Laman

Minggu, 31 Juli 2016

BILL BERRY




Lahir pada 31 Juli 1958 di Duluth, Minnesota, AS dengan nama lengkap William Thomas Berry. Dia merupakan anak kelima dari pasangan Don dan Anna Berry. Pada usia 3 tahun, Berry bersama keluarganya pindah ke Wauwatosa, Wisconsin, sebuah kota satelit Milwaukee, dimana mereka bertahan selama 7 tahun. Pada 1968, mereka pindah lagi, ke Sandusky, Ohio.


Pada 1972, keluarga Berry pindah untuk terakhir kalinya, ke Macon, Georgia, waktu untuk Berry mulai bersekolah di SMU di Mount de Sales Academy. Disanalah dia bertemu bassis Mike Mills, dan mereka bermain bersama di beberapa band. Usaha pertama mereka dalam karir musik adalah tampil secara singkat. Dia dan Mills memutuskan untuk mencari uang dengan bekerja harian. Mereka menyewa sebuah apartemen di Arlington Place di Macon dan Bill memperoleh pekerjaan di agen buku Paragon yang dekat.

Berry dan Mills pindah ke Athens, Georgia pada 1978, dimana mereka bertemu dengan Michael Stipe dan Peter Buck. Sebelum keluar sekolah di belajar pre-law di University of Georgia.

R.E.M. dibentuk pada 1980. Selain tugasnya sebagai drummer, Berry sesekali berkontribusi gitar, bass, mandolin, vokal, kibord dan piano di lagu-lagu studio. Dalam konser, dia terkadang tampil pada bass dan mengisi vokal latar rutin. Berry juga membuat kontribusi penulisan lagu yang menonjol, terutama untuk “Everybody Hurts” dan “Man on the Moon”, keduanya dari Automatic for the People. Lagu Berry lainnya termasuk “Perfect Circle”, “Driver 8”, “Can’t Get There from Here” dan “I Took Your Name”. Lagu “Leave” juga ditulis oleh Berry untuk album 1996 R.E.M. New Adventures in Hi-Fi, yang merupakan album terakhirnya dengan band.


Berry juga bertanggung jawab untuk melunakkan lirik dari lagu “Welcome to the Occupation.” Lirik asli milik Stype adalah “Hang your freedom fighters” dimana, memberi dukungan aktif administrasi Reagan untuk kontra “freedom fighters” di Nicaragua, berbunyi sangat keras dan militant, walaupun Stipe sendiri menyangkal bahwa baris itu dapat diartikan berbagai cara (“hang” sebagai “lynch” atau “frame on the wall”). Keberatan Berry akhirnya membuat baris itu diubah menjadi “hang your freedom higher”.

Selama 1984 Berry juga drummer untuk Hindu Love Gods, yang menampilkan rekan bandnya di R.E.M. Mike Mills, Peter Buck, dan rocker Warren Zevon, dan juga Bryan Cook.

Pada 1 Maret 1995, di Patinoire Auditorium di Lausanne, Swiss, Berry pingsan di panggung selama sebuah pertunjukan R.E.M. akibat brain aneurysm. Dia pulih dan bergabung kembali dengan band, tapi pergi pada Oktober 1997, mengatakan bahwa dia tidak lagi memiliki semangat atau tingkat kenikmatan ada salam band, dan bahwa dia ingin sebuah perubahan karir. Dia kemudian menjelaskan di Behind The Music milik VH-1:

Saya tidak bangun pada suatu hari dan memutuskan bahwa, ‘Saya benar-benar tidak dapat bisa menahan orang-orang ini lagi’ atau apapun. Saya merasa seperti saya siap untuk sebuah perubahan hidup. Saya masih cukup muda maka saya bisa melakukan sesuatu yang lain. Saya sudah memukul-mukul benda sejak saya berusia 9 tahun … Saya siap untuk melakukan sesuatu yang lain.

Memenuhi harapan Berry, R.E.M. mengumumkan bahwa band akan terus sebagai band tiga orag. Mereka meneruskan tur dengan beberapa musisi pengiring, termasuk pengiring lama Ken Stringfellow dan Scott McCaughey dan mempekerjakan Joey Waronker dan Bill Rieflin sebagai drummer live.

Berry meninggalkan bisnis musik dan menjadi seorang petani, bekerja di pertanian jerami miliknya di Farmington, Georgia, dekat Athens.

Aktifitas musiknya setelah meninggakan R.E.M. menjadi sporadis, tapi tidak termasuk rekaman untuk album amal Tourett Syndrome, Welcome Companions pada 2000. Dia juga seorang pemain golf yang hebat.

Sebelum pelantikan grup ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, Berry memberikan wawancara pertamanya dalam beberapa tahun, mendiskusikan kehidupan setelah pensiun. “Ini adalah sebuah kesempatan yang hebat untuk kembali bersama dan tampil dengan R.E.M., dimana saya selalu suka untuk melakukannya,” dia berkata. “Kesempatan ini juga tidak menginginkan saya untuk naik ke dalam bis atau pesawat untuk melakukannya lagi untuk beberapa bulan berurutan.”

Pada 2003 Berry dan pacarnya, Cybele, memiliki seorang putra, Owen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...