Laman

Minggu, 24 Juli 2016

JOHN RUTSEY




Lahir pada 23 Juli 1952 di Toronto, Kanada dengan nama lengkap John Howard Rutsey, adalah dramer Kanada, yang dikenal sebagai anggota pendiri dari Rush bersama dengan Alex Lifeson dan Jeff Jones, dan tampil di album debut milik band. John Rutsey meninggalkan band pada tahun 1974, karena perbedaan musikal dan masalah kesehatan karena diabetes type 1, dan digantikan oleh Neil Peart. Diabetes type 1 yang dideritanya dipercaya sebagai faktor komplikasi kematiannya karena serangan jantung pada tahun 2008. Komentar dari Rutsey yang direkam dapat didengar pada dokumenter pada tahun 2010 berjudul Rush: Beyond the Lighted Stage, dan DVD yang dirilis juga berisi 2 penampilannya saat menjadi dramer.


Rutsey mempunyai dua saudara lelaki, kakak, Bill, dan Mike, seorang penulis baseball. Ayahnya, Howard Rutsey, adalah reporter kejahatan untuk Toronto Telegram dan meninggal karena serangan jantung. Dia tinggal di rumah dengan ibunya, Eva dan adalah murid St. Paschals School. Tidak seperti Geddy Lee dan Alex Lifeson, yang menyukai Pink Floyd dan Genesis, Rutsey lebih suka Bad Company.

Pada 1963, Rutsey bertemu Lifeson, saat bersekolah di St. Paschals School. Rutsey bermain hoki dengannya di jalanan. Keduanya tertarik dalam musik, mereka memutuskan untuk membentuk sebuah band. Keduanya menjadi bagian dari band ‘The Projection’ dengan Bill Fitzgerald dan “Doc” Cooper.


Ian Grandy mengatakan; “John adalah orang yang mengganggu siapa saja untuk berlatih, dan saya pikir dirinya adalah seorang “rock and roller”. Saya sudah mengatakan sebelumnya dan saya akan mengatakannya lagi: Tidak aka nada ‘Rush” tanpa John…Namun, John memimpin mereka sejauh menjadi ‘glam rockers’ dengan jaket dan celana berwarna-warni, dan sepatu setinggi delapa inci. Pada suatu waktu, dia berbicara pada saya di the Gasworks dan saya berkata, “Tidakkah kami memiliki tingga badan yang sama (5’8’’)?’ Dia tertawa dan berkata ‘mungkin saja, beberapa waktu yang lalu!’”

Nama band “Rush” disarankan oleh kakak Rutsey, Bill, selama sebuah pertemuan band di ruang bawah tanah milik Rutsey.

Kemudian setelah band terbentuk, Jeff Jones pergi dan digantikan oleh bassis dan vokalis saat ini Geddy Lee. Selama tahun-tahun awal ini, Rutsey bermain di single “Not Fade Away”/”You Can’t Fight It” juga di album debut.

Lee dan Lifeson saling mengetahui bahwa selama sesi penulisan dan rekaman untuk album debut band, Rutsey diberi peran penulis lirik utama. Namun, saat waktu datang untuk memulai rekaman dia tidak menyerahkan lirik apapun. Dalam wawancara, baik Lee dan Lifeson berkata bahwa Rutsey tidak puas dengan apa yang tekah dia tulis dan sudah merobek kertas lirik. Lee dengan cepat menulis lirik untuk semua lagu sebelum rekaman trek vokal.


Tidak lama setelah Rush merilis album debutnya, Rutsey meninggalkan band, karena perbedaan musikal dan masalah kesehatan yang berhubungan dengan diabetes. Masalah minumnya mungkin memiliki masalah potensi dengan tur yang panjang. Penampilan terakhir Rutsey dengan grup adalah pada 25 Juli 1974 di Cantennial Hall di London, Ontario. Dia digantikan oleh Neil Peart.

Lifeson menyatakan pada sebuah wawancara pada 1989 bahwa dia masih sering berjumpa dengan John, dan setelah meninggalkan band dia melakukan olah raga binaraga. Lifeson menyatakan “Dia berkompetisi dalam level amatir untuk sesaat, melakukannya untuk beberapa tahun, dan sudah keluar dan masuk dari bidang itu, tapi dia masih berlatih, dan saya berlatih dengannya beberapa kali dalam seminggu di sebuah gim lokal – di Gold’s, disini di Toronto.” Pada 2005 Lifeson berkata bahwa dia tidak menjumpai John sejak 1990.

Pada 11 Mei 2008, Rutsey meninggal dalam tidurnya karena serangan jantung, yang diakibatkan dari komplikasi dari diabetes. Keluarga Rutsey melakukan pemakaman yang bersifat tertutup, walaupun sumbangan dikirimkan ke Junvenille Diabetes Research Foundation di Markham, Ontario.

Setelah kematian Rutsey, Lee dan Lifeson merilis pernyataan ini: “Kenangan kami dari tahun-tahun awal dari Rush saat John masih dalam band sangat berarti bagi kami. Tahun-tahun itu berisi impian masa remaja kami bahwa suatu hari melakukan apa yang kami lanjutkan dalam dekade berikutnya adalah spesial. Walaupun jalan kami berbeda bertahun-tahun yang lalu, kami tersenyum hari ini, berpikir kembali pada waktu-waktu yang menyenangkan itu dan mengingat rasa humor John yang hebat dan penempatan waktu yang sesuai. Dia akan sangat dirindukan oleh semua yang dia sentuh.”

Bagian Rutsey dalam sejarah awal band diabadikan dalam documenter 2010 Rush: Beyond the Lighted Stage. Komentar darinya yang direkam dapat didengar selama film, dan DVD yang dirilis menampilkan dua penampilan dengannya pada drum di tampilan bonusnya.

Rutsey dimakamkan di Mount Pleasant Cemetery di Toronto, Ontario, Canada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...