Laman

Kamis, 28 Juli 2016

JULIANA HATFIELD




Lahir pada 27 Juli 1967 di Wiscaseet, Maine, AS, putri dari Philip M. Hatfield, seorang radiologis, dan Julie Hatfield, seorang mantan pengisi Boston Globe, sosialita, penulis perjalanan, dan kritik busana yang saat ini bekerja sebagai penulis perjalanan lepas. Hatfield tumbuh di pinggiran Boston Duxbury. Walaupun dikenal untuk hit awal 1990an, “My Sister”, Hatfield memiliki dua orang saudara lelaki, tapi tidak punya saudari.

Ayah Hatfield mengklaim keluarganya adalah keturunan dari keluarga Hatfield West Virginia dari perseteruan Hatfield-McCoy setelah perang sipil. Ayah Hatfield adalah seorang doktor yang melayani AL selama Perang Vietnam.

Hatfield belajar di Duxbury High School di Duxbury, Massachusetts. Dia kemudian belajar di Boston University dan belajar di Berklee School of Music di Boston, Massachusetts.

Hatfield saat ini tinggal di Cambridge, Massachusetts dan belajar di School of the Museum of Fine Arts, Boston.

Menyusul kelulusannya dari Duxbury High School, Hatfield belajar di Boston University untuk satu semester. Dia kemudian ditransfer sebagai murid piano ke Berklee College of Music di Boston, dengan harapan menemukan sebuah band dengan peyanyi. Disana dia kemudian bertemu Freda Boner (kini Freda Love) dan John Strohm, membentuk the Blake Babies dengan mereka pada 1986.


Band, dengan dia menyanyi dan memainkan gitar bass (juga gitar dan piano), teken kontrak dengan Mammoth Records asal North Carolina dan menerima sejumlah penyiaran di radio kampus selama awal 1990an. Grup melakukan tur di AS beberapa kali, tampil di Eropa, dan membuat beberapa video musik. Hatfield akhirnya memperoleh gelar dalam penulisan lagu dari Berklee.

Walaupun Hatfield berbagi tugas vokal dengan Strohm dalam grup, dia secara cepat mencuat karena kualitas vokal uniknya; suaranya yang tipis, dan girly memberi grup suara yang muda dan lugu yang sering didukung oleh lirik ringan dan vokal yang kasar, jeritan berdistorsi (lebih di penampilan live daripada di rekaman). walaupun karya awal grup berorientasi punk, mereka dengan cepat beralih ke gaya pop yang ceria, melodik, dan ringan mirip dengan gaya awal dari R.E.M. dan Neil Young. Hatfield dan Strohm berbagi kredit penulisan lagu dan sering menyanyi bersama dalam harmoni atau oktaf, menciptakan suara “boy-girl” yang mudah dikenang.

Grup secara resmi dibubarkan pada 1991 tapi, akeram usaha terus-menerus dari Freda, secara singkat melakuakn reuni pada 1999, menampilkan sejumlah pertunjukan pada 1999 dan 2000 dan melakukan tur AS terakhir pada 2001. Bersamaan dengan tur, the Blake Babies merekam dan merilis sebuah album baru berjudul God Bless The Blake Babies yang menerima sambutan baik. Album ini menampilkan lagu asli baru juga rendisi lagu oleh Ben Lee dan Madder Rose. Kolaborator rutin Evan Dando juga membuat pemunculan tamu di album ini. Setelah tur, Hatfield merilis EP Blake Babies berjudul Epilogue di pertunjukan live miliknya menampilkan band meng-cover Fleetwood Mac, The Ramones dan MC5.

Menyusul pembubaran Blake Babies pada 1991, Hatfield bergabung dengan The Lemonheads untuk merekam album terobosan mereka It’s a Shame About Ray, memainkan bass dan mengisi vokal latar. Dia bermain dan menyanyi dengan band berselang-seling selama periode 1992-1993. Dia tidak muncul di cover band dari “Mrs. Robinson”, yang dimasukkan di rilisan ulang dari It’s a Shame About Ray, dan bukan anggota band resmi yang tercantum di Come On Feel The Lemonheads tapi merekam beberapa vokal latar untuk beberapa lagu di album itu.

Hatfield memulai karir solonya menyusul pembubaran dari Blake Babies pada 1991, merilis album solo pertamanya Hey Babe pada 1992. Album ini asalah salah satu album independen dengan penjualan tertinggi pada 1992. Hatfield merekrut seksi ritem yang terdiri dari mantan drummer Moving Targets dan Bullet LaVolat Todd Phillips, dan bassis Thudpucker Dean Fisher, dan akhirnya menjadi The Juliana Hatfield Three.

Hatfield menerima kesuksesan besar dengan perilisan Become What You Are pada 1993 (direkam dibawah nama grup The Juliana Hatfield Three). Beberapa lagu dari album menerima penyiaran rutin di stasiun rock Amerika Utara, dengan lagu Hatfield “My Sister” menjadi hit terbesar dalam karirnya, dengan menjadi No. 1 di Moden Rock Tracks, dan videonya menjadi andalan MTV.

Pada 1995, menyusul kesuksesan dari Become What You Are dia merilis album selanjutnya, Only Everything. Album ini menelurkan hit radio lainnya untuk Hatfield dalam “Universal Heartbeat”. Sebelum melakukan tur untuk Only Everthing, Hatfield melepas Phillips dan membawa Jason Sutter (American Hi-Fi, Chris Cornell, Jack Drag), juga Ed Slanker (Thudpacker, Tinsel) pada gitar kedua, dan Lisa Mednick pada kibord. Dua minggu menjelang tur, Hatfield menunda tur itu, dimana penerbitnya menerangkan karena “nervous exhaustion,” dan mengambil libur sebulan penuh.

Pada 1996, dia pergi ke Wodstock, New York dimana dia merekam lagu untuk God’s Foot, yang akan menjadi album solo keempatnya (ketiga jika tidak menghitung Become What You Are, yang direkam dengan The Juliana Hatdfield Three), direncanakan untuk perilisan 1997. Setelah tiga kegagalan untuk memuaskan permintaan dari Atlantic Records untuk mengeluarkan “single” yang dapat dirilis oleh label, Juliana meminta untuk dilepaskan dari kontraknya. Label berkeberatan, tapi tetap memegang hak untuk lagu yang dihasilkan dari sesi ini (Atlantic dilaporkan membayar $180.000 pada saat itu untuk rekaman). Dua lagu – “Mountains of Love” dan “Fade Away” – akhirnya dirilis di koleksi greatest hits dengan judul Gold Stars, sednagkan yang lain, “Can’t Kill Myself,” tersedia untuk unduhan dari situs resmi milik Hatfield.

Pada 1997 Hatfield melakukan tur dengan Lilith Fair pertama, sebuah festival rock all-female sukses yag didirikan oleh penyanui Sarah McLachlan.


Pada 2014 The Juliana Hatfield Three dibentuk kembali setelah dua dekade hiatus, dan Hatfield, drummer Todd Phillips, dan bassis Dean Fisher mulai melatih materi baru untuk sebuah album. Album ini menandakan rilisan pertama band dalam 22 tahun, sejak album mereka Become What You Are pada 1993. Duabelas lagu untuk Whatever, My Love direkam di Nuthouse Recording di Hoboken, New Jersey, dengan Beaujour dan Hatfield ikut menjadi produser proyek ini. Album ini dirilis pada 17 Februari 2015.

Hatfield juga merilis album solo: Bed (1998) Beautiful Creature (2000), Juliana’s Pony: Total System Failure (2000), In Exile Deo (2004), Made in China (2005), How To Walk Away (2008), Peace & Love (2010).


Hatfield juga tampil dengan The Lemonheads, tinggal untuk sementara waktu dengan Evan Dando di lingkungan kampus Allston di Boston, dan berkontribusi vokal latar untuk rekaman-rekaman oleh Belly, Giant sand, Susanna Hoffs, Aimee Mann, dan Mary Lou Lord. Dia bergabung dengan Dando pada 1999 untuk merekam lagu milik Gram Parson “$1,000 Wedding” di kompilasi, Return of the Grievous Angel: A Tribute to Gram Parsons.

Pada 2001, dia bergabung dengan Freda Love dan Heidi Gluck (dari The Pieces dan The Only Children) untuk membentuk trio Some Girls, dengan siapa dia tampil selain karya solonya; grup ini melakukan tur AS dua kali dan sudah merilis dua album. Album pertama, Feel It, dirilis oleh Koch Records pada 2003. Album kedua, Crusching Love, dirilis pada Juli 2006.


Pada 2007 Hatfield masuk band asal Boston (kini Austin) Frank Smith untuk label rekamannya, Ye Olde Records. Bersama dengan perilisan album 2007 mereka Heavy Handed Peace and Love Hatfield juga merekam sebuah EP dengan band berjudul Sittin’ in a Tree.

Hatfield dan Matthews Caws dari Nada Surf membentuk sebuah band bernama Minor Alps yang album pertamanya, Get There, dirilis pada 29 Oktober 2013, di Barsuk Records.
Hatfield dan Paul Westerberg membentuk The I Don’t Cares, merilis “Wild Stub” pada 22 Januari 2016 di Dry Wood Records.


Diluar pencapaian musiknya, Hatfield juga menjadi bintang tamu pada beberapa acara televisi, termasuk The Adventures of Pete & Pete sebagai lunch lady di klasik episode Natal My So-Called Life sebagai gadis tunawisma yang tewas yang menjadi malaikat. Selama pertengahan 1990an dia adalah bintang di acara musik alternative 120 Minutes di MTV, dan dia tampil di Late Show with David Letterman dan Late Night with Conan O’Brien pada 1995.


Hatfield muncul secara singkat dalam sebuah episode dari Space Ghist Coast to Coast berjudul “Surprise”, yang mengudara pada 19 Juni 1996. Alih-alih diwawancarai, dia hanya berkata “uhh” dan kemudian disingkirkan oleh Zorak.

Hatfield merilis buku When I Grow Up: A Memoir pada 22 September 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...