Laman

Minggu, 06 Maret 2016

ZACHARY STEVENS




Lahir pada tanggal 5 Maret 1966 di Columbia,South Carolina, AS, terkenal sebagai mantan vokalis utama band Savatage. Dia saat ini adalah penyanyi untuk band progressive power metal Circle II Circle. Stevens juga seorang drummer dan memiliki gelar dalam psikologi tapi sering dilaporkan bukan merupakan psikologis yang memiliki ijin untuk praktik.

Stevens pertama kali terkenal sebagai penyanyi untuk sebuah band bernama Wicked Witch. Namun, setelah pendiri Savatage, Jon Oliva, keluar dari formasi band setelah menyelesaikan tur mereka untuk mendukung Streets: A Rock Opera pada tahun 1992 untuk berkonsentrasi pada proyek lain, sebut saja band lain miliknya Doctor Butcher dan musikal Broadway berjudul Romanov, Savatage memerlukan seorang pengganti. Jon memilih sendiri penggantinya, yang ditemukan dan diperkenalkan pada band oleh teman baik Criss Oliva dan teknisi gitar Dan Campbell. Criss Oliva, gitaris utama Savatage, dan produser lama mereka Paul O’Neill mendengar demo dari Stevens dan menginginkan dia menyanyi untuk band. Setelah sebuah audisi pengenalan, Stevens dianggap sebagai orang yang tepat untuk pekerjaan itu dan bergabung dengan Savatage pada tahun 1993. Dia pertama muncul di album Edge of Thorns. Vokal Stevens dianggap sebuah perbedaan dari suara Jon Oliva, dan beberapa penggemar Savatage lebih suka membedakan album utama Jon Oliva dengan album dengan Stevens pada vokal utama. Album Dead Winter Dead berisi vokal utama baik dari Oliva dan Stevens dan berisi lagu “Christmas Eve (Sarajevo 12/24)”, yang menjadi terkenal dan menjadi hit untuk Trans-Siberiam Orchestra. Pada tahun 1996, Stevens muncul bersama anggota Savatage lainnya di proyek Trans-Siberian Orchestra. Album terakhirnya dengan Savatage adalah The Wake of Magellan (1997), dimana para penggemar menganggapnya sebagai karya terbaik Savatage setelah album-album Savatage tahun 1993.


Pada tahun 2000, Stevens keluar dari Savatage, menyatakan bahwa dia ingin menghabiskan waktunya dengan keluarga mudanya. Selama musim semi tahun 2001, Zak mulai kembali dengan teman lamanya dan pendiri band, Dan Campbell. Koneksi Savatage-nya masih bagus, saat Jon Olive memproduseri album Circle II Circle pertama, Watching in Silence, dan gitaris Chris Caffery merekam gitar dibeberapa lagu. Oliva dan Caffery juga ikut menulis beberapa lagu di Watching in Silence. Pada tahun 2003 anggota band Stevens meninggalkan Circle II Circle untuk bergabung dengan Jon Oliva’s Pain. Stevens kemudian mempekerjakan semua anggota band baru. Circle II Circle telah merilis tiga album penuh tambahan sejak itu, The Middle of Nowhere pada 2005, Burden of Truth pada 2006m dan Delusions of Grandeur pada 2008. Pada April 2014 “Ancient Rites of the Moon”, album pertama dari proyek Stardust Reverie (Graham Bonnet, Lynn Meredith, Bill Hudson dan Melissa Ferlaak), dirilis. “Mighty Roar” menjadi salah satu Stevens yang paling impresif hingga kini.


Selama beberapa pertunjukan dengan CIIC membawakan tidak hanya lagu-lagu Savatage, tapi bahkan keseluruhan album yang menampilkan Stevens bermain, antara lain The Wake of Magellan dan Edge of Thorns. Setelah reuni dari Savatage dia tampil pada 30 Juli 2015 pertama kalinya dengan pertunjukan di panggung dua kali di festival Wacken Open Air tampil dengan dengan Savatage dan juga Trans-Siberian Orchestra. Setelah ini dia diundang untuk menyanyi di TSO di tut Winter 2015-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...