Laman

Rabu, 20 Juli 2016

THOMAS GABRIEL FISCHER




Lahir pada 19 Juli 1963 di Zurich, Swiss, awalnya dikenal dengan nama panggung Tom G. Warrior, adalah musisi Swiss. Dia dianggap sebagai salah seorang pelopor gaya menyanyi death metal, yang menggunakan guttural growling. Dia memimpin grup Hellhammer dan Celtic Frost, dan saat ini adalah frontman dari band Triptykon.

Bersama dengan Bruce Day dan Steve Warrior, dia membentuk band seminal metal Hellhammer pada 1982. Pada akhir 1983, bassis dan penulis lagu Martin Eric Ain masuk Hellhammer dan lineup dari Fischer, Ain dan Day merekam sebuah EP, Apocalyptic Raids, juga serangkaian demo untuk label Jerman Noise Records sebelum dibubarkan pada Mei 1984. Fischer dan Ain bergabung sekali lagi dan membentuk Celtic Frost, sebuah trio avant-garde metal berpengaruh, pada Juni 1984.


Pada 1985, Fischer diminta untuk ikut memproduseri dan menyanyi pada demo pertama, berjudul Death Cult, oleh sesama grup Swiss Coroner. Fischer juga menulis lirik untuk lagu-lagu yang direkam. Dua anggota dari Coroner membentuk bagian dari kru Celtic Frost hingga 1986.

Pada 1987, banyak konflik dalam Celtic Frost membawa pada pembubaran dari band, tapi beberapa bulan kemudian, Tom membentuk kembali band dengan lineup yang seluruhnya baru. Rilisan 1988 milik band, Cold Lake, memantapkan perubahan drastic dalam musik Celtic Frost, tapi sangat mengecewakan sebagian besar penggemar. Tom sering menyatakan bahwa dia patut disalahkan untuk arah negatif dari musik Celtic Frost selama periode ini, karena dia juga teralihkan dengan masalah pribadi dan membiarkan anggota band lainnya melalukan apa yang mereka inginkan. Celtic Frost pada akhirnya bubar pada 1993.


Satu tahun setelah Celtic Frost bubar, Fischer membentuk proyek EBM/industrial rock Apollyon Sun.

Pada 2000, buku milik Fischer Are You Morbid?: Into the Pandemonium of Celtic Frost menerima banyak tanggapan yang bagus, termasuk dari Record Collector. "Intelligent, humble, questioning, insightful - the cultured side of extreme metal".

Pada suatu ketika pada 2001, Fischer dan Martin Eric Ain saling bertemu lagi dan mulai menulis musik, dengan tujuan menciptakan sebuah album Celtic Frost yang baru, gelap dan berat serupa dengan karya mereka pada To Mega Therion dan Into the Pandemonium. Album itu, berjudul Monotheist, akhirnya dirilis pada 2006.

Tom juga tampil dengan Probot, proyek kolaborasi milik Dave Grohl dengan beragam artis-artis metal, pada lagu "Big Sky" pada 2003.


Pada 2005, Tom memproduseri vokal (ditampilkan oleh Martin Eric Ain) dan trek gitar (Erol Unala) untuk sebuah versi “Gothicized” dari klasik milik Slayer “Black Magic” direkam oleh band gothrock asal Los Angeles Hatesex. Lagu ini muncul di album debut mereka berjudul “Unwant”.

Karena ‘konflik internal’ dalam Celtic Frost, Tom meninggalkan band pada 9 April 2008, dan meluncurkan sebuah band baru bernama Triptykon.


Pada 2008, dia memainkan gitar dan bass untuk lagu cover “Set the Controls for the Heart of the Sun” dari album milik 1349 (sebuah band black metal Norwegia) Revelations of the Black Flame dan juga ikut mencampur album itu. Pada 2009 dia ikut memproduseri album mereka Demonoir. Pada 2010, dia diberi anugerah di Metal Hammer Golden Gods Awards for Inspiration. Dia saat ini memainkan sebuah seri gitar Ibanez H.R. Giger Iceman. Dia juga menggunakan sebuah pedal Ibanez Tube Screamer overdrive. Fischer ada di peringkat No. 32 dari 100 Greatest Heavy Metal Guitarists of All Time oleh Guitar World.

Fischer adalah seorang vegetarian. Dia menyatakan bahwa dia tidak minum alkohol, merokok atau memakai obat bius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...