Laman

Sabtu, 09 Juli 2016

MITCH MITCHELL




Lahir pada 9 Juli 1946 di Greenwich, London, Inggris dengan nama lengkap John Ronald Mitchell, merupakan dramer Inggris yang dikenal sebagai dramer dari band the Jimi Hendrix Experience.

Dia membintangi program televisi anak-anak, Jennings and Derbyshire, saat dia remaja, dan menjadi pemeran utama dalam filem Inggris pada tahun 1960 Bottoms Up dengan Jimmy Edwards. Dia menjadi musisi saat bekerja di toko dram Jim Marshall pada hari sabtu saat masih sekolah. Pada awal karirnya, dia memperoleh pengalaman musikal sebagai musisi untuk tur dan musisi sesi, bekerja dengan Frankie Reid and the Casuals (1962), Johnny Haris and the Shades, The Pretty Things, Bill Knight & The Scepters, The Riot Squad, Georgie Fame and the Blue Flames, dan The Who sebagai musisi sesi saat band sedang dalam proses penggantian Doug Sandom dengan Keith Moon.


Dia ikut audisi dram untuk band Jimi Hendrix pada Oktober 1966, mengalahkan dramer Aynsley Dunbar lewat lemparan koin. Kontribusinya dalam musik milik Hendrix sangat luas dan dalam. Di studio, Hendrix sering melakukan rekaman berdua dengan Mitch. Di atas panggung, mereka berdua saling mengisi dengan baik. Contoh lagu yang merupakan kolaborasi hebat antara mereka berdua adalah "Manic Depression", "Stepping Stone", "Little Miss Strange", "Fire", "Third Stone from the Sun", dan signature milik Hendrix "Voodoo Chile (Slight Return)".

Mitch mempunyai latar belakang musik jazz, dan seperti kebanyakan dramer lain di scene London, terpengaruh oleh Elvin Jones, Max Roach, dan Joe Morello. Dia bermain dengan trio Hendrix's Experience dari Oktober 1966 hingga pertengahan 1969, di Woodstock (Agustus 1969), dan di "Experience" versi tahun 1970 dengan Billy Cox pada bass, yang dikenal dengan "the Cry of Love band".

Setelah kematian Hendrix, dia menyelesaikan produksi dengan engineer Eddie Kramer untuk melengkapi rekaman Hendrix, yang menghasilkan The Cry of Love dan Rainbow Bridge. Pada tahun 1972, dia bergabung dengan gitaris Mike Pinera dan April Lawton untuk membentuk Ramatam. Mereka merekam dua album pertama Ramatam dan menjadi aksi pembuka Emerson, Lake & Palmer pada sejumlah konser.


Pada sisa 1970-an hingga 1990-an, dia semi pensiun dan tinggal di Eropa, dan tetap melakukan show dan kadang-kadang melakukan rekaman.

Pada 2005, Mitch berada di peringkat 23 dalam greatest drummer of all time oleh majalah Rolling Stones.

Dia meninggal pada tanggal 12 Nopember 2008 dalam tidurnya, di kamranya di Benson Hotel di Portland. Dia telah mengalami gangguan kesehatan selama bertahun-tahun karena masalah alkohol. Dia merupakan anggota terakhir dari band the Experince orisonil. Dia berencana untuk meninggalkan Portland untuk kembali pulang ke rumahnya di Inggris. Dia dikubur di Seattle.

Dia mempunyai seorang istri, Dee, dan seorang putri dan dua orang cucu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...