Laman

Rabu, 13 Juli 2016

DAMON JOHNSON




Lahir dengan nama Damon Rogers Johnson pada 13 Juli 1964 di Macon, Georgia, AS, adalah seorang gitaris, vokalis, dan penulis lagu, yang saat ini adalah anggota dari band Thin Lizzy dan Black Star Riders. Pada 1990-an dia ikut membentuk band Brother Cane, dan kemudian bergabung dengan band Alice Cooper sebagai gitaris utama. Dia juga menjadi gitaris utama dan vokalis untuk grup musik country Whiskey Falls. Dia telah merilis 2 album solo dan secara rutin tampil sebagai artis solo. Lagu-lagunya telah direkam oleh banyak artis seperti Stevie Nicks dan Carlos Santana.

Damon tinggal di Monroeville, Alabama selama masa sekolahnya. Di sanalah dia menjadi tertarik dengan gitar dan membentuk band garasi pertamanya dengan teman-temannya, Pat Buskill, Mac Baker, Allen Nettles dan Troy Dobbins. Dia kemudian pindah dengan keluarganya ke Geraldine, Alabama dimana dia lulus dari SMU, dimana dia bermain di berbagai band di wilayah Alabama. Dia bermain dengan band milik Pat Upton Headline dengan penonton besar di bar milik Upton, P.J.’s Alley di Guntersville, untuk tiga tahun.

Sebuah tawaran untuk bergabung dengan Split the Dark, sebuah band yang dipimpin oleh para mantan anggota band power-pop Hotel, membuat Damon pindah ke Birmingham, Alabama pada 1987. Split the Dark merupakan band terkenal di klub-klub wilayah Southeast, dan memenangkan kompetisi "Basement Tapes" oleh MTV pada 1986 tapi gagal mendapatkan kontrak rekaman. Dia kemudian mendapatkan rasa pertama sebagai "band yang mendapatkan kontrak rekaman" sebagai gitaris band asal Atlanta, Georgia, bernama Witness pada 1988, dan dengan band asal Memphis, Tennessee, Delta Rebels, pada 1989. Selama masa ini dia juga tampil dengan band Chinatown (dengan Eric Dover) dan Chyld. Bersama Chyld Damon mendapat perhatian dari A&R Virgin Records. Setelah mendapatkan kesepakatan di bulan Nopember 1990, pihak label mendorong Damon untuk mengambil alih peran vokalis utama, dan mengganti nama band menjadi Brother Cane. 


Bersama Brother Cane, Damon mendapatkan perhatian dari khalayak. Band ini merilis 3 album di Virgin Records (debut self-title yang terjual 250.000 buah, Seeds dan Wishpool) yang menghasilkan single #1 di radio rock (“Got No Shame”, “And Fools Shine On”, dan “I Lie in the Bed I Make”). “And Fools Shine On” juga tampil di film horror Halloween: The Curse of Michael Myers. Brother Cane melakukan tur secara luas sebagai penampil utama dan juga sebagai band pendukung pada tur-tur oleh Van Halen, Aerosmith, Robert Plant, Lynyrd Skynyrd, dan Candlebox. Setelah apa yang dianggap Virgin Records sebagai hasil yang tidak memuaskan untuk penjualan rekaman, band dilepas dari kontrak mereka, dan akhirnya bubar pada 1998.

Pada 2005, Brother Cane melakukan reuni untuk menampilkan dua pertunjukan. Sebuah DVD live juga dikerjakan.

Tidak lama sebelum Brother Cane bubar, Damon berkontribusi sebagai penulis lagu dan gitaris di album Marching To Mars milik Sammy Hagar pada 1997. Dia kemudian merekam sebuyah album solo akustik, sebagian besar berisi komposisi miliknya, (Dust – dirilis pada 2000). Dia juga merilis album dengan dua proyek sampingan yang berbeda (Slave to the System pada 2001 dan Red Halo pada 2003) dan memainkan gitar di single besar “Cry” milik Faith Hill pada 2002.


Johnson secara singkat bergabung dengan band Damn Yankees dengan Jack Blades, Tommy Shaw, dan Ted Nugent, dan merekam sebuah album yang tidak pernah dirilis. Dia juga tampil sebagai gitaris utama untuk vokalis rock legendaris John Waite selama 2001-2003. Pada 2006, Johnson bergabung dengan band coutry rock Whiskey Falls. Pada 2009, Johnson dikonfirmasi sebagai kolaborator/penampil untuk album studio ke 10 Queensryche, American Soldier.


Johnson ikut menulis lagu “Every Day” untuk vokalis Fleetwood Mac Stevie Nicks, yang dirilis sebagai single pertama dari album solonya, Trouble in Shangri-La pada 2001. Dia juga ikut menulis lagu Carlos Santana “Just Feel Better” dengan Jamie Houston dan Buck Johnson, yang menampilkan Steven Tyler dari Aerosmith. Pada 2010, Johnson merekam versi miliknya dari kedua lagu itu, yang ditampilkan di album solo akustik keduanya, Release, yang juga menampilkan duet dengan putrinya Sarah Marlo Johnson juga penampilan tamu oleh Alice Cooper pada vokal dan harmonica.

Damon direkrut oleh Alice Cooper pada 2004. Dia ikut menulis lagu dan rekaman untuk Alice Cooper pada album Dirty Diamonds dan melakukan tur dengan band dari 2004 hingga 2007, dan keluar untuk komitmen bandnya sendiri, Whiskey Falls. Damon kembali ke Alice Cooper pada musim panas 2009, dan tampil di DVD konser live 2010 milik Cooper, Theatre of Death – Live at Hammersmith. Johnson mengerjakan tur kelimanya dengan Alice Cooper pada 2001, dan meninggalkan band pada September 2011 untuk menjadi anggota penuh Thin Lizzy. Cooper juga dianggap membantu kegemaran Johnson akan golf, saat keduanya memainkan ratusan ronde di tahun-tahun tur dunia mereka bersama.


Pada 2011, saat bermain dengan Alice Cooper, Johnson menerima panggilan dari gitaris Thin Lizzy Scott Gorham, mengundangnya untuk menggantikan gitaris sementara Richard Fortus dalam band. Johnson sudah menjadi penggemar band sejak melihat mereka manggung pada 1979, dan sudah merekam versi dari lagu Thin Lizzy “Borderline” di album solo pertamanya, Dust, pada 2000. Dengan restu Cooper, Johnson menerima tawaran itu dan melakukan tur dunia dengan Thin Lizzy hingga awal 2013. Lineup ini juga menampilkan drummer asli Brian Downey dan kibordis Darren Wharton. Johnson selalu terpengaruh oleh band: “Thin Lizzy sudah memberi warna karir saya secara musikal dan di setiap aspek – sebagai seorang penampil, sebagai seorang gitaris, sebagai seorang penulis lagu.” Gorham sangat suka dengan pilihan Johnson: “Semua orang mencintai dia sampai mati. Ini seperti sebuah keluarga bahagia yang besar yang bepergian keliling dunia lagi.”

Pada 2012, Thin Lizzy mengerjakan materi rekaman baru, tapi para anggota band merasa ragu tentanf merekam lagu baru dibawah nama Thin Lizzy tanpa frontman asli band Phil Lizzy. Johnson kemudian mengatakan, jika dia tidak dalam band, dia tidak akan bahagia untuk meilhat rekaman baru yang dirilis tanpa Lynott. Maka grup memutuskan untuk melakukan rekaman dibawah nama yang berbeda dan mengistirahatkan Thin Lizzy.


Pada Desember 2012, Damon ikut mendirikan band spin-off Thin Lizzy, Black Star Riders, yang merilis album pertamanya All Hell Breaks Loose pada Mei 2013. Johnson membangun rekanan penulisan lagu dengan frontman Ricky Warwick dan keduanya menulis bersama semua lagu dalam album: “Saya bergabung dengan Thin Lizzy karena saya ingin memainkan lagu-lagu hebat itu dengan Scott Gorham dan Brian Downey. Tapi biar saya jelaskan hal ini – Saya ada dalam Black Star Riders karena Ricky Warwick.”


Setelah melakukan tur menempuh Eropa, AS dan Jepang selama 2013 dan paruh pertama 2014, Black Star Riders merekam album kedua mereka, The Killer Instinct, dirilis pada Februari 2015, mencapai No. 13 di UK. Johnson mengatakan: “Hari-hari saya kembali ke Alice Cooper atau sebuah album Slave to the System sudah berlalu. Ini adalah band terbaik dimana saya berada. Kami membakar semua silinder.”

Setelah bertahun-tahun menampilkan pertunjukan solo akustik di AS bersama komitmennya yang lain, Johnson memainkan pertunjukan solo pertamanya di UK, di The Iron Road di Evesham pada 14 Oktober 2014. Pada Nopember 2014, dia melakukan debut trio hard rock miliknya yang menampilkan bassis Tony Nagy dan mantan drummer Whiskey Falls Jarred Pope, dan menampilkan beberapa pertunjukan di AS selama April 2015. Kemudian bulan itu dia muncul sebagai seorang tamu di That Metal Show bersama Kirk Hammett dan Michael Schenker.

Selama Mei dan Juni 2015, Johnson menampilkan sebuah tur akustik di UK dengan Ricky Warwick. Pada Agustus dia menampilkan beberapa pertunjukan di AS dengan The Dead Daisies mendukung Whitesnake, untuk sementara mengisi tempat gitaris David Lowy bersama pendahulunya di Thin Lizzy Richard Fortus dan mantan bassis Thin Lizzy dan Black Star Ruders Marco Mendoza. Johnson menampilkan pertunjukan akustik UK lagi dengan Ricky Warwick selama September, dan melakukan tur selama Nopember dan Desember dengan Black Star Riders, termasuk pertunjukan UK mendukung Whitesnake dan Def Leppard.

Rilisan solo terbaru milik Johnson, sebuah EP solo lima lagu “Echo”, dirilis pada 18 Maret 2016. Rekaman dan mixing oleh produser The Killer Instinct Nick Raskulinecz. “Echo” mempersembahkan rilisan solo listrik penuh penuh milik Johnson setelah album berdasarkan akustik Dust dan Release.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...