Laman

Jumat, 22 Juli 2016

JIM MARTIN




Lahir pada 21 Juli 1961 di Oakland, California, AS, dengan nama lengkap James Blanco Martin, dikenal secara profesional sebagai Big Jim Martin, adalah gitaris Amerika yang dikenal sebagai anggota band Faith No More dari 1983 hingga akhir 1993. Jim juga bermain gitar dengan grup EZ-Street, Vicious Hatred, Agents of Misfortune, Recluse, dan Pigs of Death.

Martin dikenal dengan rambut panjang, jenggot lebat, dan kacamata berbingkai merah yang menjadi ciri khasnya yang selalu dia pakai sendiri atau dengan sepasang kacamata yang lebih gelap lainnya.

Selama awal 80-an dia bermain gitar di sebuah band thrash metal Vicious Hatred. Selama 80an dia merupakan anggota band Spastik Children, yang juga berisi teman sekolah dan teman dekat Cliff Burton, dan anggota lain dari Metallica.


Martin bergabung dengan Faith No More pada 1983, dua tahun setelah band dibentuk. Dia bermain pada album mereka We Care a Lot, Introduce Youself, album terobosan mereka The Real Thing dengan vokalis baru Mike Patton yang menggantikan Chuck Mosley, dan Angel Dust.

Menyusul perilisan dari Angel Dust, Martin meninggalkan grup untuk alasan yang tetap diketahui. Di situsnya yang kini tidak berfungsi, martin menyatakan The Real Thing adalah album ideal milik FNM, baik dalam proses kreatif dan tur setelahnya. Tahapan musik yang diambil band dengan Angel Dust, termasuk perubahan dalam fokus dari gitar ke vokal, tidak cocok dengan Martin. Tambahan dimana Martin berkontribusi atau tidak dalam penulisan lagu dan rekaman di Angel Dust adalah sebuah subyek bahwa band tidak pernah mempermasalahkan, kecuali mengetahui pengaruh besarnya pada lagu “Jizzlobber.” Band memecat Martin lewat fax pada 30 November 1993, setelah band tidak berkembang saat mereka akan berlatih dan menulis lagu. Sebagai sebuah indikasi jarak yang terjadi antara Martin dan anggota band lainnya, mereka merekam dan merilis “Another Body Murder” (dengan Boo-Yaa T.R.I.B.E.untuk soundtrack Judgment Night) tanpa partisipasinya. Serupa juga, Martin menghasilkan dan merekam materi untuk film Bill and Ted’s Bogus Journey tanpa partisipasi anggota band lainnya. Produser Matt Wallace kemudian menyebit dalam The Real Story (sebuah buku biografis tentang Faith No More) bahwa kematian ayah Martin adalah sebuah faktor dalam kepergian gitaris ini.


Pada 18 Februari 2009 Road Runner Records mengumumkan bahwa Martin tidak akan berpartisipasi di tur reuni Faith No More yang dirumorkan. Pada 23 Februari 2009, dimumkan sebagai bagian dari rilisan pers oleh Mike Patton bahwa Faith No More akan melakukan reuni untuk serangkaian jadwal tur Eropa. Pada 25 Februari, tidak lama setelah rilisan pers dari Patton, Bill Gould mengumumkan sebuah tur reuni Faith No More dan menyebut lineup, yang tidak menyertakan Martin. Pada 16 Juli 2010, Sirius XM Liquid Metal DJ Troy Hinson, melaporkan bahwa saat dia ada di belakang panggung di penampilan Faith No More di Philadelphia, Patton mengatalkan padanya bahwa Jim Martin diberi tawaran sebuah kesempatan untuk bermain dengan band pada salah satu dari jadwal tur reuni San Fransisco mereka untuk memainkan album Angel Dust secara keseluruhan, tapi Martin menolaknya.

Pada tahun 1995 Martin bergabung dengan supergrup Voodocult, dimana dia menghasilkan satu album "Voodocult".

Proyek solo Martin awalnya bernama The Behemoth tapi dia merubah namanya setelah menemukan tentang sebuah band death metal Polandia sudah memiliki nama Behemoth. Album pertama dan satu-satunya miliknya hingga kini berjudul Milk and Blood, dimana dia membuat cover dari lagu mantan bandnya “Surprise! You’re Dead”, dari The Real Thing. 

Jim melakukan tur sebagai gitaris utama dengan band punk Fang antara 1998 dan 2000.

Dia kini berdomisili di Castro Valley, California, dengan istrinya, seorang putra, dan seorang putri. Dia kini tengah memperoleh ketenaran untuk hasil karyanya diluar musik dengan mengikuti kejuaraan menanam labu.

Pada tahun 2011, Jim bergabung dengan Metallica di panggung bersama Gary Rossington, Pepper Keenan, dan Jerry Cantrell untuk memainkan "Tuesday Gone" sebagai bagian dari pertunjukan perayaan ulang tahun ke 30 Metallica. Pada 2013, Jim bermain gitar pada reuni Infectious Grooves di festival Orion Music + More di Belle Isle, Detroit, Michigan. Pada 2014, sekali lagi dia bergabung dengan Infectious Grooves di panggung untuk merayakan ulang tahun ke 50 dari the Whisky a Go Go.

Pada 1991 dia muncul di Bill & Ted’s Bogus Journey sebagai “Sir James Martin, head of the Faith No More Spiritual and Theological Center” di masa depan. Ucapan Martin di film adalah “Station!” dan “What a Shithead.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...