Laman

Jumat, 29 Juli 2016

STEVE PEREGRIN TOOK




Lahir dengan nama Steve Ross Porter pada 28 Juli 1949 di Eltham, London, Inggris, adalah musisi Inggris. Dia dikenal akan keanggotaannya dalam duo Tyrannosaurus Rex dengan Marc Bolan (1967-1969). Setelah pecah dengan Bolan, dia berkonsentrasi pada aktifitasnya sebagai penyanyi-penulis lagu, bervariasi sebagai artis solo atau sebagai frontman bagi beberapa band.


Dia mengambil nama panggungnya dari nama hobit Peregrin Took dalam The Lord of the Rings karya J.R.R. Tolkien. Pada umur 17 tahun, bermain dram selama beberapa bulan dengan band bernama Waterproof Sparrows. dia menjawab sebuah iklan di Melody Maker bagi Tyrannosaurus Rex, sebuah band yang dibentuk oleh Marc Bolan setelah kepergainnya dari John Children. Bolan dan Took menjadikan band menjadi sebuah duo, bermain dengan akustik gitar dan bongo, Took harus menjual perangkat drumnya untuk membayar sewa hingga mereka mendapatkan pemasukan dari pertunjukan.


Setelah berpisah dengan Bolan, 1969-1970 Steve membentuk Pink Fairies dengan Twink dan Mick Farren, yang baru keluar dari bandnya, the Deviants.


Pada Februari 1970, Farren dan Took mengajak gitaris Larry (atau "Lazza") Wallis dan bassis Tim Taylor dari band underground mereka, the Entire Sioux Nation. Sebulan kemudian, Farren hengkang, meninggalkan Took menjadi pimpinan band untuk pertama kali dalam karirnya. Dengan tambahan dramer Phil Lenoir, Shagrat terbentuk (namanya diambil dari sesosk orc dalam The Lord of the Rings). Mereka merekam 3 trek, sebelum Lenoir dan Taylor pergi. Took dan Wallis berlanjut dengan dramer Dave Bidwell, berlatih dengan berbagai pemain bass dan akhirnya membentuk trio akustik.


Saat Wallis dan Bidwell yang bergabung dengan UFO dan Davoy Brown, grup akustik Shagrat, meninggalkan Took seorang diri tampil solo pada gitar akustik pada 1970-1971.

Selama 1972, Took didekati oleh Tony Secunda, yang baru dipecat sebagai manajer T.Rex, yang menyarankan untuk mengambil royalti dari masa Tyrannosaurus Rex yang masih terhutang. Dari percakapan ini, Secunda menjadi manajer Took hingga 1973.

Setelah berpisah dengan Secunda, Took berkerja dengan sejumlah anggota Hawkwind. Dia dengan Bidwell membentuk setidaknya 2 band dengan beragam musisi Jepang. Sekitar 1975, Took tinggal di kota Kent di Canterbury dan Margate, dimana dia mengambil musisi lokal Les Dray sebagai gitaris dan manajernya, dan bersaam mereka membentuk sebuah band baru, "Jolly Roger & The Crimson Gash", dengan musisi-musisi lokal.

Pada 1976, Took kembali ke London dan menggunakan nama band Steve Took's Horns. Pada pertengahan 1977, band ini mempunyai lineup yang solid bersama dengan Trevor Thoms dan Ermanno Ghisio-Erba. Grup ini merekam 3 buah trek. Pada 1978, Took memutuskan untuk membubarkan band.

Sebelum bubar, Steve Took's Horns telah membuat penampilan impresif bagi karirnya. Di saat bersamaan Nik Turner, telah menambahkan Ghisio-Erba/Ferari ke dalam bandnya, Sphynx, yang pada 1979 bergabung dengan Thoms/Ghisio-Erba yang menjadi band baru Inner City Unit. Took beberapa kali menjadi tamu bagi ICU, bergabung kembali dengan pendampingnya di Steve Took's Horns.


Steve Took meninggal pada hari senin 27 Oktober 1980 di 14 Clydesdale House, 255 Westbourne Park Road, Notting Hill, London W11 1ED, pada usia 31 tahun, di sebuah rumah yang diringgali bersama dengan Valerie Billiet dan putri termuda Valerie. Sehari sebelum kematiannya, Took membeli morfin dan jamur halusinogen untuknya dan Billiet, dan malam sebelum Took tewas, mereka berdua menyuntik diri mereka dengan morfin. Catatan sertifikat sebab kematian Took adalah keracunan setelah menghisap cocktail cherry. Obat bius tidak tercatat sebagai faktor penyebab, walau sebab kematian Took tertulis sebagai "penyalahgunaan obat bius". Dia dikubur di Kensal Green Cemetary.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...