Laman

Selasa, 19 Juli 2016

JACK IRONS




Lahir dengan nama lengkap Jack Steven Irons pada 18 Juli 1962 di Los Angeles, California, AS, adalah musisi Amerika, yang dikenal sebagai dramer pendiri band rock Red Hot Chili Peppers, dan mantan dramer Pearl Jam, Eleven dan The Wallflowers. Dia telah bekerja sama dengan Joe Strummer dan The Latino Rockabilly War, Redd Kross, Raging Slab, Spinnerette dan The Les Claypool Frog Brigade. Pada 2004, dia merilis album solo pertamanya, Attention Dimension, dan merilis album solo keduanya, No Heads Are Better Than One, pada 2010.

Dia dibesarkan di Los Angeles. Dia berasal dari latar belakang keluarga Yahudi. Irons tunbuh dengan menggunakan peralatan makan keluarganya sebagai drumstick, bermain dengan apapun yang dia dengar di radio. Dia berbicara dengan keluarganya untuk membelikannya perangkat drum, dan mengambil pelajaran drum. Irons belajar di Banccroft Jr. High School di Hollywood, dimana dia bertemu dengan rekan band masa depan Michael "Flea" Balzary dan Hillel Slovak. Dia kemudian belajar di Fairfax High School di Los Angeles bersama dengan Balzary dan Slovak, juga rekan band masa depan Anthony Kiedis dan Alain Joahnnes. Irons memainkan drum di band dan orkes sekolah. Dia dan Slovak adalah penggemar Kiss, dan mereka membentuk sebuah band penghormatan. Irons terpengaruh oleh Jack DeJohnette, Stewart Copeland, dan Keith Moon.


Irons adalah anggota pendiri dan drummer asli untuk Red Hot Chili Peppers. Saat remaja, Irons, Johannes, Slovak dan teman sekolah Todd Strassman membentuk band Chain Reaction pada 1976. Setelah pertunjukan pertamanya, band segera berubah menjadi Anthym. Slovak menjadi tidak puas dengan permainan bass Strassman dan akhirnya mengajar Michael Balzary (Flea) untuk bermain bass. Flea dengan cepat melampau Strassman dalam kemampuan bass dan mengambil alih tugas bass di Anthym. Setelah lulus dari SMA, band merubah namanya menjadi What Is This? (yang merupakan sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan rang yang mendengar band bermain). Flea meninggalkan band sekitar waktu ini karena dia diberi tawaran bermain bass di band punk Los Angeles terkenal Fear. What Is This? tetap berlanjut dan menampilkan banyak pertunjukan di sepanjang pantai California.

Irons dapat didengar bermain drum di demo tape milik Red Hot Chili Peppers, juga pada album ketiga mereka, The Uplift Mofo Paty Plan (1987). Saat teman masa kecil dan rekan seband Hillel Sloval meninggal karena overdosis heroin pada 25 Juni 1988, Jack meninggalkan Red Hot Chili Peppers. Irons menyatakan bahwa dia tidak ingin menjadi bagian grup dimana temannya meninggal. Pada 2006, Irons berkata kematian Slovak sangat membuatnya terkejut dan dia menderita depresi sejak itu.

Pada 12 Agustus 2012, Irons dan Cliff Martinez kembali bergabung dengan Red Hot Chili Peppers di atas panggung pada pertunjukan mereka di Los Angeles untuk menampilkan "Give It Away".


Setelah Irons meninggalkan Red Hot Chili Peppers, dia pergi ke rumah sakit psikiatris untuk meneriman perawatan. Setelah jabatan singkat dengan band pendukung Joe Strummer Latino Rockabilly War, Irons bergabung dengan Johannes dan Shneider pada 1990 untuk membentuk Eleven. Dengan Eleven, Irons merekam album Awake in a Dream (1991) dan Eleven (1993). Di pertengahan selama rekaman album ketiga Eleven, Thunk (1995). Irons pergi untuk bermain drum dengan Pearl Jam, dan Matt Cameron dari Soungarden bermain drum pada empat trek yang tersisa dari album itu. Irons kembali ke band sekali lagi pada 2002 sebelum rekaman album kelima band, Howling Book (2003). Shneider meninggal pada 2 Juli 2008, setelah berjuang dengan kanker. Sebelum kematian Shneider, band mengerjakan album keenam yang dirilis pada musim gugur 2008.


Irons tampil dengan anggota Pearl Jam lainnya pada album 1995 milik Neil Young, Mirror Ball, dan kemudian melakukan tur Eropa sebagai bagian dari band pendukung Young. Dengan Irons, Pearl Jam merekam album studio keempatnya. No Code, dirilis pada 1996, dimana Irons juga melakukan tur. Band kemudian merilis Yield pada 1998. "Do the Evolution" (dari Yield) menerima sebuah nominasi Grammy untuk Best Hard Rock Performance. Sebagai anggota dari Pearl Jam, Irons membawa gaya permainan unik pada band, terutama cara dia memainkan isiannya dan penggunaannya akan ujung tong sampah sebagai cymbal. Irons ikut menulis musik untuk lagu-lagu No Code "Who You Are", "In My Tree", "Red Mosquito", dan "I'm Open". Dia juga ikut menulis dan menyanyikan lagu-lagu Pearl Jam "Happy When I'm Crying" (dari single Natal penggemar) (dari Yield), dan "Whale Song" (dari kompilasi 1999 Music for Our Mother Ocean). Dia bermain dengan Pearl hingga 20 Maret 1998. Pada 1998, sebelum Yield Tour AS milik Pearl Jam, Irons meninggalkan band karena tidak puas dengan tur. Secara kebetulan, Matt cameron, dari Soundgarden, menggantikannya lagi seperti yang dia lakukan empat tahun sebelumnya pada Thunk milik Eleven.

Jack dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota Red Hot Chili Peppers pada 14 April 2012. 

Jack telah menikah dan mempunyai 2 orang anak. Putranya, Zach Irons, adalah pendiri dan gitaris utama untuk Irontom. Pada September 2015, Zach Irons menjadi gitaris utama untuk Awolnation.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...