Laman

Kamis, 21 Juli 2016

JOHN LODGE




Lahir pada 20 Juli 1945 di Erdington, Birmingham, Inggris dengan nama lengkap John Charles Lodge adalah seorang musisi Inggris, yang dikenal sebagai pemain bass, vokalis dan penulis lagu dari grup rock, The Moody Blues. Dia juga bekerja sebagai produser rekaman. John telah melakukan kolaborasi baik dengan rekan-rekan band the Moody Blues, dan dengan musisi lain di luar band.

John bersekolah di Birches Junior School, Central Grammar School dan kemudian berkuliah di Birmingham College of Adavanced Technology for engineering. Pengaruh musikal awalnya adalah musisi-musisi seperti Buddy Holly dan Jerry Lee Lewis. Pada usia 15 tahun bertemu dengan calon rekan satu bandnya Ray Thomas.

John awalnya terlibat dengan skene musik di Birmingham, walaupun dia keluar sementara untuk melanjutkan pelajarannya. Tapi pada tahun 1966 setelah bassis orisinil the Moody Blues, Clint Warwick meninggalkan band, John meneruskan jabatan dari bassis pengganti sementara Rod Clarke sebagai bassis permanen dan vokalis, bergabung kembali dengan Ray Thomas di saat bersamaan saat band merekrut gitaris/vokalis Justin Hayward untuk menggantikan Denny Laine. Jangkauan falsetto yang berbeda milik Lodge dari suara harmoni tinggi dan vokal utamanya yang solid adalah asset utama untuk Moody Blues mulai titik ini.


Penulisan lagu Lodge untuk Moody Blues menciptakan beberapa lagu seperti “Peak Hour”, “(Evening) Time to Get Away”, “Gimme a Little Somethin’”, “Ride My See-Saw”, “House of Four Doors”, “Eyes of a Child”, “Send Me No Wine”, “To Share Our Love”, “Candle of Life”, “Tortoise and the Hare”, “Minstrel’s Song”, “Emily’s Song”, “Isn’t Life Strange” (yang memberi Lodge sebuah penghargaan penulisan lagu ASCAP), “I’m Just a Singer” (yang juga memenangkan dia sebuah penghargaan penulisan lagu ASCAP), “Steppin’ in a Slide Zone”, “Survival”, “Talking Out of Turn”, “Nervous”, “Sitting at the Wheel”, “Hole in the World”, “Under My Feet”, “It May Be a Fire, “Rock ‘n’ Roll Over You”, “Love is on the Run”, “Here Comes the Weekend”, “Lean on Me (Tonight)”, “Shadows on the Wall”, “Magic”, “Wherever You Are”, “Love Don’t Come Easy”, “Words You Say”, “Forever Now”, “On This Christmas Day”, “The Spirit of Christmas” dan “Gemini Dream” – lagu terakhir ini adalah komposisi bersama dengan Justin Hayward yang memenangkan mereka sebuah penghargaan ASCAP. Majalah Bass Players memilihnya diantara pemain bass paling berpengaruh.

Lodge ikut menulis “Out and In” dengan Mike Pinder, direkam di To Our Children’s Children’s Children pada 1969. Dia juga berkolaborasi dengan sesama anggota Moody Blues Justin Hayward pada album 1975 Blue Jays dirilis melalui Threshold Records, dimana selain komposisi milik Hayward menyertakan tiga lagu yang ditulis oleh Lodge; “Maybe”, “Saved by the Music” dan “You”, bersama dengan dua lagu yang ikut ditulis oleh Lodge dan Hayward; “Remember Me (My Friend)” dan “When You Wake Up”, dan kemudian, Lodge merilis sebuah album solo. Natural Avenue, di Decca Pada 1977, dimana single, “Say You Love Me”, dikeluarkan. Selama 1970an, dia memproduseri musik untuk band Trapeze.

Pada 1980, Lodge merilis sebuah single solo non-album “Street CafĂ©” b/w “Threw It All Away” di Decca. Single ini menampilkan kibordis masa depan Moody Blues Patrick Moraz. Sejak 1981, Lodge ikut menulis lagu untuk band dengan Justin Hayward, seperti: “Meet Me Halfway”, “Talkin’ Talkin’”, “Running Out of Love”, “Slings and Arrows”, “Want to Be With You”, “River of Endless Love”, “Breaking Point”, “Miracle”, “Once Is Enough”, “Highway”, “Is This Heaven?”, “Sooner or Later (Walking on Air)”, “Strange Times”, dan “The One”, dan dari December, antara lain “In the Quintet of Christmas Morning (Bach 147)”.

Pada 1985, Moody Blues memperoleh Ivor Novello Award untuk Outstanding Contribution to Music.

Lodge berpartisipasi pada album tribute bluegrass 2011 untuk The Moody Blues, Moody Bluegrass TWO…Much Love, sebagai vokalis utama lagunya “Send Me No Wine”. Lodge bergabung dengan para anggota saat ini dan masa lalu dari The Moody Blues di album ini. Dua dari komposisi Moody Blues milik Lodge, “Ride My See-Saw” dan “I’m Just a Singer (In a Rock and Roll Band)” tampil di album tribute terdahulu, Moody Bluegrass: A Nasville Tribute To The Moody Blues, dirilis pada 2004.

Pada Mei 2015 John merilis sebuah album solo berjudul “10.000 Light Years Ago,” yang membuatnya melakukan reuni dengan Ray Thomas dan Mike Pinder.

Lodge menikah dengan istrinya, Kirsten, sejak 1968, dan mereka adalah orangtua dari dua anak dewasa. Anak pertama mereka, seorang putri bernama Emily, lahir pada 1970; Lodge menulis “Emily’s Song” untuk album Moody Blues 1971, Every Good Boy Deserve Favour. Putranya Kristian lahir dua tahun kemudian. Lodge berbicara pada beberapa kesempatan tentang kepercayaannya sebagai Kristen Evangelic, dan menyebut kepercayaanya dengan mencegahnya dari tenggelam ke dalam elemen bahaya dari bisnis musik rock. Lodge adalah pendukung dari tim sepakbola lokalnya, Birmingham City F.C.

Dia berdomisili di Surrey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...