Laman

Kamis, 31 Maret 2016

NORAH JONES




Lahir di New York City pada 30 Maret 1979, Jones tumbuh di Grapevine. Dia adalah putri dari musisi India legendaris Ravi Shankar. Orangtuanya memiliki hubungan yang singkat sebelum dia dilahirkan, dan Jones dibesarkan oleh ibunya sendiri. Jones kemudian menjelaskan pada Independent bahwa dia dan ayahnya “hanya memulai hubungan kami saat saya berusia 18 tahun, walaupun saya menemuinya saat saya masih kecil.”

Setelah menyanyi di kor gereja dan mengambil pelajaran piano, dia berlajar di Booker T. Washington High School di Dallas mengambil Performing and Visual Arts. Setelah memenangkan Student Music Award untuk Best Jazz Vocalist and Best Original Compositions-nya Down Beat, Jones berfokus di piano jazz di University of North Texas dimana dia menyanyi dengan sebuah band jazz bernama Laszlo.

Dua tahun kemudian, di musim panas 1999, dia pindah kr Greenwich Village-nya New York setelah menjadi terinspirasi oleh musisi lokal untuk menulis lagunya sendiri. Disana, dia menunggu meja dan menyanyikan standar jazz di klub-klub lokal, sering muncul dengan band funk-fusion Wax Poetic.

Setelah membentuk grupnya sendiri, yang terdiri dari Jesse Harris (gitar), Lee Alexander (bass) dan Dan Rieser (drum), Jones teken kontrak dengan Blue Note Records pada awal 2001. Diproduseri oleh Arif Mardin yang bertangan dingin, album debutnya, Come Away With Me, dirilis tahun berikutnya. Jones memenangkan lima Grammy Awards pada 2003, termasuk the top honors for best new artists, album of the year dan song of the year untuk hit “Don’t Know Why.”

Jones menindaklanjuti sukses awalnya dengan Feels Like Home pada 2004, yang mencapai puncak tangga album Billboard. Rekaman ini mendapatkan pengakuan Grammy lainnya untuk karyanya pada lagu “Sunrise.” Dia menerima dua Grammy lagi untuk kolaborasinya degan bakat musik legendaris Ray Charles untuk duet mereka, “Here We Go Again.”


Di puncak kemenangan, Jones kembali ke puncak tangga lagu dengan Not Too Late pada 2007. Dia juga membuat debut filemnya sekitar waktu ini; dia muncul di drama My Blueberry Nights bersama Jude Law, Rachel Weisz dan Natalie Portman.

Pada 2009, Jones merilis sebuah album yang sangat pribadi, The Fall. Rekaman ini menarik banyak inspirasinya dari hubungan dan putusnya dengan bassis Lee Alexander, seorang anggota dari bandnya. Sebelum album ini keluar, Jones menghabiskan beberapa waktu di India dengan ayahnya dan keluarganya disana.

Dikenal untuk karyanya dengan artis-artis lain, Jones menyumbangkan bakat vokalnya untuk produksi kreatif berjudul Rome. Musik untuk Rome diciptakan oleh Danger Mouse (nama panggung dari musisi dan produser Brian Burton) dan Daniele Luppi, seorang composer Italia. Jack White, mantan band the White Stripes, juga berpartisipasi dalam proyek ini.

Jones kemudian bereuni dengan Burton untuk albumnya berikut, Little Broken Hearts (2012). Burton bertindak sebagai produser dan ikut menulis beberapa lagu dalam rekaman ini. Single pertama album ini, “Happy Pills,” mendapatkan tempat yang baik di tangga lagu rock and adult contemporary.


Kemudian pada 2012, Jones menderita kehilangan pribadi yang besar. Ayahnya, Ravi Shankar, meninggal pada 11 Desember 2012, pada usia 92 tahun. Jones merilis sebuah pernyatataan di blog Wall Street Journal, “Speakeasy,” pada saat itu, mengatakan “musik ayah saya menyentuh jutaan orang. Dia akan sangat dirindukan oleh saya dan pecinta musik dimanapun.”


Kemudian, Jones mengerjakan sejumlah proyek kolaboratif. Dia bersatu dengan Billie Joe Armstrong dari Green Day untuk album tahun 2013, Foreverly, yang menampilkan duo ini membawakan lagu-lagu legendaris Everly Brothers.  Jones bergabung dengan Sasha Dobson dan Catherine Popper untuk membentuk sebuah trio country Puss N Boots. Grup ini merilis rekaman pertama mereka, No Fools, No Fun, pada 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...