Laman

Senin, 18 Juli 2016

DARON MALAKIAN




Lahir pada 18 Juli 1975 dengan nama lengkap Daron Vartan Malakian di Los Angeles, California, adalah penyanyi-penulis lagu, multi-instrumentalis, dan produser rekaman Armenia-Amerika, yang dikenal sebagai gitaris, penulis lagu dan vokalis kedua dari band rock System Of a Down dan sebagai vokalis utama, gitaris utama, dan penulis lagu dari band Scars on Broadway. Seperti anggota System of a Down lainnya, dia adalah keturunan Armenia, tapi dia satu-satunya anggota yang lahir di AS. Malakian dikenal dengan gaya permainannya yang berbeda dan ada di peringkat 40 di daftar Loudwire dari Top 50 Hard Rock + Metal Guitarists of All Time dan di #11 di angket Musick Radar, The 20 Greatest Metal Guitarists Ever. Dia ditempatkan di No. 30 oleh Guitar World dalam daftar The 100 Greatest Heavy Metal Guitarists of All Time.

Dia adalah anak tunggal dari Vartan dan Zepur Malakian, imigran yang berasal dari Iran dan Irak. Vartan Malakian adalah seorang pelukis, penari, dan koreografer dan Zepur Malakian adalah pematung yang membangun patung di tingkat kampus. Pada usia yang masih sangat muda; Malakian menyukai musik heavy metal; sepupu jauhnya memainkannya rekaman Kiss saat dia berusia empat tahun. Malakian mulai mendengarkan Van Halen, Iron Maiden, Judas Priest, Motley Crue, Ozzy Osbourne. Dia selalu ingin bermain drum, tapi orangtuanya malahan memberinya gitar karena "kamu tidak bisa mematikan drum". Daron pertama memainkan gitar pada usia 11 tahun, berkata dalam sebuah wawancara, "Untuk satu setengan tahun pertama, saya belajar cara bermain dengan mendengarkan, dan melakukannya dengan baik. Setelah beberapa tahun saya mebndapatkan reputasi sebagai pemain gitar di SMA. Dan pada usia 16 atau 17 saya akhirnya menyadari bahwa itu adalah sebuah alat yang bagus untuk menulis lagu, dan, lebih dari apapun, itu yang saya rasakan. Saya tidak berpura-pura menjadi Mr. Guitar Virtuoso". Selama masa remajanya Malakian mendengarkan band-band thrash metal seperti Slayer, Venom, Metallica, Pantera dan Sepultura. Malakian kemudian mulai mendengarkan The Beatles dan menyebut John Lennon sebagai salah satu pengaruh terbesarnya sebagai penulis lagu. Dia juga menyebut band-band British Invasion lainnya seperti The Kinks dan The Who sebagai pengaruh besar juga folk-rock seperti trio Peter, Paul and Mary dan pelopor punk Iggy Pop. Daron belajar di Rose and Alex Pilibos Armenian School di bagian Los Feliz dari Hollywood, dimana rekan band masa depannya Shavo Odadjian dan Ontronik "Andy" Khachaturian (drumer asli System of a Down) juga belajar. Vokalis System of a Down juga belajar di sekolah itu, tapi dia berada di tingkat yang lebih tinggi dari Malakian dan lainnya. Malakian belajar di Glendale High School saat remaja. Dia adalah penggemar lama Edmonton Oliers dan memiliki banyak koleksi memorabilia yang berhubungan dengan Oliers.



Malakian bertemu Serj Tankian pada 1993, saat mereka berdua berbagi studio latihan bersama di band yang berbeda. Tankian bermain kibord untuk sebuah band, dan Daron bermain gitar dan menyanyi untuk band lainnya. Mereka membentuk sebuah band latihan bernama Soil dengan bassis Dave Hakopyan dan drumer Domingo Laraino. Shavo Odadjian kemudian menjadi manajer mereka, dan kemudian gitaris ritem. Soil bubar dan Malakian, Tankian, dan Odajian (yang beralih ke bass) membentuk sebuah band baru menggunakan nama "System of a Band", berdasarkan sebuah puisi yang ditulis Daron. Judul puisi itu adalah "Victims of a Down" tapi Odadjian berpikir bahwa "system" adalah sebuah kata yang kuat dibandingkan "victims." Kemudian mereka merekrut drumer Andy Khachaturian, yang digantikan oleh John Dolmayan pada 1997.

Malakian bersama memproduseri album-album System of a Down dengan Rick Rubin, juga album-album oleh The Ambulance dan Bad Acid Trip (sebuah band milik sesama anggota Serj Tankkian di Serjikal Strike Records). Pada 2003, Malakian memulai label miliknya sendiri, EatUrMusic, dimana Amen adalah band pertama yang dikontrak. Label ini sekarang tidak aktif dan statusnya saat ini tidak diketahui.

Pada 2003, Malakian (gitar utama dan vokal), Greg Kelso (gitar ritem), Casey Chaos (vokal), dan Zach Hill (drum) merekam sebuah demo berjudul Ghetto Blaster Rehearsals, dengan nama Scars on Broadway. Namun, pada 2007, sebuah pemberitahuan resmi muncul di situs resmi band yang menyatakan bahwa lagu-lagu ini bukan merupakan proyek milik Malakian Scars on Broadway, sesi demo ini menghasilkan "B.Y.O.B.", yang menjadi hit besar untuk System of a Down pada 2005.


Menyusul hiatus System, Malakian mengumumkan proyek terbarunya - Scars on Broadway - sebuah band yang menampilkan bassis System of a Down, Shavo Odadjian, dan dirinya. Pada akhirnya, Odadjian tidak terlibat dengan band, dan malahan drumer System of a Down, John Dolmayan menjadi anggota. Setelah Malakian dan Dolmayan bereksperimen dengan musisi yang berbeda (selama periode sembilan bulan pada 2007-2008) band mengambil bentuk dan menciptakan suaranya dengan latihan yang giat dan sesi rekaman (dibawah arahan Malakian di studio rumahnya dan Sunset Studio) dengan musisi-musisi Danny Shamoun pada kibord, Dominic Cifarelli pada bass, dan Franky Perez pada gitar dan vokal latar untuk penampilan live (di studio Malakian memainkan hampir semua alat musik dengan pengecualian drum yang dimainkan oleh Dolmayan dan beberapa tambahan oleh anggota lainnya). Grup ini merilis album pada 2008, yang menampilkan single hit "They Say" (ditulis oleh Malakian). Namun, tidak lama sebelum tur untuk  mendukung album, Malakian membatalkan semua konser yang sudah terjadwal dan pemunculan TV, menyalahkan kurangnya minat dan bahwa "jiwanya tidak ingin melakukan tur". Pembatalan mendadak ini membuat spekulasi dan rumor bahwa band bubar. Itu yang terdengar dari Malakian selama lebih dari satu tahun.

Pada Agustus 2009, Scars on Broadway, minus Malakian, pergi ke Irak untuk tur USO ke pangkalan militer AS. Daftar lagu mereka berisi cover dan juga lagu-lagu Scars. Gitaris/vokalis Franky Perez menyatakan hal ini di Twitter bahwa "suara musik Scars hebat tapi tidak sama tanpa D..." Dia juga menyatakan sebelum mereka pergi Malakian memberi mereka restu. Pada 2009 Franky Perez menyebut di Twitter-nya bahwa dia dan D-Man (Malakian) akan masuk ke studio untuk berlatih, ini adalah berita pertama yang didengar orang tentang keberadaan Malakian selama satu tahun.

Pada 2 Mei 2010, Malakian melakukan reuni dengan Scars on Broadway di Troubador di West Hollywood. Ini adalah pertama kali dia tampil dengan band sejak Oktober 2008. Grup memainkan lagu-lagu dari album mereka dan lagu baru. Odadjian tampil dengan band untuk dua lagu, memainkan gitar.

Pada 24 Februari 2012, System of a Down mengumumkan bahwa situs Scars on Broadway kembali aktif menampilkan sebuah ulasan dari lagu baru berjudul "Guns Are Loaded".

Dia muncul di album 2010 milik Cypress Hill Rise Up, pada satu lagu, "Trouble Seeker", dimana dia juga menjadi produser.

Pada 2014, dia muncul di album keenam Linkin Park The Hunting Party, dimana dia mengisi gitar tanbahab untuk single promosi "Rebellion". Single promosi itu diproduseri oleh Mike Shinoda dan Brad Delson.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...