Laman

Sabtu, 30 Juli 2016

JOHN SYKES




Lahir pada 29 Juli 1959 di Reading, Berkshire, Inggris, dengan nama lengkap John James Sykes, adalah gitaris rock, vokalis, dan penulis lagu Inggris yang telah bermain dengan Streetfighter, Typers of Pan Tang, John Sloman's Badlands, Thin Lizzy, Whitesnake, dan Blue Murder. Sykes ikut menulis mayoritas lagu-lagu dari album self-title 1987 milik Whitesnake dengan David Coverdale. Sykes juga seorang artis solo yang sukses.


Sykes bergabung dengan Tygers of Pan Tang pada 1980, dan bermain gitar di album Spellbound (1981) dan Crazy Nights (1982), juga berpartisipasi pada dua lagu untuk rilisan 1983 mereka, The Cage.


Pada 1982, John Sykes direkrut oleh mantan frontman Uriah Heep John Sloman, untuk band barunya Badlands, bersama dengan rekan band Whitesnake masa depan Neil Murray. Namun ini adalah band singkat, saat Badlands bubar tidak lama setelah dibentuk. Tidak ada musik yang dirilis secara resmi, walaupun ada bootleg dan latihan. Sykes juga ikut audisi, tidak berhasil, dengan band Ozzy Osbourne menyusul kematian Randy Rhoads. Sykes juga diaudisi untuk band baru Ronnie James Dio, Dio, untuk merekam album Holy Diver pada 1983 tapi tidak berhasil, saat Dio malahan memilih gitaris Sweet Savage, Vivian Campbell.

Pada usia 23 tahun, Sykes diminta oleh Phil Lynott untuk masuk Thin Lizzy, mengisi tempat yang ditinggalkan oleh gitaris sebelumnya Snowy White. Dia berpartisipasi dalam rekaman dari album studio terakhir milik band Thunder and Lightning, dan berkontribusi pada lagu “Cold Sweat”.


Sykes melakukan tur dengan band hingga musim semi 1983 untuk mempromosikan Thunder and Lightning, dimana album live, Life direkam. Setelah tur itu, Thin Lizzy dibubarkan.
Sykes bergabung dengan Phil Lynott untuk tur solo Lynott di Eropa dalam sebuah band dengan nama The Three Musketeers yang menampilkan Lynott, Brian Downey, Scott Gorham, Darren Wharton dan, dan Sykes.

David Coverdale mempekerjakan Sykes untuk bergabung dengan Whitesnake menyusul perilisan dari Slide It In pada 1984. Dia merekam ulang beberapa trek gitar untuk rilisan AS, dan melakukan tur untuk mendukung album, puncaknya dengan festival Rock in Rio 1985.


Sykes ikut menulis mayoritas lagu-lagu dalam album self-title 1987 milik Whitesnake dengan David Coverdale, dan merekam gitar juga beberapa trek vokal latar. Mendekati akhir sesi 1987 Coverdale memecat semua anggota band (terutama karena pertikaian pribadi dan masalah ego) dan membawa Adrian Vandenberg untuk merekam solo pada “Here I Go Again”.


Ini adalah album paling sukses milik Whitesnake, mencapai No. 2 di Billboard 200 dan terjual lebih dari delapan juta di AS saja. Album ini berisi single hit “Still of the Night”, “Is This Love”, “Give Me All Your Love”, dan “Here I Go Again” (yang terakhir bukan komposis milik Sykes).

Setelah Coverdale memecat band era 1987, Sykes membentuk Blue Murder dengan drummer Vanilla Fudge Carmine Appice dan bassis The Firm Tony Franklin.

Setelah semua demo direkam dengan Ray Gillen pada vokal, eksekutif A&R John Kalodner mendorong Sykes untuk menangani masalah vokal sendiri.


Album debut self-title mereka adalah sebuah kesuksesan menengah, tapi album berikutnya Nothin’ but Trouble pada 1993 tidak berjalan dengan baik. Setelah dua album studio dan sebuah rekaman live, Blue Murder dibubarkan dan Sykes mulai melakukan rekaman dan tur dibawah namanya sendiri.

Bertahun-tahun setelah Blue Murder, Sykes melakukan rekaman beberapa album solo: Out of My Tree (1995), Loveland (1997), 20th Century (1997) dan Nuclear Cowboy (2000). Sebuah lagu dari 20th Century, “Cautionary Warning”, digunakan di seri anime Black Heaven. Cuplikan yang menyertai lagu ini adalah tampilan dari salah satu konser milik Sykes. Keterlibatan Sykes dalam seri itu adalah sebuah tampilan dari pemasaran Pioneer USA.

Pada 2004, album live Bad Bod Live! dirilis, mencakup sejumlah “greatest hits” dari Thin Lizzy, Whitesnake, Blue Murder, dan karya solonya.

Sykes membuat pemunculan tamu yang langka di album debut Hughes Turner Project pada lagu “Heaven’s Missing an Angel”, dan kemudian di album solo 2004 milik kibordis Derek Sherinian “Mythology”, bermain bersama Zakk Wyldr pada lagu “God of War”.

Pada 1996, dia membentuk kembali Thin Lizzy dengan Scott Gorham, Brian Downey, dan Darren Wharton. Sykes, juga mengambil peran gitaris utama, menangani vokal utama karena kematian dari Phil Lynott tahun sebelumnya.


Melakukan tur sesekali dengan Thin Lizzy, sebuah rekaman live One Night Only dirilis pada 2000.

Pada 7 Juli 2009, Sykes mengumumkan bahwa dia berpisah dengan Thin Lizzy, menyatakan bahwa “saya rasa ini saatnya untuk kembali memainkan musik saya sendiri”.

Pada 7 Mei 2011 episode dari That Metal Show, saat ditanya tentang reuni Blue Murder, Carmine Appice berkata mereka “berbicara”. Tidak ada rincian lebih jauh yang diberikan. Pada 26 Juli, selama pengambilan gambar dari “That Metal Show,” Sykes mengumumkan bahwa dia sedang membentuk sebuah band baru dengan drummer Mike Portnoy.

Pada 24 Januari 2012, Eddie Trunk mengkonfirmasi bahwa proyek Sykes/Portnoy dibatalkan, mengatakan “Saat saya pertama berbicara tentang Portnoy dan Sykes bekerja sama saya bercanda dengan mereka bahwa saya belum pernah bertemu dua orang dengan etos kerja yang berbeda. Mike ingin mengerjakan semuanya kemarin dan John sangat menggunakan waktunya dan lebih konservatif. Kebenaran itu adalah satu-satunya alasan apa yang bisa membuat band hebat dibubarkan. Secara jelas band adalah seperti hubungan lainnya, sebagian cocok, sebagian tidak. Ini adalaj kasus sederhana dari dua orang yang berbeda tidak hanya harus saling mengetahui secera musikal tapi juga secara pribadi, dan jadwal dan waktu untuk menghasilkan karya ini berantakan. Mike dan pemain bass band, Billy Sheehan, siap untuk berkarya, dan John tidak di waktu yang sama.”. Hari berikutnya, Richie Kotzen diumumkan untuk menggantikan Sykes. Pada 29 Januari, John menulis di situsnya: “Proyek yang saya kerjakan bersama Mike Portnoy tidak berhasil, dan saya berharap padanya yang tebaik untuk masa depan. Saya meneruskan untuk mengerjakan album baru saya, dan saya memandang ke depan untuj menghasilan musik baru yang hebat pada 2012.”

Pada Februari 2013, JohnSykes.com mengumumkan bahwa dia sedang mengerjakan album solo kelimanya, dan sudah menulis lebih dari 30 lagu baru. Judul album dan lagu saat masih disimpan. Sample lagu baru dirilis pada akhir 2014.

Sykes menikah dengan Jennifer Brooks selama lebih dari 16 tahun. Bersama mereka mempunyai 3 orang putra, dan seorang putra dari pernikahan Jennifer sebelumnya dengan bassis Rainbow, Craig Gruber. Mereka bercerai pada 1999.

1 komentar:

  1. Gara-gara denger raungan gitar still of the night, John Sykes menjadi salah satu gitaris favorit ku.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...