Laman

Jumat, 15 Juli 2016

JASON BONHAM




Lahir dengan nama Jason John Bonham pada 15 Juli 1966 di Dudley, West Midlands, Inggris. Dia dikenal sebagai putra dari almarhum dramer Led Zeppelin, John  Bonham dan Patricia “Pat” Bonham (Phillips). Setelah kematian sang ayah pada September 1980, dia bermain dengan Led Zeppelin pada beberapa kesempatan, termasuk di the Ahmet Ertegun Tribute Concert di The O2 Arena di London pada tahun 2007.


Jason pertama kali bermain dram pada usia 4 tahun, dan muncul dengan ayahnya di film The Song Remains The Same, menggebuk dram dengan perangkat kecil. Pada usia 17 tahun, dia bergabung dengan band pertamanya, Airrace. Pada 1985, dia bergabung dengan Virginia Wolf, merilis 2 album dan melakukan tur di AS mendukung The Firm.


Pada 1988, Bonham bergabung dengan mantan gitaris Led Zeppelin Jimmy Page untuk album dan tur Outrider milik Page. Pada Mei tahun yang sama, Bonham muncul dengan tiga anggota yang tersisa dari Led Zeppelin untuk sebuah penampilan di konser Atlantic Records 40th Anniversary di New York City.


Pada 1989, Bonham muncul sebagai tamu khusus di Moscow Music Peace Festival, menampilkan lagu “Rock and Roll” dengan banyak bintang rock besar pada saat itu. Tahun yang sama, dia membentuk bandnya sendiri, Bonham, yang rilisan pertamanya mirip Led Zeppelin, The Disregard of Timekeeping yang memiliki sebuah single hit, “Wait for You” dan video musik untuk single selanjutnya “Guilty” mendapatkan beberapa penyiaran; namun, setelah sambutan yang kurang hangat untuk rilisan 1992 mereka, Mad Hatter, band dibubarkan, dan Bonham berkonsentrasi pada kerja sesi dan pemunculan tamu.


Pada 28 April 1990, Bonham menikah dengan Jan Charteris, di Stone, Kidderminster. Acara pernikahannya termasuk sebuah permainan dengan Jimmy Page, Robert Plant dan John Paul Jones. Bonham memiliki dua anak: seorang putra bernama Jager dan seorang putri, Jaz.


Bonham bermain drum untuk Paul Rodgers di proyek nominasi Grammy Muddy Waters Blues: A Tribute to Muddy Waters. Setahun kemudian dengan Slash dan Paul Rodgers, dia muncul di Woodstock II pada 1994. Bonham membentuk kembali bandnya dengan vokalis utama baru, Marti Frederiksen, menggantikan Daniel MacMaster. Diberi nama baru Motherland, mereka merilis album Peace 4 Me pada 1994; namun, sifat kembali ke alamnya selalu terlihat-pada satu kesempatan membuat sebuah pemunculan drum encore untuk band penghormatan Led Zeppelin lokal Fred Zepplein dan Led Zepagain.

Pada 1995 dia mewakili sang ayah saat Led Zeppelin dilantik ke dalam the Rock and Roll Hall of Fame, dengan sang adik Zoey. Bonham mengerjakan proyek solo lainnya bersama yang puncaknya adalah In the Name of My Father – The Zepset, yang menampilkan lagu-lagu Led Zeppelin. Keuntungan dari album ini untuk amal. Album ini disusul dengan When You See the Sun.


Menyusul sebuah album dan tur dengan bibinya Debbie Bonham, Jason diundang untuk bermain drum untuk grup hard rock UFO. Pada 2006, dia rekaman dengan Joe Bonamassa. 


Jason juga muncul di filem Rock Star pada 2001. Jason berperan sebagai dramer A.C. dari band fiksi Steel Dragon. Filem itu juga menampilkan penampilan dari musisi-musisi seperti Zakk Wylde, Jeff Pilson, Myles Kennedy, Jeff Scott Soto, Brian Vander Ark, Blas Elias dan Nick Catanese. Dia juga bermain di soundtrack film itu.


Bonham menjadi bintang dengan Ted Nugent, Evan Seinfeld (Biohazard), Sebastian Bach (Skid Row), dan Scott Ian (Anthrax) di acara tv VH1, Supergroup, pada Mei 2006. Para musisi ini membentuk sebuah band bernama Damnocracy (setelah menolak nama FIST, God War, dan Savage Animal) untuk acara itu, selama dimana mereka tinggal di sebuah mansion di Las Vegas selama 12 hari dan menciptakan musik. Jason juga bermain drum secara live dengan Foreigner dari 2004 hingga 2007 dan sebagian 2007 hingga 2008.


Jason bergabung dengan supergrup Black Country Communion pada akhir 2009 dan bertahan dengan mereka hingga bubar pada Maret 2013.


Pada 12 September 2007, diumumkan bahwa Bonham akan menggantikan ayahnya dan bermain drum untuk sebuah konser reuni Led Zeppelin. Hali ini berlangsung pada 10 Desember 2007 di O2 Arena, London sebagai bagian dari penghormatan para bintang untuk Ahmet Ertegun. Penampilannya diganbarkan sebagai “flawless” oleh kritikus musik.


Pada Februari 2009, Bonham dan James Dylan mulai bekerja sama yang menjadi Jason Bonham’s Led Zeppelin Experience, sebuah penghormatan live untuk band ayahnya. Pada musim gugur 2010, Jason Bonham’s Led Zeppelin Experience melalukan tur Amerika Utara pertama mereka dan melakukan dunia selama 2011.


Bonham bermain drum, bersama dengan Ann dan Nancy Wilson dari grup Heart masing-masing pada vokal dan gitar, untuk sebuah penampilan dari Stairway to Heaven selama penghormatan Led Zeppelin di Kennedy Center Honors pada Desember 2012 saat para anggota band Robert Plant, Jimmy Page dan John Paul Jones menyaksikan.

Di musim panas 2013, Jason Bonham’s Led Zeppelin Experience bergabung dengan band Heart untuk “The Heartbrteaker Tour” merayakan musik Led Zeppelin.

Kemudian tahun itu, dia bersatu kembali dengan Glenn Hughes untuk membentuk band rock baru, yang diberi nama California Breed, dengan seorang gitaris muda Andrew Watt.


Pada 2014, Jason bergabung dengan supergrup milik Sammy Hagar, The Circle. Band ini menampilkan lagu-lagu Led Zeppelin dengan lagu-lagu dari proyek karir Sammy Hagar sebelumnya, seperti Montrose, Van Halen dan Chickenfoot.


Dari awal Maret hingga akhir Mei 2015, Jason Bonham’s Led Zeppelin Experience melakukan tur secara luas ke Amerika Utara. Pada 4 Desember 2015, band melakukan North American Winter Tour mereka di San Jose, California. Pada awal Mei 2016, mereka melakukan tur Amerika Utara satu bulan/22 jadwal yang berakhir pada Juni 2016. Lineup 2016 dari Jason Bonham’s Led Zeppelin Experience adalah: James Dylan pada vokal, Tony Catania pada drum, Dorain Heartsong pada bass, Alex Howland pada kibord & gitar dan Jason Bonham pada drum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...