Laman

Minggu, 10 Juli 2016

RIK EMMETT




Lahir pada 10 Juli 1953 di Toronto, Kanada dengan nama lengkap Richard Gordon Emmett, merupakan vokalis, gitaris, dan anggota pendiri dari band rock asal Kanada, Triumph. Rik meninggalkan Triumph pada tahun 1988 untuk melakukan karir solo. Album solo pertamanya, Absolutely, dirilis pada tahun 1990 dan menjadi terkenal di Amerika Utara karena lagu yang berjudul "When A Heart Breaks" dan "Saved by Love". Dia juga seorang penulis untuk majalah Guitar Player dan mengajar tentang penulisan lagu dan bisnis musik di Humber College di Toronto.

Selama era 1980-an, Rik juga berkontribusi membuat kartun satir tentang industri musik di majalah Hit Parader.


Karena kesalahan produksi dalam pengejaan namanya secara benar oleh Gil Moore dan Mike Levine pada album pertama Triumph, Rick Emmett merubah pengejaan namanya menjadi Rik daripada merubah album atau menyebabkan kebingungan dengan penggemar.

Diantara keahliannya, Rik Emmett dianggap sebagai salah seorang gitaris yang mempunyai skill tinggi. Walaupun dia dikenal sebagai gitaris rock hebat, gaya permainannya memadukan gaya rock, blues, jazz, klasik, blugrass dan flamenco. Gaya penulisan dan diskografinya mendemonstrasikan kemampuan untuk melakukan dan mencampur berbagai genre tersebut. Pada April 2005, Rik diberi penghargaan Canadian Smooth Jazz Award untuk Guitarist of the Year.

Dia juga seorang penyanyi yang baik, membagi tugas penyanyi utama dengan dramer Triumph Gil Moore. Akan tetapi, sebagian besar lagu yang diputar di radio-radio adalah hasil karya Rik dan dinyanyikan dengan gaya yang lebih "komersil", sedangkan penulisan lagu dan gaya menyanyi Gil lebih ke gaya heavy metal. Suara Rik dapat dibandingkan dengan sesama rocker Kanada Geddy Lee dari band progressive rock Rush.

Pada tahun 2007, Rik Emmett bergabung dengan mantan rekan band Triumph untuk dilantik ke dalam the Canadian Music Industry Hall of Fame. Dan, pada 6 April 2008 di The 2008 JUNO Awards, Triumph dilantik ke dalam the Canadian Music Hall of Fame oleh the Canadian Academy of Recording Arts and Sciemces (CARAS).

Hingga 2008, Rik Emmett, Mike Levine dan Gil Moore setuju untuk bermain di sebuah festival di Swedia pada musim panas dibawah nama Triumph. Grup mengatakan bahwa akan ada jadwal selanjutnya.


Sebagai hasil dari tanggapan yang positif dari karya gitar kembar mereka dalam pertunjukan Rik, Rik dan sesama gitaris Dave Dunlop membentuk duo akustik Strung-Out Troubadours, dengan dua hasil dua album sejauh ini. Pada 2007, Strung-Out Troubadours memenangkan "Album of the Year" dan "Group/Duo of the Year" di Canadian Smooth Jazz Awards, dimana mereka adalah band yang paling diniminasikan. Baik Rik dan Dave juga dinominasikan untuk "Best Guitarist". Emmett dan Dunlop dijadwalkan untuk merilis album Strung-Out Troubadours lainnya pada 2009 berjudul Push & Pull.


Pada 2016, Emmett merilis album baru yang menampilkan para musisi tamu dari Alex Lifeson (Rush), James LaBrie (Dream Theater) dan rekan band Triumph. Album ini menggunakan bendera Rik Emmet & Resolution 9 dan dirilis pada 11 November.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...