Laman

Kamis, 21 Juli 2016

PAUL COOK




Lahir dengan nama Paul Thomas Cook pada 20 Juli 1956 di Hammersmith, London, Inggris, adalah seorang dramer Inggris dan anggota dari band punk rock Sex Pistols.

Paul tumbuh di Hammersmith dan bersekolah di Christopher Wren School, kini Phoenix High School, London di White City Estate, Shepherd Bush, dimana dia bertemu dengan Steve Jones. Pada 1972-1973, Cook dan Jones, bersama dengan teman sekolah mereka Wally Nightingale, membentuk sebuah band, The Strand. Paul Cook pertama bertemu Steve Jones di Christopher Wren Secondary School di Shepherds Bush. Keduanya menjadi teman baik dan saat keluar dari sekolah pada 1972 memutuskan untuk membentuk sebuah band dengan Wally Nightingale. Dalam waktu tiga tahun The Strand berubah menjadi the Sex Pistols.


Setelah the Sex Pistols mendadak bubar setekah konser terakhir mereka di San Fransisco pada 14 Januari 1978, Cook dan Jones awalnya mengerjakan soundtrack untuk film milik Julien Temple, The Great Rock ‘n’ Roll Swindle. Keduanya juga merekam beberapa lagu yang menggunakan nama Sex Pistols, Cook menyanyikan vokal utama pada versi album dari lagu “Silly Thing”. Keduanya kemudian memulai sebuah baru, The Professional, dengan Andy Allan. Allan menyebabkan beberapa masalah huku; dia bermain bass di “Silly Thing” dan beberapa rekaman Thee Professionals awal, tapi tidak memiliki kontrak rekaman dan tidak diberi kredit atau dibayar. Kemudian, album kompilasi Virgin Records Cash Cows, yang menampilkan lagu The Professionals “Kick Down the Doors”, ditarik. Cook dan Jones bermain bersama di album solo milik Johnny Tgunders, So Alone.

Mereka merilis empat single, merekam sebuah LP self-title yang disimpan hingga 1990, dan merilis I Didn’t See It Coming pada November 1981. Tur Amerika milik band untuk mempromosikan album diperingkat saat anggota band Cook, Paul Myers, dan Ray McVeigh mengalami cedera dalam sebuah kecelakaan mobil. Saat The Professionals kembali ke Amerika pada musim semi 1982 setelah pulih, masalah narkoba Jones dan Myers makin menghalangi prospek band. Mereka menolak sebuah tempat sebagai band pembuka pada tur untuk The Clash, dan bubar.

Pada awal 1980an, Cook, bersama dengan Jones, menemukan girl-group new wave Inggris Bananarama. Cook membantu trio itu merekam single debut mereka, “Aie a Mwana”, dan bertindak sebagai produser pada album debut 1982 mereka Deep Sea Skiving.

Pada akhir 1980an, Cook muncul dengan grup Chiefs of Relief dengan mantan gitaris Bow Wow Wow Matthew Ashman, dan, setelah sebuah periode keluar dari industri musik, bermain dengan Phil Collen pada 1990an. Dia melakukan reuni dengan the Sex Pistols yang tersisa pada 1996 untuk tur dunia Filthy Lucre.

The Sex Pistols, termasuk Paul Cook, memainkan sebuah gig untuk ulang tahun ke 30 dari Nevere Mind The Bollocks di Brixton Academy pada 8 November 2007. Karena banyaknya permintaan, dua pertunjukan lagi diumumkan pada 9 dan 10 Nopember, dan empat jadwal lagi ditambahkan.

Pada 2008, the Sex Pistols muncul di the Isle of Wight Festival sebagai penampil utama pada sabtu malam, the Peace and Love Festival di Swedia, the Live di Loch Lomond Festival di Skotlandia, dan the Summerrcase Festival di Madrid.


Cook bermain drum dengan Man-Raze, yang juga menampilkan Phil Collen dari Def Leppard dan teman mereka Simon Laffy yang biasanya bermain di band pre-Leppard milik Collen, Girl. Mereka merilis sebuah album debut Surreal pada 2008, dan tur menempuh Inggris pada akhir 2009.

Pada 2011, Cook bergabung dengan Vic Godard dan Subway Sect, dan memperbarui kolaborasinya dengan Paul Myers dari The Professionals. Cook sudah bekerja dengan Godard, selama dua dekade yang lalu. Mereka melakukan tur selama 2012 dan, pada Maret 2012, merekam 1978 Now dengan Edwyn Collins.

Dalam perayaan dari perilisan album 3 CD (The Commplete Professionals) oleh Universal Music Group pada 16 Oktober 2015, Cook, dengan Tom Spencer mengisi tempat Steve Jones, melakukan reuni dengan The Professionals untuk sebuah konser di the 100 Club. Pada Januari 2016, band mengumumkan tiga pertunjukan untuk 17 hingga 19 Maret. Sebuah penampilan utama gabungan yang menampilkan Rich Kids juga diumumkan di O2 Shepherds Bush Empire London untuk 16 Mei. Pertunjukan itu dijadwalkan ulang untuk 23 Juni karena pekerjaan structural yang sedang berlangsung di gedung itu.

Saat ini Paul tinggal di Hammersmith dengan istrinya, Jeni Cook, mantan anggota Culture Club, dan putri mereka, Hollie Cook. Paul bekerja sebagai musisi sesi untuk Edwyn Collins. Dia juga bermain sepak bola untuk Hollywood United.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...