Laman

Kamis, 28 Juli 2016

KEIKO TERADA




Lahir pada 27 Juli 1963 di Funabashi, Chiba Prefecture, Jepang. Ciri khas Terada selama bertahun-tahun adalah sebuah tato mawar tiruan yang dia pakai di atas dada kanannya. Dia terinspirasi oleh film milik Bette Midler, The Rose, dimana Midler memainkan sebuah karakter mirip Janis Joplin.

Terada mulai menyanyi secara profesional pada 1981 dan mendirikan band Show-Ya pada 1982, dengan pemain kibord Miki Nakamura. Band menikmati popularitas pada akhir 198oan di Jepang dan berupaya memasuki pasar internasional tanpa kesuksesan. Pada 1988 bersama dengan penyanyi dari band heavy metal Jepang Earthshaker Masafumi “Marcy” Nishida, dia merilis lagu untuk anime Sonic Soldier Borgman dibawah nama HIPS. Terada meninggalkan Show-Ya untuk menjalani karir solo pada 1991.


Lagu “Paradise Wind”, diambil dari album pertamanya Body & Soul, dipilih sebagai tema resmi untuk siaran TV Jepang NHK dari Barcelona Olympic Games. Lagu lain dari album solonya sudah digunakan sebagai tema TV atau untuk radio dan iklan TV.

Pada 1994 Terada bergabung dengan pemeran dari acara Classic Rock jam dan dia sudah tanpil setiap tahun, mengunjungi banyak kota di Jepang hingga 2009. Pada 1995 dia ada di panggung untuk acara amal ‘Rock on Kobe’ setelah gempa bumu Great Hanshin. Tahun berikutnya Terada bekerja dengan mantan gitaris Red Warriors, Shake di proyeknya Psychodelicious dan merilis lagu “Thank You, Love”, tema terakhir untuk anime You’re Under Arrest!.

Pada 1998 dia menyanyi di album penghormatan Cozy Powell Forever yang diproduseri oleh drummer Loudness Munetaka Higuchi dan bekerja lagi dengan Higuchi untuk proyeknya SuperRock Summit pada 1999. Pada 1998, Terada membentuk the ‘All Japan Women’s Pro Band’ dengan mantan rekan bandnya di Show-Ya Miki ‘Sun-Go’ Igarashi (gitar), dengan para mantan anggota Princess Princess Atsuko Watanabe (bass) dan Kyoko Tomita (drum) dan dengan Rie Chikaraishi (kibord), yang tampil live dan untuk acara TV selama 2 tahun. Tahun yang sama dia memulai sebuah siaran radio berjudul ‘Spirit of Rock’ dan masih menjadi pembawa acara radio rutin untuk NHK.

Pada 2002 dia menyanyi dengan band Rider Chips lagu tema untuk acara TV Kamen Rider Ryuki. Dia juga menyanyikan lagu tema untuk anime Area 88 pada 2004. Terada terus tampil sendiri hingga 2005, saat Show-Ya terbentuk kembali dengan lineup asli dan menjadi penyanyi utama band sejak itu, merilis sebuah album studio baru pada 2012.


Pada 2008 Terada membentuk sebuah band parallel bernama Nishidera Minori, dengan penyanyi Loudness Minoru Niihara dan Masafumi Nishida. Band baru ini merilis sebuah album dan mengadakan festival HARD NA YAON 2009 di Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...