tiap bagian musik dengan organ atau synthesizer dan alur piano atau piano listrik. 

Dia menikahi istri pertamanya, Juliette Gale, pada 1968. Juliette adalah penyanyi dari salah satu band yang kemudian bergabung dengan Pink Floyd. Mereka mempunyai 2 anak, Gala dan Jamie, dan bercerai pada 1982. Dia menikahi istri keduanya, Franka, pada 1984. Mereka bercerai pada 1990. Dia menikahi istri ketiganya Mildred Hobbs (kepadanya album solo keduanya, Broken China, dipersembahkan) pada 1995, dengannya dia memilik seorang putra, Ben. Pernikahan mereka berakhir pada 2007. Dari 1984 hingga 1994 dia tinggal di pulau Kefalonia. Pada 1996, putrinya, Gala menikah dengan Guy Pratt, seorang musisi sesi yang pernah bermain untuk Pink Floyd (dan rekan satu band David Gilmour) sejak keluarnya Roger Waters. Pada tahun-tahun terakhirnya dia tinggal di Perancis dan menghabiskan waktunya di sebuah yacht miliknya di Virgin Islands.

Wright meninggal di rumahnya, karena kanker yang tidak diketahui bentuknya, pada 15 September 2008 pada usia 65 tahun. Pada saat kematiannya, dia tengah mengerjakan sebuah album solo, yang direncanakan sebagai sebuah seri instrumental.

Kematiannya diumumkan seminggu sebelum perilisan Live in Gdansk milik David Gilmour, dimana dia juga muncul. Pada 6 Juli 2014, diumumkan sebuah album baru, The Endless River, yang merupakan album Pink Floyd pertama sejak album 1994. Album yang dirilis pada Nopember 2014, berdasarkan materi yang tersisa dari sesi The Divison Bell tahun 1993-1994. Materi yang juga terdapat kemunculan Wright, dimana dia ikut menulis bersama sebanyak 2 atau 3 materi.

Pengaruh utama dari Wright adalah jazz, terutama Miles Davis dan John Coltrane. Dia tidak pernah menganggap dirinya seorang bergaya penulis lagu, lebih condong menciptakan keseluruhan album musik dengan sebuah tema.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...