Laman

Rabu, 13 Juli 2016

MARK "BARNEY" GREENWAY




Lahir pada 13 Juli 1969 di Great Barr, Birmingham, Inggris, adalah seorang vokalis extreme metal Inggris, yang merupakan anggota dari Napalm Death, Extreme Noise Terror, dan Benediction.

Greenway memulai karirnya sebagai seorang ‘growler’ dengan band death metal asal Birmingham, Benediction. Dengan band ini Greenway merekam demo The Dreams You Dread pada 1989. Setelah merilis album penuh Subconscious Terror pada 990, dia meninggalkan Benediction untuk bergabung dengan Napalm Death. Vokalnya juga masih bisa didengar di album Dark Is The Season rilisan 1992 pada trek “Forged In Fire”.

Greenway menggantikan Lee Dorian di Napalm Death dan segera merekam album Harmony Corruption yang mendapatkan sambutan bagus dari para penggemar extreme metal. Setelah merilis album Inside the Torn Apart pada 3 Juni 1997 dia meninggalkan Napalm Death untuk bergabung dengan Extreme Noise Terror untuk menggantikan frontman Phil Vane dan merilis album Damage 381 pada 29 Juli 1997. Setelah album itu dia meninggalkan Extreme Noise Terror untuk bergabung kembali dengan Napalm Death hingga kini. Selama ketidakhadriannya di Napalm Death, frontman diambil alih oleh Phil Vane (Extreme Noise Terror).

Selain dengan Napalm Death, Greenway juga menjadi vokalis tamu atau ‘growler’ latar di sejumlah band metal lainnya seperti Cerebral Fix (Death Erotica), The Haunted (Revolver), Kill II This (Deviate), Volbeat (Beyond Hell/Above Heaven) dan lainnya.

Barney menyatakan bahwa nama julukan "Barney" berasal dari saat dia sering minum alkohol. Dia mengatakan pada saat dia mabuk dia akan pergi kemana saja, dia akan merusak segalanya. Dari kebiasaan ini, dia dipanggil "Rubble" (puing), yang berubah menjadi "Barney Rubble" (puing lumbung) dan kemudian hanya "Barney".



Dia adalah seorang penggemar progressive metal. Dia bergabung dengan Dream Theater di panggung di Ronnie Scott's Jazz Club dan menjadi vokalis pada lagu "Damage, Inc." milik Metallica. Dia mengulas band-band progressive metal dan album-album mereka untuk majalah rock Inggris Kerrang! walau kini sudah berhenti.



Dia adalah suporter Aston Villa F.C.. Dia suporter PETA dan telah menjadi vegetarian sejak berusia 14 tahun. Barney dikenal untuk aksen Birmingham-nya yang kuat yang tidak pernah berubah dan dia secara bangga mempertahankannya, dan gaya vokal gruff-nya yang berbeda yang dirasakan oleh banyak orang identik dengan Napalm Death. Greenway adalah seorang ateis.
 
Mark 'Barney' Greenway angkat bicara terkait vonis hukuman mati terhadap terpidana kasus narkotika dari Inggris, Lindsay Sandiford. Ia pun telah mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang pernah mengaku sebagai penggemar band metal asal Kota Birmingham, Inggris, tersebut.

Namun Greenway harus gigit jari, pasalnya dalam kunjungannya di Entikong Kalimantan Barat, Presiden Joko Widodo kembali menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak akan memberikan pengampunan (grasi) kepada terpidana mati kasus narkotika. Sikap tegas Presiden Joko Widodo dipicu dari kondisi bangsa Indonesia yang berada dalam kondisi darurat narkoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...