Laman

Jumat, 15 Juli 2016

CHI CHENG




Lahir pada 15 Juli 1970 di Stockton, California, AS, dengan nama lengkap Chi Ling Dai Cheng, merupakan musisi Amerika yang dikenal sebagai bassis untuk band alternative metal Deftones. Karirnya berakhir pada tahun 2008, saat dia mengalami tabrakan mobil serius di Santa Clara, California. Setelah tabrakan itu, dia mengalami semi-koma selama empat tahun sebelum meninggal karena terhentinya aliran darah yang menyebabkan gagal jantung pada April 2013.


Cheng lahir dari pasangan Jeanne dan Yin Yang Cheng. Ayahnya adalah seorang kardiolog di Stockton, dan seorang imigran China. Cheng lulus dari Tokay High School dan berkuliah di California State University, hingga tahun 1989. Dia bekerja di kampus, menulis puisi, dan bermain dengan bandnya Deftones selama menempuh pendidikannya.


Cheng mempelajari bahasa Inggris di Sacramento State saat dia bergabung dengan Deftones. Dia tetap berlanjut sebagai artis pembaca pusisi dan pidato selama karirnya dengan band, sering merekam pidato dengan tujuan untuk dirilis kemudian. Dia juga menulis antologi puisi berjudul The Bamboo Parachute, yang dirilis pada 2000 sebagai album pidato. Cheng mengambil keuntungan dari CD untuk amal dan membeli alat musik untuk anak-anak di wilayah Sacramento.

Cheng menganut Budha dan mempunyai rasa tertarik pada Taoisme dan Shamanisme. Selain beralihnya dia ke agama Budha selama tahun-tahun universitanya, dia juga menjadi seorang vegetarian.

Dia mempunyai seorang putra, Gabriel Cheng, dari pernikahan sebelumnya.

Cheng cedera secara serius dalam sebuah kecelakaan mobil di Santa Clara, California, pada 4 November 2008. Cheng sedang bepergian dengan adiknya, Mae, saat kendaraan mereka tergelincir tiga kali setelah menabrak mobil lain dengan kecepatan 60 mph. Cheng, yang ada di kursi penumpang, tidak menggunakan sabuk pengaman dan terlempar dari kendaraan. Mae mendapatkan luka kecil, karena dia menggunakan sabuk pengamannya. Dia mendekati Cheng, memegang kepalanya hingga dua petugas EMT yang sedang libur, yang membawa peralatan medis mereka, memberikan bantuan. Mereka dapat memasukkan sebuah tabung ke tenggorokan Cheng untuk membantunya bernafas hingga ambulans tiba, sebuah aksi yang dikatakan oleh para dokter yang membantunya selamat. Kecelakaan itu membuat Cheng koma.

Pada Februari 2009, Deftones mengumumkan bahwa mereka akan menampilkan festival musik Bamboozle Left yang dijadwalkan pada April, dengan teman mereka Sergio Vega (mantan Quicksand) mengisi tempat Cheng di Panggung. Vega sejak itu tampil dan rekaman secara rutin dengan Deftones, termasuk album 2010 Diamond Eyes, Koi No Yokan dan tindak lanjutnya Gore.

Pada 26 April 2009, Cheng masuk kembali ke ICU setelah infeski septicemia yang hampir merenggut nyawanya; dia lolos dari infeksi setelah perawatan dan dikeluarkan dari ICU satu minggu kemudian. Setelah keluar, sebuah kabar mulai merebak pada awal Mei bahwa Cheng sudah sadar sepenuhnya dari koma tapi hal ini disangkal di oneloveforchi.com, menyatakan bahwa Cheng dalam keadaan semi-sadar. Pada 18 Agustus, Cheng menjalani operasi untuk mengganti tulang di tengkoraknya yang sudah dibuang setelah kecelakaan, agar memulihkan tekanan intracranial.

Oneloveforchi.com diciptakan pada Maret untuk membantu mengumpulkan dana untuk Cheng dan biaya medisnya, dimana penggemar dapat menyumbangkan untuk mendapatkan target $20,000 (kemudian terkumpul hingga $50,000, $100,000 dan kemudian lagi hingga $500,000 pada 2010). Ini juga tempat dimana penggemar dapat membaca blog pribadi dan komentar dari keluarga Cheng, dan merekam sebuah pesan yang akan dimainkan untuk Cheng untuk mempercepat pemulihannya. Pada akhir April, PETA mengumumkan bahwa 20% dari penghasilan dari T-shirt “Happy Families, Not Happy Meals” yang dirancang oleh Chi akan diberikan ke yayasan One Love for Chi. Juga ada kartu “Get Well Soon” di MySpace untuk Cheng dimana para penggemar dari seluruh dunia dapat masuk dengan memberikan komentar. Penggemar dari selebriti rocfk sudah memberikan komentar, termasuk Sonic Youth, Thursday, The Used, Ill Nino, dan Fred Durst dari Limp Bizkit.

Pada 27 April, Shepard Fairey meletakkan tiga buah poster inagurasi Obama yang sudah ditandatangani untuk lelang di eBay, dengan keuntungan dari lelang akan diserahkan ke One Love for Chi Fooundation.

Teman lama dan sesama bassis Fieldy dari Korn merekam sebuah lagu instrumental dengan musisi lain. Semua penghasilan akan disumbangkan untuk keluarga Chi. Lagunya berjudul “A Song for Chi”, dirilis secara bebas via digital download di situs resminya dimana sumbangan untuk Cheng dan keluarganya juga diterima. Beberapa bulan kemudian, pada Oktober, Razvan Radulescu (aka DJ Hefe) dari band nu metal Rumania Coma merilis sebuah album kompilasi berjudul From Eastern Europe with Love, menampilkan band-band dari Rumania, Hungaria, Bulgaria, Republik Macedonia dan Serbia – penghasilan dari penjualan album ini juga untuk One Love for Chi Foundation.

Deftones memainkan dua pertunjukan malam amal pada 19-20 Nopember di Avalon di Hollywood. Penghasilan untuk Chi Ling Cheng Special Needs Trust. Para tamu termasuk Far, Cypress Hill, Rodleen Getsic, Ben Kenney, Greg Puciato, Rick Verret, Tommy Lee, Mike Shinoda, P.O.D., Mark McGrath, Xzibit, Robert Trujillo, Rocky George dan Mike Muir (Suicidal Tendencies), Dave Lombardo, Alexi Laiho, Daron Malakian, Shavo Odadjian, John Dolmayan, dan Max Cavalera.

Pada Mei 2010, Chi Cheng mulai memperlihatkan tanpa perkembangan yang signifikan, dan bisa mengenali orang individu dengan matanya, terkadang membuat respon kata-katam dan bisa menggerakkan tangannya. Chino Moreno menyatakan bahwa keluarga Cheng akan membayar dokter dengan International Brain Research Foundation yang mengalami situasi koma dan trauma, menggunakan dana yang dikumpulkan melalui situs oneloveforchi, menggunakan obat eksperimen untuk membawa Chi keluar dari keadaan koma. Perawatan mendapatkan 84% kesuksesan. Pada Mei 2011, Cheng mulai menjalani rehabilitasi dan operasi tambahan di New Jersey.

Pada 7 Februari 2012, dilaporkan bahwa Cheng dalam keadaan separuh sadar, memiliki kemampuan untuk menggerakkan kakinyta; namun, dia tidak bisa bergerak secara bebeas atau berbicara. Dua hari setelah keluar dari rumah sakit, pada Juni 2012, Cheng didiagnosa dengan pneumonia dan dilarikan ke ICU. Pada 4 Juli, Cheng keluar dari ICU dan menjalani pemulihan di rumahnya.

Pada 13 April 2013, situs onelooveforchi.com melaporkan bahwa Cheng meninggal saat dia mendapatkan cardiac arrest setelah dia dilarikan ke rumah sakit. Menurut sebuah pernyataan yang dikelurakan oleh ibunya, Jeanne Marie Cheng, pagi pada 14 April 2013, Chi dibawa ke ruang darurat di rumah sakit wilayah Sacramento sekitar pukul 3:00 a.m. saat Jeanne mengingat bahwa “ jantung putranya berhenti mendadak.” Disamping kondisinya yang pneumonia (pertama terjadi pada Juni 2012) hubungan lain dengan kematiannya masih belum diketahui. Saat tiba, Cheng diumumkan meninggal. Jeanne Chang memberitahukan penggemar putranya di seluruh dunia melalui sebuah surat listrik.

“Keluarga kami yang tercinta, (14 April 2013)

Ini adalah hal yang paling sulit untuk ditulis bagi anda. Cinta dan kasih dan sayang anda untuk Chi tidak bersyarat dan menakjubkan. Saya tahu bahwa anda akan selalu mengingatnya sebagai seorang pria berbadab raksasa di panggung dengan hati untuk anda semu. Dia dibawa ke ruang gawat darurat dan pada 3 am hari ini jantungnya mendadak berhenti. Dia meninggalkan dunia ini dengan saya menyanyikan lagu yang dia suka di telinganya. Dia sudah sangat berjuang. Anda berdiri disampingnya mengirimkan cinta setiap hari. Dia tahu bahwa dia sangat dicinta dan tidak pernah sendiri.

With great love and “Much Respect!” Mom J (and Chi).”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...