Laman

Minggu, 17 Juli 2016

RON ASHETON




Lahir pada 17 Juli 1948 di Washington DC, AS, dengan nama lengkap Ronald Franklin Asheton, adalah gitaris Amerika, aktor dan penulis lagu bersama Iggy Pop untuk band rock the Stooges. Dia membentuk the Stooges bersama dengan Iggy Pop dan adiknya, dramer Scott Asheton, dan bassis Dave Alexander. Ron Asheton berada di peringkat 29 dalam daftar 100 Greatest Guitarists of All Time oleh majalah Rolling Stones, dan pada bulan Nopember 2014 dia berada di peringkat 60.


Dia telah bermain akordion selama 5 tahun saat dia mulai bermain bass gitar pada usia 10 tahun. Ron adalah gitaris utama dua album pertama the Stooges, dan kemudian menjadi bassis pada album ketiga mereka, Raw Power, saat dia diganti baik sebagai gitaris ataupun bassis oleh gitaris baru the Stooges, James Williamson. Namun, saat the Stooges terbentuk kembali, sekali lagi dia hadir sebagai gitaris.


Suara gitarnya yang berdistorsi dan mentah dengan The Stooges sangat berpengaruh untuk band punk selanjutnya.

Berpisah dengan the Stooges, Ron bermain dengan band The New Order (bukan band Inggris New Order), Destroy All Monsters, Dark Carnival, New Race dan The Empty Set.

Kemudian dia bermain dengan The Wylde Ratttz, sebuah band yang sebagian besar terdiri dari para musisi punk dan alt.rock terkenal dan terhormat. Band ini menampilkan Mike Watt dari Minuteman, J. Mascis dari Dinosaur Jr., Thurston Moore dari Sonic Youth, dan Mark Arm dari Mudhoney. Band ini berkontribusi sebuah versi cover dari lagu the Stooges “T.V. Eye” untuk soundtrack untuk film Todd Haynes Velvet Goldmine, yang dibintangi oleh Ewan 
McGregor dan Jonathan Rhys Meyers. Lagu terakhir milik Asheton “3 Stooges” muncul selama kredit dari film komedi 2012 The Three Stooges.


Asheton juga berakting, muncul dengan bintang The Texas Chain Saw Massacre Gunnar Hansen di Mosquito, yang dirilis pada 1995. Dia juga muncul di dua film lain: Frostbiter: Wrath of the Wendigo dan Legion of the Night.

Ron ditemukan tewas di atas tempat tidurnya oleh polisi di rumahnya di Ann Arbor, Michigan pada pagi hari 6 Januari 2009, dikarenakan terkena serangan jantung dua hari sebelumnya. Polisi dipanggil ke rumah Ron oleh asisten pribadinya, yang tidak dapat menghubunginya selama beberapa hari. Album milik Sonic Youth yang berjudul The Eternal didedikasikan untuknya.

Kontribusi Asheton lainnya adalah:

Asheton memainkan solo gitar tiga trek (ditulis sebagai “guitar duet” di catatan album) di rekaman 1981 milik Kvaran, Wrecked on Love.

Dia diberi kredit untuk membantu menulis lagu “Hit Them Again” di album Radios Appear (1977) oleh Radio Birdman, juga satu lagu yang dapat didengar di akhir film Mosquito. Beberapa lagu lain yang ditulis oleh Asheton yang direkam oleh grup “Wylde Rattts”, untuk musik asli dari film Velvet Goldmine, tapi hanya satu lagu yang ditampilkan di soundtrack (1988), juga yang lain di Beyond Cyperpunk, sebuah kompilasi CD (2001) yang dikumpulkan oleh Wayne Kramer (MC5).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...