Laman

Senin, 11 Juli 2016

JOHN LAWTON




Lahir pada 11 Juli 1946 di Halifax, Inggris, dengan nama lengkap John Cooper Lawton, adalah seorang vokalis rock dan blues yang dikenal akan karyanya dengan Lucifer's Friend, Uriah Heep dan the Les Humphries Singers.

John memulai karir musiknya di North Shields, UK, pada awal 60-an bersama The Deans, sekelompok anak-anak yang menunujuknya sebagai penyanyi. Dia kemudian pindah ke West One dan kemudian Stonewall yang terdiri dari John Miles, Vic Malcolm (kemudian dengan Geordie) dan Paul Thompson (kemudian dengan Roxy Music).



Setelah Stonewall menyelesaikan show pertamanya di Top Ten Club di Hamburg pada 1969, John memutuskan untuk menetap di Jerman, setelah diberi tawaran sebagai penyanyi dengan band rock cult legendaris Jerman Lucifer's Friend (1969-1976 dan 1979-1995) dimana dia merekam 7 album studio. Dia juga bergabung dengan the Les Humphries Singers, pada awal 70-an (yang juga mengikuti the Eurovision Song Contest pada 1976).



Pada 1976 John bergabung dengan Uriah Heep sebagai vokalis mereka, yang merekam album-album; Firefly, Innocent Victim, Fallen Angel dan Live in Europe '79, melakukan tur ke Eropa dan AS hingga September 1979.



Selama karir panjangnya John telah bekerja sama dengan nama-nama besar di blantika rock, pada proyek yang beragam, antara lain Roger Glover's "Butterfly Ball" live at the Royal Albert Hall pada 1975, yang menampilkan David Coverdale, Glenn Hughes, Ian Gillan dan Twiggy. Dia menyanyi di album milik Eddie Hardin "Wizard Convention II" dengan Chris Farlowe, Denny Lane, Paul Jones dan Tony Ashton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...