Laman

Minggu, 31 Juli 2016

JOHN 5




Dilahirkan pada 31 Juli 1971, di Grosse Pointe, Michigan, AS, dengan nama asli John William Lowery. Dia pertama kali bermain gitar pada usia 7 tahun setelah menyaksikan pertunjukan tv, Hee Haw, milik Buck Owens dan Roy Clarke, bersama sang ayah. Orangtuanya mendukungnya selama tidak mengganggu pendidikannya. Mereka juga menemaninya ke bar dewasa dimana dia bermain pada malam hari.

Pengaruh musikal awalnya berasal dari The Monkees, Kiss, para gitaris seperti Eddie Van Halen, Rhandy Rhoads, Jimi Hendrix, Yngwie Malmsteen dan musik country.

Dia memulai karirnya sebagai gitaris sesi setelah pindah ke Los Angeles dari Michigan pada usia 17 tahun. Band pertamanya di LA adalah Alligator Soup, yang membawal pada pertemuan penting dengan Rudy Sarzo dari Whitesnake yang merekrut John untuk bandnya Sun King yang memberinya sebuah titik cerah pertama bagi John. Dengan ini juga membuatnya bertemu dengan produser Bob Marlette, yang telah bekerja dengan Tracy Chapman, Alice Cooper, Rob Halford dan Black Sabbath.

John mulai mengerjakan sejumlah proyek dengan Marlette antara lain musik pertunjukan tv, musik filem untuk Speed 2: Cruise Control, dan iklan. Kemudian John bermain dengan Lita Ford, menjadi pembuka bagi Kiss. Dia memulai persahabatan jangka panjang dengan para anggota Kiss lainnya, termasuk bersahabat dekat dengan Paul Stanley, dimana dia merasa terhormat dengan menjadi bintang tamu di album solo Paul Stanley, Live to Win.

Peran dia berikutnya adalah bekerja dengan Randy Castillo, pada sebuah proyek jangka pendek Bone Angels dan Red Square Black, yang merilis EP Square via Zoo/BMG. Band ini bubar pada tahun 2000 saat John menjabat sebagai gitaris tur untuk k.d. lang.


Pada 1996, Lowery melakukan audisi pertamanya dengan Marilyn Manson tapi ketinggalan, saat dia terlambat ke audisi, dan peran gitaris diambil oleh Zim Zum. Lowery bergabung dengan mantan frontman Judas Priest Rob Halford, bersama dengan Sid Riggs (drum), James Wooley (kibord), dan Ray Riendeau (bass) untuk mengerjakan sebuah album yang terinspirasi industrial metal, dibawah nama band 2wo (Two). Album mereka, Voyeurs, dicampur oleh Trent Reznor (Nine Inch Nails) dan dirilis di label Nothing Records milik Reznor, dibawah perusahaan induk Interscope Records (Universal). Album ini bukan hit komersil tapi menghasilkan satu video, dibuat oleh sutradara porno gay Chi Chi Larue untuk single pertama “I am Pig”. Lagu ini menampilkan beberapa adegan s&m dan tidak ditayangkans secara luas tapi tidak dilarang seperti yang sebelumnya diberitakan. Band melakukan sebuah tur dunia, dan menjadi bagian lineup Ozzfest tapi tur dihentikan dan 2wo dibubarkan.

“Big break” besar pertama milik Lowery datanag saat dia dipilih oleh mantan frontman Van Halen David Lee Roth untuk memainkan gitar utama di rilisan 1998 yang diterima dengan baik secara kritis DLR Band. Seakan seperti ditakdirkan, secara historis, saat Roth memilih seorang gitari utama baru – dalam urutan gitaris utama milik Roth; dari Eddie Van Halen ke Steve Vai ke Jason Becker ke Steve Hunter dan lainnya – Lowery dengan cepat mendapatkan pengakuan umum untuk kemampuan virtosic miliknya, juga untuk “heart” dalam permainannya.

Mengenai bagaimana dia bertemu Roth, di Guitarist Magazine, Lowery mengatakan bahwa, “saat saya masih kecil, impian saya adalah bermain dengan David Lee Roth. Satu hari saya duduk di rumah teman saya dan… saya membayangkan apa… yang dilakukan Roth sekarang. (Pada 1997, Roth baru keluar lagi dari Van Halen untuk kedua kalinya untuk digantikan Gary Cherone, dan juga menulis memoir). Saya ingin menghubungi manajernya dan melihat jika dia memerlukan lagu.”

Lowery menyerahkan enam lagu yang sudah dia tulis pada manajemen milik Roth. Sudah menjadi penggemar lama dari karya David Lee Roth, baik di Van Halen dan sebagai artis solo, Lowery percaya bahwa dia mengetahui secara pasti seperti apa Roth. Saat mendengar lagu milik Lowery, Roth sangat terkesan, dan segera meminta Lowery untuk menyerahkan beberapa lagu lagi. Pada saat itu, Roth sedang memilih antara Lowery dan Mike Hartman siapa yang akan memainkan gitar utama. Hartman akhirnya memainkan bass di album dibawah nama, “B’urbon Bob”. Secara tragis, Hartman meninggal tidak lama kemudian.

Terkesan oleh keterampilan hebat milik Lowery, Roth menjadwalkan sebuah pertemuan dan kemudian menjadwalkan sebuah sesi rekaman yang berlangsung dua minggu dan menghasilakn empat belas lagu dalam album DLR Band. “Saya ingat sebelum kami mulai, dia (David Lee Roth) berkata, ‘Jika anda tidak bisa melakukannya dalam dua ambilan, anda tidak bisa melakukannya.’”

Pada 2003, saat masih menjadi gitaris utama untuk Marilyn Manson, Lowery (kemudian dipanggil John 5) diundang oleh David Lee Roth untuk menulis dan merekam single lagu non-cover untuk album 2003 milik Roth, Diamond Dave.

John 5 saat ini mengumumkan sebuah album baru dengan David Lee Roth, yang dia katakan akan keluar di masa datang yang tidak lama lagi.

Setelah melakukan rekaman dari Mechanical Animals, Marilyn Manson mencari lagi seorang gitaris untuk menggantikan Zim Zum yang keluar dari band selama proses rekaman. kembali John mencoba untuk band. Menyusul sebuah tur dengan Rob Halford di Eropa, John menerima sebuah panggilan dari manajer Manson jika dia ingin bertemu Manson untuk makan siang. Di pertemuan itu Manson meminta John untuk bergabung dengan band. Lowery menerima dan Manson memberinya nama “John 5” “saat itu dan disana. Itu adalah sesuatu yang jelas yang sudad dia pikirkan.”. 5 ikut tur Mechanical Animals dan mengerjakan album selanjutnya. Penampilan pertamanya untuk Marilyn Manson datang di MTV Video Music Awards.


Selama bar pembuka untuk “The Beautiful People” di festival Rock Am Ring 2003 Manson berjalan di panggung saat dia memukul gitar dan dada Lowery dengan sepatunya. Lowery marah dan melempar gitarnya sambil berteriak pada Manson, yang membawa pada banyak spekulasi. Menurut Lowery, tur Groesk Burlesk adsalah suatu usaha dengan tekanan tinggi, dan beberapa minggu sebelumnya dia kehilangan anggota keluarga paling dekat. Lowery kemudian berkomentar pada tindakannya, menyebutnya tidak profesional dan menyatakan bahwa tidak ada pertikaian antara Manson dan dirinya.

Selama periode waktu ini, Lowery juga bekerja pada sebuah band bernama Plague dengan Jason Lowetz sebagai frontman. Album ini diproduseri dengan Bob Marlette tapi tidak tidak dikeluarkan. Lowetz dianggap pantas sebagai frontman untuk Velver Revolver sebelum Scott Weiland mengambilnya.

Pada 2004, Lowery dan Manson berpisah. Kebingungan terjadi saat wartawan memberitakannya bahwa dia dikeluarkan secara tidak terhormat dari band, tapi pada kenyataannya keduanya memiliki persetujuan mutual bahwa mereka ingin menjalani cara mereka secara terpisah. “Apa yang sebenarnya terkadi adalah, pada akhir tur, kami beanr-benar di jalan yang berbeda. Hal yang sangat wajar. Dia benar-benar ingin menulis dengan anggota lainnay dari band, dan saya ingin melaukan hal lain.” Saat bekerja dengan Manson, Lowery menyatakan dia tidak memakai narkoba atau meminum alkohol.

Pada 2005, Lowery membentuk band Loser. Merekrut vokalis Joe Grah, Charles Lee pada bass dan Glendon Crain pada drum, mereka mulai mengerjakan album debut mereka Just Like You. Band juga sebagian ikut dibentuk oleh teman dan produser Bob Marlette. Vokalis Joe Grah sudah memiliki sejumlah kesuksesan yang signifikan di kota asalnya Texas, dengan band Jibe. Marlette merekomendasikan Grah pada Lowery dan maka Lowery berharap terbang ke Texas untuk melihat band bermain. Grah terbang ke L.A. dan segera dipekerjakan.


Nama Loser diambil sebagai sebuah penegasan untuk masa lalu milik Lowery: “Saya berasal dari Grosse Pointe, Michigan, yang merupakan wilayah kelas agak tinggi, dan saya selalu menjadi anak rock, “ John menjelaskan. “Saya mulai memainkan gitar pada usia 7 tahun. Saya selalui memakai baju rock, dan saya memiliki tato di awal hari. Saya terlihat seperti seorang pecundang karena semua orang sekitar saya selalu memakai Polo dan Brooks Brothers. Tapi kini jika anda masuk ke sebuah klub menggunakan Polo, anda disebut seorang pecundang. Maka saya berpikir semua aorang dapat dihubungkan dengan nama itu, dan judul album, Just Like You, menyesuaikannya.”

Band memiliki kesuksesan awal tidak lama setelah teken kontrak dengan Island Records, saat lagu “Disposable Sunshine” menjadi bagian dari soundtrack Fantastic Four.

Selama waktu ini, selama rekaman dari soundtrack itu, Crain secara singkat meninggalkan band dan digantikan oleh drumer Elias Andra, seorang teman dari Lee. Andra memiliki kesuksesan untuk dirinya dengan band Psycho Plague, kreasi miliknya sendiri, sebuah band industrial metal, yang tur sebagai band utama, dengan Linkin Park sebagai band pembuka pada saat itu. Namun, Andra segera pergi setelah foto promosi diambil, dan Crain kembali. Andra kemudian menjadi drummer untuk Julien-K.

Di saat yang sama, Lowery juga berkerja untuk Rob Zombie dan konflik pekerjaan terjadi. Saat Zombie juga melakukan tur, Lowery mencoba menemukan seorang pengganti live untuknya disaat Loser melakukan tur di jadwal yang berbenturan. Namun, bahkan dengan materi promo untuk album debut dan jadwal perilisan sudah pasti, Island Records tidak menyukai ide Loser tanpa John dan maka mencoret band dari label.

“Menjadi anggota pendiri dari Loser, keputusan saya untuk pergi bukan sesuatu yang mudah”, kata John 5 dalam sebuah rilisan pers.  “Saya sudah menjalani dua karir baik dengan Loser dan Rob Zombie selama lebih dari satu tahun sekarang. Saya menemukan hal itu tidak mungkin untuk ada dalam dua tempat bersamaan.”

Album itu disimpan dan tidak ada jadwal perilisan yang dikeluarkan. Laman Myspace Loser resmi memilikii lagu-lagu yang tersedia untuk diunduh (bekerja apada 11 April 2012).

Saat Lowery bekerja di band Loser, dia juga mulai bekerja dengan artis rock dan sutradara Rob Zombie. Bertemu di acara amal Camp Freddy, Lowry dan Zombie segera cocok dan Rob meminta Lowery untuk bermain dengannya di Ozzfest 2005. “Saya sangat senang tentang memiliki kesempatan untuk bermain dengan Rob di Ozzfest! Dia sudah menjadi salah satu artis favorit saya untuk waktu yang lama. Saya memiliki kesempatan untuk bermain dengannya untuk beberapa minggu, dan tidak pernah berpikir bahwa saya akan memiliki kesempatan untuk sepanggung dengannya memainkan lagu-lagu Zombie yang kami kenal dan suka!”


Dilaporkan bahwa Zombie akan keluar dari industri musik untuk berkonsentrasi di karir filmya hingga dia mulai bekerja dengan Lowery.

“Camp Freddy meminta saya untuk melakukan pertunjukan amal ini, hanya memainkan satu lagu, di Arrowhead Pond (di Anaheim, California) untuk pemulihan tsunami. Dan John ada disana, dan kami memainkan satu lagu, “Thunderkiss,’ dan itu hebat dan dia seorang yang sangat keren dan saya seperti, ‘ini sempurna.’ John berkata, ‘Apakah anda memerlukan seorang pemain gitar untuk Ozzfest?’ Saya berkata, ‘Ya.’ Dia berkata, ‘Saya ingin melakukannya,’ Saya berkata, ‘Sempurna, baiklah.’”-Rob Zombie mengenai John 5.

Lowery bekerja pada album 2006 milik Rob Zombie, Educated Horse, ikut menulis delapan dari sebelas lagu dengan Zombie. Saat dia meninggalkan Loser, Lowery mengambil peran gitaris Rob Zombie sebagai anggota permanen. “Rob adalah yang terbaik yang pernah bekerja dengan saya. Dia hebat. Kami memiliki saat yang hebat di panggung bersama. Itu adalah sebuah pengalaman hebat tunggal dimana saya pernah bekerja dengan seseorang, salut.” John juga gitaris di album-album milik Rob, Hellbilly Deluxe 2, dirilis pada 2 Februari 2010 dan Venomous Rat Regeneration Vendor, dirilis pada 23 April 2013.

Pada awal 2011, Lowery ditemani oleh sesama mantan rekan band Marilyn Manson, Ginger Fish, sebagai anggota dari band Rob Zombie. Drummer Zombie/Slipknot Joey Jordison sedang di Eropa dengan bandnya Murderdolls, meninggalkan Zombie tanpa seorang drummer untuk beberapa pertunjukan selama jadwal Amerika dari tur mereka. Lowery meminta Fish untuk mengisinya sebagai drummer. Pada April 2011, Fish diumumkan sebagai drummer baru dan permanen.

Pada Oktober 2011, Zombie menegaskan di akun Facebook-nya bahwa Lowery akan membuat musik soundtrack untuk film milik Rob Zombie, The Lords of Salem. Ini juga ditegaskan di situs resmi John 5.

Pada 17 April 2014 Rob Zombie berkata dalam sebuah wawancara radio bahwa dia sedang mengerjakan sebuah tindak lanjut untuk Venomous Rat Regeneration Vendor, yang banyak melibatkan bagian gitar yang direkam oleh John 5, sejak dia menjadi anggota dari band Rob Zombie.

Dimulai pada 2004 dengan Vertigo, Lowery sudah merekam tujuh rekaman instrumental. Karyanya menampilkan banyak pemain tamu. Sebagai contoh, Songs for Sanity menampilkan Albert Lee, dan rekamana lain menampilkan Steve Vai, Joe Satriani, dan Jim Root. Pada 2009, John merilis sebuah album remix, Remixploitation. Lowery juga merilis sebuah DVD instruksi berjudul The Devil Knows My Name (2007). Pada Juli 2009, di laman Twitter-nya, John 5 mengumumkan bahwa dia memiliki enam lagu untuk album solo berikutnya. Pada 2 Oktober 2009, dia bermain dengan Slash di sebuah penghormatan di Mirage Hotel di Las Vegas.

Di sebuah Twitter baru pada 6 Januari 2010, John 5 mengatakan tentang perkembangan album kelimanya mendatang; “Baru selesai mengerjakan semua gitar, bass untuk CD solo terbaru saya, Tommy Clufetos memainkan drum dan hebat!” dan Twitter selanjutnya pada 8 Januari; “Melakukan pengambilan foto untuk rekaman baru hari ini!”, 18 Januari: “Billy Sheehan bermain di sebuah lagu hebat (ya dig), rekaman ini akan mendominasi”.

Pada Juni 2011, John 5 secara resmi menutup laman MySpace-nya. John berkomentar di situs miliknya, “Terdapat beberapa alasan, terutama kekurangan dari MySpace saya sebagai alat untuk menghubungi anda, para penggemar. … Maka kini, langkah diambil untuk menutup akun di laman Myspace.”

Dia sering memberi judul lagu-lagunya dari para pembunuh terkenal, misal Edward Gein (“Gein with Envy”, Songs for Sanity,) Albert Fish (“Werewolf of Westeria”, The Devil Knows My Name), atau alat penyiksa (beberapa lagu dari Requiem).

Pada Februari 2014, saat memberikan sebuah wawancara di festival Soundwave John 5 mengumumkan album solo ketujuhnya berjudul “Careful with That Axe’, yang akan dirilis pada Agustus tahun itu.

Dia juga bekerja sebagai staf penulis untuk Chrysalis Records, bekeja dengan beberapa artis seperti Matt Ball, Avril Lavigne, Rob Halford, k.d. lang, Garbage, Meat Loaf, Scorpions, Ozzy Osbourne, Slash, FeFe Dobson dan telah menulis lagu dan rekaman dengan band southern rock Lynyrd Skynyrd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...