Laman

Rabu, 20 Juli 2016

ALLEN COLLINS




Lahir pada 19 Juli 1952 di Jacksonville, Florida, dengan nama lengkap Larkin Allen Collins Jr. adalah salah seorang anggota pendiri dan gitaris dari band Southern rock Lynyrd Skynyrd, dan ikut menulis sebagian lagu milik band dengan frontman Ronnie Van Zant.

Allen mulai bermain gitar pada usia 12 tahun, dengan beberapa peljaran dari ibu tirinya, Leila Collins, seorang gitaris musik country dan western, dan memperoleh gitar dan amplifier pertamanya dari sang ayah, Larkin. Collins juga belajar di Nathan B. Forrest High School. Pada 1970, Allen menikah dengan Kathy Johns. Semuah rekan bandnya hadir di pesta pernikahannya, tapi Kathy khawatir bahwa penampilan rambut panjang dari band akan mengganggu orangtuanya. Untuk memecahkan masalah ini diminta semua anggota band untuk menutup citra rock and roll mereka dengan wig di acara pernikahan. Resepsi pernikahan itu adalah salah satu penampilan umum pertama dari “Freebird” lengkap dengan permain gitar panjang ciri khas mereka hingga selesai. Keluarga Allen bertambah dengan kelahiran putrinya Amie, diikuti dengan cepat oleh Allison.


Allen bergabung dengan Skynyrd di Jacksonville, Florida hanya dua minggu setelah Ronnie Vam Zant dan Gary Rossington, bersama dengan Bob Burns dan Larry Junstorm. Maka lahirlah Lynyrd Skynyrd di musim panas 1964. Allen dan penyanyi utama Ronnie Van Zant menulis bersama banyak hit terbesar Skynyrd, termasuk “Free Bird”, “Gimme Three Steps”, dan “That Smell”. Band mendapatkan kesuksesan nasional dimulai pada 1973 saat membuka untuk The Who pada tur Quadrophenia mereka. Pada 20 Oktober 1977 kecelakaan pesawat terbang menimpa Skynyrd di sebuah hutan di Mississippi yang menewaskan 3 orang anggota band, termasuk Van Zant. Allen menderita cedera serius dalam kecelakaan itu, menderita patah tulang belakang leher dan kerusakan pada tangan kanannya. Para dokter menyarankna amputasi, sang ayah menolak dan akhirnya Allen dapat pulih lagi secara penuh.


Selama awal 1980-am, Allen tetap tampil di panggung dengan The Rossington-Collins Band yang menikmati kesuksesan komersil, merilis 2 album (Anytime, Anyplace, Anywhere, dan This Is The Way), dan menempatkan beberapa single di chart (terutama “Don’t Misunderstand Me”). Tragedi menimpa lagi saat The Rossington-Collins Band baru terkenal. Pada 1980, selama hari pertama dari tur konser debut, istri Allen, Kathy, mendadak meninggal karena hemorrhage. Ini memaksa pembatalan tur. Dengan akibat yang berlanjut dari kehilangan teman-temannya dalam kecelakaan pesawat, kematian Kathy membuat Allen menderita. The Rossington-Collins Band bubar pada 1982. Allen terus memainkan musik, memulai the Allen Collins Band, yang merilis 1 album, Here, There & Back pada 1983. Enam anggota adalah kibordis Skynyrd Billy Powell dan bassis Leon Wilkeson, bersama dengan penyanyi utama Jimmy Dougherty, drummer Derek Hess, dan gitaris Barry Lee Harwood dan Randall Hall. Pada 1984, Collins mencoba untuk membangkitkan kembali band, memperkerjakan gitaris Jacksonville Mike Owings dan bassis Andy Ward King. Kemudian anggota menyertakan gitaris-vokalis Michael Ray FitzGerald dan bassis “Filthy Phil” Price. Namun, Collins menabrakkan kendaraannya ke dalam sebuah selokan, menewaskan pacarnya dan melumpuhkan dirinya.


Pada 1987 Collins dan manajer-ayahnya memutuskan untuk membentuk kembali Lynyrd Skynyrd dan mulai merekrut para mantan anggota Lynyrd Skynyrd.

Pada 29 Januari 1986, Collins terlibat dalam sebuah kecelakaan mobil, menghilangkan nyawa pacarnya dan membuat gitaris ini lumpuh dari pinggang kebawah, dengan penggunaan terbatas dari lengan dan tangannya. Collins menolak disebut dengan tuduhan pembunuhan juga mengemudi dibawah pengaruh alkohol. Dia tidak pernah bermain gitar di panggung lagi.

Penampilan terakhir Collins dengan Lynyrd Skynyrd adalah di reuni pertama band (setelah kecelakaan pesawat) pada the 1979 Volunteer Jam V di Nashville, Tennessee. Semua anggota yang tersisa dari Lynyrd Skynyrd melakukan reuni secara resmi pada 1987, tapi karena cederanya, Collins hanya bertindak sebagai penata musik. Sebagai bagian dari penyesalannya untuk kecelakaan 1986, Collins mengatakan pada para penggemar di setiap konser Lynyrd dengan penjelasan mengapa tidak bisa tampil, menyatakan bahaya akan mabuk sambil mengemudi, juga narkoba dan alkohol. Juga karena kecelakaan Collins, band menyumbangkan jumlah besar dari hasil konser dari tur 1987-1988 untuk Miami Project, yang terlibat dalam pemulihan kelumpuhan. Collins mendirikan Roll For Rock Wheelchair Events dan Benefit Concerts pada 1988 untuk meningkatkan kepedulian dan menciptakan kesempatan untuk mereka yang hidup dengan cedera parah dan kekurangan fisik lainnya.

Allen Collins meninggal pada 23 Januari 1990 karena pneumonia kronis; dia dikuburkan disamping makam istrinya di Jacksonville, Florida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...