Laman

Jumat, 18 Maret 2016

WOLFGANG VAN HALEN




Lahir dengan nama Wolfgang William Van Halen pada 16 Maret 1991 di Santa Monica, California, AS.


Namanya diambil dari komposer musik klasik Wolfgang Amadeus Mozart, dia adalah putra gitaris Eddie Van Halen dan aktris Valerie Bartinelli, dan keponakan drummer Alex Van Halen. Wolfgang mengatakan bahwa dia tidak tahu ayahnya adalah seorang musisi terkenal hingga dia “mulai mengambil CD dan melihat gambarnya di CD-CD itu.”

Menyusul penyelesaian tur 2007/2008 Van Halen, Wolfgang kembali ke sekolah, berharap bisa lulus pada musim panas 2009; dia lulus satu tahun kemudian pada tahun 2010. Wolfgang muncul sebagai bassis untuk Van Halen di Guitar Hero: Van Halen.

Wolfgang memiliki dampak tidak langsung pada karir ayahnya sejak awal hidupnya. Instrumental “316” diberi judul untuk menghormatinya, dari ulang tahun Wolfgang. Selama periode 13 tahun yang berakhir pada 2004, Eddie Van Halen berkolaborasi dengan Peavey pada lini gitar, the Wolfgang Series, diambil dari nama putranya. Pada 2008, ayahnya memberi nama sebuah gitar dari namanya, the Fender EVH Wolfgang.


Dia selalu melihat latihan Eddie, dan suatu ketika dia mencoba memainkan drum pamannya. Wolfgang mulai bermain drum pada usia 9 tahun, dan kemudian ayahnya memberinya seperangkat drum untuk ulang tahun ke 10-nya. Beberapa saat kemudian dia beralih ke gitar dan bass. Dia juga bisa memainkan kibord dan “mempelajarinya dengan telinga”. Wolfgang kemudian mulai secara aktif berpartisipasi dalam band. Dia juga membuat pemunculan tamu selama beberapa jadwal tur Van Halen pada 2004, muncul selama bagian solo gitar tambahan ayahnya dan memainkan “316” dengannya.

Pada akhir 2006, dalam sebuah wawancara dengan Guitar World, Eddie Van Halen mengkonfirmasi bahwa Wolfgang akan menggantikan Michael Anthony sebagai bassis Van Halen. Wolfgang pertama melakukan tur dengan Van Halen dalam kapasitas barunya pada tahun 2007. Pada Agustus 2010, Van Halen mengumumkan bahwa mereka akan merekam sebuah album baru, dengan Wolfgang memainkan bass.

Pada awal 2008, Wolfgang muncul di sampul edisi April dari Guitar World dengan ayahnya, di edisi pertama father-son majalah itu.

Wolfgang merekam album pertamanya dengan Van Halen, A Different Kind of Truth, pada 2011. Album itu dirilis pada 7 Februari 2012.


Pada 10 September 2012, gitaris Alter Bridge dan Creed, Mark Tremonti mengumumkan bahwa Wolfgang akan mengisi tempat Brian Marshall sebagai bassis untuk tur pertama band Tremonti. Album pertama Tremonti, All I Was, dirilis pada 17 Juli tahun itu. Wolfgang menjadi anggota resmi dari Tremonti pada 2013, menggantikan bassis terdahulu Brian Marshall. Dia munculdi album studio tahun 2015 band, Cauterize dan tindak lanjutnya pada 2016, Dust.

Wolfgang mulai bermain bass saat ayahnya mulai menanyakan jika ia mau bermain dengannya. Wolfgang pertama memandang bass sebagai “versi gitar yang lebih mudah, tapi saat saya mulai memainkannya saya menyadari betapa salahnya hal itu”, tapi menyatakan bahwa pengalamannya dengan gitar membuatnya lebih mudah baginya untuk menangani alat musik itu. Gaya permainannya dideskripsikan oleh Eddie sebagai sebuah “bassis ritem, seperti saya dengan gitaris ritem dan bassis disatukan bersama.” Saat dia pertama kali bermain bass, inspirasinya adalah Les Claypool dari Primus dan Justin Chancellor dari Tool. Dia juga menikmati Chris Wolstenholme dari Muse, John Entwistle dari The Who, Jack Bruce dari Cream “dan semua pemain klasik”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...