Laman

Selasa, 08 Maret 2016

DOOGIE WHITE




Lahir dengan nama Douglas White pada 7 Maret 1960 di Motherwell. North Lanarkshire, Skotlandia. Dia membentuk La Paz dengan gitaris Chic McSherry pada tahun 1984, bermain di seputaran Skotlandia untuk selama emapt tahun dan merilis dua buah album dalam bentuk kaset, sebelum pada tahun 1988 bergabung dengan melodic rock combo Midnight Blue, menghasilkan sebuah album (dirilis di Zero Records secara eksklusif di Jepang).

Sebuah perjalanan ke Jepang pada tahun 1991 menyanyi dengan Praying Mantis di sebuah tur NWOBHM yang mengikutinya.


Setelah sebuah demo tape yang diberikan kepada manajemen Ritchie Blackmore beberapa tahun sebelumnya tersimpan dalam sebuah kotak untuk beberapa tahun, Candice Night menemukannya dan memberikannya pada Blackmore saat dia mencari seorang penyanyi untuk audisi bagi Rainbow. Pada akhirnya, White diminta untuk audisi bagi Rainbow, dan kemudian bergabung dengan band pada tahun 1994. Dia juga mengikuti audisi untuk band metal Pink Cream 69 dan Iron Maiden, kalah dari Blaze Bayley-nya Wolfsbane.


Untuk mengindikasikan betapa cepatnya keberuntungannya berubah dalam beberapa tahun setelah bertemu Blackmore, saat Rainbow bermain di Labbatt's Apollo di Hammersmith, London pada November 1995, dia bercanda dengan penonton bahwa saat terakhir dia di gedung itu beberapa tahun sebelumnya, dia berjualan hotdog di lobi.


Tak lama sebelum bergabung dengan Rainbow, White telah sibuk mengerjakan lagu-lagu dengan Cozy Powell dan Neil Murray untuk sebuah proyek solo Powell.

Setelah akhir dari Rainbow pada tahun 1997, dia kemudian bekerja dengan mantan gitaris Midnight Blue, Alex Dickson dengan maksud mendapatkan sebuah kesepakatan solo. Sesi pada beberapa rilisan tribute adalah berikutnya, tribute Whitesnake, Snakebites, dan beberapa lagu yang masuk di 666 - Number of the Beast sebuah tribute 2 volume untuk Iron Maiden melalui Deadline. White juga menjadi tamu di rilisan konseptual Nikolo Kotzev, Nostradamus, pada 2001.


Sebuah kontribusi untuk proyek solo bassis Royal Hunt, Steen Morgensen, Arrival (dibawah nama Cornerstone) dirilis pada akhir 2000. Sejumlah album yang lebih jauh dihasilkan pada saat ini dengan input kreatif White. White juga bergabung dengan Yngwie Malmsteen's Rising Force, melakukan tur menempuh Amerika Selatan pada akhir 2001, sementara Attack (2002) adalah album studio pertama White dengan gitaris ini.

Once Upon Our Yesterday adalah album Cornerstone berikutnya, dan menyiapkan jadwal untuk band menempuh Eropa menandakan debut live mereka. Pada tahun 2003, White sekali lagi dipekerjakan oleh Praying Mantis untuk mengisi vokal untuk separuh lagu pada album mereka The Journey Goes On.

Pada tahun 2005, White mengomandani album Mamlsteen lainnya, berjudul Unleash The Fury. Di tahun ini, dia juga merekam sebuah album dengan gitaris Bill Liesegang dibawah nama Liesegang/White. Dia juga membuat sebuah band paruh waktu dengan sebagian besar personel Mostly Autumn, White Noise. Sebuah DVD dari dukungan mereka di UK dengan Uriah Heep menampilkan sebuah live yang mengudara dari "Tarot Woman" juga lagu-lagu Rainbow lainnya.

Pada tahun 2007, album Cornerstone keempat, Two Tales of One Tomorrow dirilis. Kemudian pada tahun itu, White menggantikan Tony Martin sebagai frontman dari band Jerman, Empire. Empire merilis album keempat mereka Chasing Shadows pada November, dengan White mengemban semua tugas vokal. Pada 26 Februari 2008, White mengumumkan di situsnya bahwa dia bukan lagi anggota dari Yngwie Malmsteen's Rising Force.


Pada 20 Desember 2008, White diumumkan menjadi penyanyi baru untuk band NWOBHM, Tank. Album pertama Tank dengan White sebagai penyanyi utama berjudul War Machine dan dirilis pada Oktober 2010. Pada 2009, White tampil dengan La Paz lagi, juga dengan Tank. Dia juga merekam vokal untuk versi bahasa Inggris dari album band Argentina, Rata Blanca.


Dia tampil dengan Jon Lord dua kali, menggantikan penyanyi rutin Lord, Steve Balsamo. Pada 1 September 2009, White menyanyikan bagian vokal di Concerto for Group and Orchestra-Lord di malam pembukaan dari Fall Arts Fest di Plovdiv, Bulgaria. Pada 23 Juni 2010 dia tampil dengan Lord lagi, kali ini di Luxemburg selama the Classic Rock Night dengan Big Band Opus 78.


Pada tahun 2010, dia berpartisipasi dalam album tribute berjudul "Mister Bolin's Late Night Revival", sebuah kompilasi yang berisi 17 lagu yang belum pernah dirilis yang telah ditulis oleh Tommy Bolin sebelum kematiannya pada tahun 1976. Album ini berisi artis-artis seperti HiFi Superstar, Eric Martin, Troy Lucketta, Jeff Pilson, Randy Jackson, Rachel Barton, Rex Carrol, Derek St. Holmes, Kimberley Dahme, dan The 77s.Keuntungan album ini akan disumbangkan ke Jackson Recovery Centers.


Pada tahun 2011, White merilis sebuah album dengan materi asli dengan band Jerman, Demon's Eye, berjudul The Stranger Within. White merilis album solo pertamanya, berjudul As Yet Untitle pada Oktober 2011. Dia juga menyelesaikan sebuah album dengan materi baru dan mengerjakan ulang lagu-lagu lama dengan band pertamanya La Paz. Album ini berjudul Granite dan dirilis pada Februari 2012. Tank merilis album kedua dengan White pada vokal, War Nation, pada 2012. Sebuah album La Paz dengan semua lagu baru berjudul The Dark and the Light dirilis pada Mei 2013. White merekam sebuah album dengan Michael Schenker berjudul Bridge the Gap, yang dirilis pada November 2013. Dia saat ini merrekam sebuah album dengan Vinny Appice, Marco Mendoza dan Iggy Gwadera. Pada tahun 2015, White merilis album lainnya dengan Demon's Eye, berjudul Under the Neon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...